Mohon tunggu...
auliya juwita
auliya juwita Mohon Tunggu... Guru - guru di smpn 1 kemuning

hai, perkenalkan saya auliya juwita, biasa di panggil auliya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

15 November 2022   21:38 Diperbarui: 15 November 2022   22:38 25927
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

3.3.a.6 Demonstrasi kontekstual Modul 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

AULIYA JUWITA, CGP ANGKATAN 5

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. 

Dasar filosofi KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)

DASAR FILOSOFI KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekaan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)

POIN KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan berbagai sikap- sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan oranglain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Berbhinekaan global. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan melatih murid untuk memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan terbuka.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.

PRAKARSA PERUBAHAN

Menguatkan interaksi social antara murid dan lingkungannya secara positif, arif dan bijaksana melalui program "latihan mingguan drumband"

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN /KEPEMILIKAN MURID

ASET/KEKUATAN /SUMBERDAYA YANG DAPAT DI BERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat Pertanyaan utama

  • Bagaimana cara menggali, menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat murid di bidang seni di sekolah sekaligus mengembangkan kepemimpinan murid?
  • Mendiskusi bakat dan minat murid dengan kepala sekolah dan rekan guru
  • Melihat aset yang di miliki oleh sekolah
  • Melihat aset manusia yang di miliki oleh sekolah

Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat seni mereka

  • Modal manusia (murid, guru dan pelatih bersertifikat)
  • Modal fisik (peralatan drumband)
  • Modal financial (BOS)

1 minggu

Kepala sekolah, Guru pmbimbing, Bendahara BOS (CGP)

A-mbil Pelajaran

  • Aktivitas apa yang dapat menarik minat bakat seni murid selama ini?
  • Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung peningkatan minat seni murid?
  • Observasi kegiatan latihan mingguan drumband yang selama ini berjalan.
  • Memberikan pertanyaan- pertanyaan terbuka untuk menggali minat seni murid pada latihan mingguan drumband.
  • Melakukan curah pendapat bersama murid yang mengikuti latihan drumband untuk mengetahui latihan yang telah berjalan selama ini.
  • Melakukan curah pendapat mengenai hal apa saja yang dapat menarik minat mereka dalam latihan drumband.
  • Modal manusia (murid, rekan guru)

1minggu

CGP

G-ali Mimpi

  • Bagaimana perasaan kami memiliki murid yang pintar dalam bermain music/ menggunakan alat musik ?
  • Apa hal atau sumber daya yang dibayangkan akan tersedia untuk mempertahankan kegiatan latihan mingguan drumband ini?
  • Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai perubahan yang terjadi sebelum dan setelah latihan mingguan drumband rutin dilaksanakan
  • Mengikuti kegiatan di luar sekolah dengan menampilkan pertunjukan drumband
  • Melakukan sesi berbagi bersama murid yang mengikuti latihan untuk saling melengkapi daftar harapan dan evaluasi dari terlaksananya kegiatan latihan mingguan drumband ini
  • Modal manusia (murid dan rekan guru)

1 hari

CGP

J-abarkan rencana

  • Apa langkah paling sederhana yang bisa dilakukan?
  • Apa tindakan/Usaha yang mendukung murid untuk aktif dalam latihan mingguan drumband ini?
  • Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan tindakan?
  • Mendiskusikan rancangan seperti jadwal pelaksanaan latihan, absen murid kepada pembimbing/Pembina drumband di sekolah.
  • Mendata alat drumband yang ada, yang bagus, dan yang kurang bagus.
  • Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program.
  • Membuat kepengurusan program yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan penanggung jawab.
  • Mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksanaan latihan mingguan drumband
  • Modal manusia (murid, dan rekan guru)
  • Modal fisik (peralatan drumband)
  • Modal social (kolaborasi warga sekolah)

1 minggu

CGP

A-tur Eksekusi

  • Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan program ini?
  • Siapa yang bertanggung jawab memonitor agar latihan mingguan drumband ini tetap selalu terlaksana setiap minggunya?
  • Menyusun tim pelaksana dari program latihan mingguan drumband
  • Membuat SK tugas Tim pelaksana .
  • Menyusun jadwal pelaksanaan selama 1 semester.
  • Mengkoordinasikan pembagian tugas dalam kepengurusan pelaksanaan dari program latihan mingguan drumband
  • Modal manusia (murid, rekan guru, dan kepala sekolah)

 

1 minggu

CGP

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun