Mohon tunggu...
Siti Aulia Rahmadani798
Siti Aulia Rahmadani798 Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Nikmati prosesnya karena semua akan berlalu.. :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembaharuan Islam antara Tradisi dan Modernitas

15 November 2018   01:56 Diperbarui: 15 November 2018   02:45 1435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: http://wisatajawa.com

            

Akar kata modernitas berasal dari kata modern yang berarti : cara baru, model baru, kreasi, bentuk baru. Selain istilah modernitas, istilah lain yang lebih banyak dikenal adalah modernisasi, yaitu gerakan untuk merombak cara-cara kehidupan lama untuk menuju bentuk atau model baru. Jadi modernitas adalah kemodernan, yang modern, keadaan modern. 

Sedangkan modernisme adalah fikiran, aliran, gerakan dan usaha untuk merubah faham-faham, adat istiadat yang bisa difahami, institusi-institusi lama seperti pendidikan, sosial, budaya masyarakat, dan sebagainya untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Kebangkitan Islam secara lantang mulai disuarakan oleh para pemikir Islam dalam merepons perkembangan yang terjadi di dunia Barat. Gerakan kebangkitan Islam ini, yang secara material telah dimulai pada masa Turki Usmani, mulai mengarah kepada pembaharuan pemikiran dengan jargon utamanya mengembalikan etos rasionalitas dalam Islam atau membuka kembali pintu ijtihad yang selama ini di klaim tertutup.

 Fenomena ini dalam sejarahnya telah memunculkan nama-nama seperti Muhammad 'Abduh Wahhab (w. 1792 M), Rifa'ah al-Thahthawi (w. 1873 M), Jamal al-Din Al-Afghani (w. 1897 M), Muhammad 'Abduh (w. 1905 M) dan sederet tokoh-tokoh pembaharuan lainnya.

Kelompok tradisionalis merupakan kelompok yang berupaya mengembalikan kejayaan masa lalu sebelum terjadinya penyimpangan dan kemunduran sebagai model acuan dalam membangun Islam yang orisionil dan otentik di masa kini. 

Bagi kelompok tradisionil radikal mereka menolak segala bentuk modernitas dengan dalih semuanya adalah "produk zaman jahiliyyah" yang mesti dibuang jauh-jauh. Sebagai alternatif mereka menyerukan kembali kepada sumber yang asli dan murni, yakni masa al-salaf al-salih, masa generasi awal umat Islam pada masa Nabi SAW. Sebagian mereka ada juga yang bersikap moderat dalam arti mau menerima unsur-unsur peradaban Barat selama tidak menyimpang dari syari'at Islam.

Adapun kelompok modernis menganjurkan adopsi modernitas Barat sebagi model yang tepat untuk mengejar ketertinggalan masyarakat Muslim pada masa kini. Hal ini adalah keniscayaan sejarah yang harus dilakukan masyarakat muslim dalam melihat realitas kekinian. 

Bagi kelompok ini, modernisme Barat merupakan model yang historis memaksakan dirinya sebagai paradigma peradaban masyarakat untuk masa kini dan masa depan yang mesti diadopsi dan tidak perlu dinafikan dalam konteks upaya memajukan peradaban Islam.

Penghadapan tradisi vis a vis modernitas secara diametral dalam konteks pembaharuan pemikiran Islam bagi banyak pemikir Islam kontemporer tidak lagi merupakan tawaran solusi yang memuaskan. Pada era ini muncul kegelisahan yang berusaha untuk mempertautkan secara sinergis antara tradisi dan modernitas. 

Bagi pemikir Islam kontemporer, Islam bukanlah serpihan-serpihan kecil tradisi dan modernitas yang saling menafikan, tetapi Islam merupakan bangunan yang dikonstruksi dari keduanya. Tradisi masa lalu adalah sebuah keniscayaan sejarah yang mesti kita akui keberadannya karena berangkat dari tradisi inilah kita mengada dan menjadi sebagai sebuah entitas yang diperhitungkan dalam sejarah manusia.

Untuk menjadi modern tidak bisa lepas atau menghilangkan dari adat dan tradisi. Tugas baru, bagaimana kita bisa maju berdasarkan atas dasar tradisi atau adat istiadat dari masyarakat kita, menginjeksi untuk menjadikan proses pembaharuan tanpa resistensi. Jadi dengan cara melestarikan adat dan tradisi, kemudian diinjeksikan dan ditransformasikan dengan nilai-nilai Islam berdasarkan kondisi masyarakat. 

Faham-faham tersebut lah yang merubah atau mentajdid fikiran-fikiran, karena hidup disuatu ruang dan waktu sehingga konsep-konsep berubah, jika tidak berubah maka akan ketinggalan. Pembaharuan adalah sesuatu yang fitrah, jika dalam kehidupan tidak berubah maka akan menimbulkan penyakit. Pembaharuan digunakan untuk merefresh masyarakat baru dan masyarakat lama. Islam pada hakikatnya adalah memperbaharui sesuatu yang baru dan membawa perubahan adat istiadat.

Demikian halnya dengan fenomena modernitas. Ia merupakan realitas kekinian yang mesti dialami, dihadapi dan dijawab persoalan-persoalan yang muncul dari padanya. Umat Islam tidak mungkin lari dari realitas ini, sehingga umat Islam harus berinteraksi dan berdialektika dengan fenomena modernitas sebagai sebuah keniscayaan sejarah. Islam sebagai agama yang salih li kulli zaman wa makan, dengan demikian, tidaklah mungkin menafikan salah satu dari keduanya.

Pemikiran-pemikiran sebagaimana tersebut telah manjadi demarkasi bagi munculnya era baru dalam pemikiran Islam kontemporer. Era kontemporer pemikiran Islam, sebagaimana dijelaskan oleh Assyaukanie, yang ditandai dengan adanya kesadaran baru masyarakat Islam akan dirinya dan mendorong munculnya kritik diri.

Kesadaran dan kritik diri ini bagi pemikir Islam kontemporer didorong oleh sebuah kenyataan untuk menjawab bagaimana masyarakat Islam menghadapi tantangan modernitas dan sekaligus tuntutan tradisi (turas). Dengan demikian, pemikiran Islam kontemporer lebih dituntut untuk memberikan solusi dalam mensinergikan kutub-kutub tradisi dan modernitas yang masing-masing mempunyai sisi kelebihan dan kelemahan dalam rangka membangun peradaban Islam ke depan.

Terimakasih :)

Sumber :

Muhammad In'am Esha. 2011. Percikan Filsafat Sejarah dan Peradaban Islam. (Cetakan I). Malang: UIN Maliki Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun