Mohon tunggu...
Aulia
Aulia Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Andalas

Menulis untuk kesenangan dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Cerbung

Cerbung Mimpi Membangun Pesawat Tempur (Bagian 11), Mr. Embed

19 Januari 2024   06:00 Diperbarui: 19 Januari 2024   11:04 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam nada penuh gairah, Mr. E menambahkan, "Maka dari itu, kita harus merancang dan mengembangkan sistem aerodinamik yang menjadi penari, yang dapat mengoptimalkan gaya aerodinamik. Ini melibatkan penerapan berbagai prinsip dan konsep, seperti sayap, ekor, sirip, dan flap," imbuhnya, memancarkan keyakinan bahwa karyanya akan merubah dunia penerbangan menjadi panggung raksasa yang diatur oleh keindahan ilmu pengetahuan.

Namun, tak hanya aerodinamika, Mr. E juga bertanggung jawab pada perancangan sistem manuver pesawat tempur Garuda. "Manuver adalah gerakan pesawat tempur yang membentuk koreografi, mengubah arah, kecepatan, atau ketinggian. Ini sangat vital karena dapat meningkatkan kemampuan manuverabilitas pesawat tempur, memberikan keuntungan dalam pertempuran udara," kata Mr. E, seperti seorang koreografer yang merancang gerak tari tak terlupakan.

"Dengan semangat penelitian dan kreativitas yang melonjak tinggi, kita harus merancang dan mengembangkan sistem manuver yang mumpuni. Ini melibatkan penggunaan teknologi canggih, seperti kontrol vektor dorong, fly-by-wire, dan sistem navigasi otomatis," tambahnya, menggambarkan visinya akan pesawat tempur Garuda yang lincah dan responsif seperti sosok penari yang memukau.

Terakhir, mari kita temui Mr. D atau yang lebih dikenal sebagai Mr. Ded. Seorang ahli mesin yang lulus dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Rusia, di bawah bimbingan Mr. Milanov, seorang profesor mesin yang berpengalaman. Mr. D membawa elemen futuristik dengan penekanan pada sistem drone dan take off vertikal, menghadirkan nuansa keberanian dan inovasi di panggung proyek Garuda.

"Mesin adalah jantung pesawat tempur, menentukan daya, kecepatan, dan efisiensi. Oleh karena itu, kita harus merancang sistem mesin yang menjadi pendorong, menggunakan bahan bakar bio, untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi dampak lingkungan," ujar Mr. D, membawa semangat kegembiraan ke dalam panggung proyek.

"Dalam menghadapi tantangan masa depan, kita juga harus melibatkan teknologi drone. Drone adalah pesawat tanpa awak yang membuka babak baru dalam pementasan, digunakan untuk berbagai tujuan seperti pengawasan, pemantauan, dan bahkan serangan. Ini membuka peluang baru dalam strategi dan taktik militer," tambahnya, mencitrakan dirinya sebagai seorang sutradara yang merancang adegan demi adegan untuk pementasan yang tak terlupakan.

Tak lupa, Mr. D memberikan penekanan pada take off vertikal. "Take off vertikal adalah inovasi yang menjadi pusat sorotan. Ini memberikan fleksibilitas luar biasa dalam pementasan pesawat tempur. Dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal, kita dapat mengoperasikan pesawat di tempat-tempat yang sulit dijangkau, bahkan tanpa landasan pacu konvensional," lanjutnya, seperti seorang ilusionis yang membuka tirai misteri dalam pertunjukannya.

Grup Mr. Embed bukanlah sekadar kumpulan individu berprestasi. Mereka adalah kolaborator yang menyelaraskan not-not kecerdasan, membentuk sebuah simfoni harmonis dalam merancang pesawat tempur Garuda yang melampaui batas-batas ekspektasi. Interaksi antara Mr. M yang menyelaraskan getaran, Mr. R yang menciptakan material revolusioner, Mr. E yang merancang aerodinamika dan manuver, serta Mr. D yang membawa sentuhan futuristik dengan drone dan take off vertikal, menciptakan sinergi yang meluapkan kejayaan.

Perjalanan mereka bukanlah sekadar pelayaran di lautan ilmu pengetahuan. Mereka adalah penjelajah yang menjelajahi batas-batas tidak terjamah dari pengetahuan manusia. Terlibat dalam eksplorasi ide dan konsep-konsep inovatif, mereka memecahkan teka-teki teknis yang muncul, menemukan rahasia-rahasia yang disembunyikan oleh langit biru.

Karya gemilang mereka tidak luput dari sambutan yang meriah. Presiden Indonesia, sebagai penonton yang kagum, memberikan penghargaan atas kontribusi luar biasa mereka dalam membentuk kisah baru di langit Nusantara. Keberhasilan mereka bukanlah hanya kemenangan pribadi, tetapi sukses yang menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara.

Prestasi mereka memberikan dampak positif yang merambah ke segala penjuru, membawa angin segar untuk masa depan penerbangan Indonesia. Keberhasilan mereka membawa mereka ke atas panggung baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Masih ada kisah lanjutan yang menarik dari cerita ini, mari kita tunggu kisah berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun