Mohon tunggu...
August Munar
August Munar Mohon Tunggu... Penulis - Pria yang siap menjadi sahabat, trainer, terapist, coach, counsulting, ghost writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pria Berkacamata yg minat belajar Istiqomah demi hidup lebih bernilai Belajar dan mengajar ilmu Pengembangan diri seperti ; Hypnosis, NLP, Coaching, dll merupakan menu wajib sebagai passion kebermanfaatan. Hobi menulis diawali tahun 2015 dengan judul buku pertama “BUKU SAKU BELAJAR HYPNOSIS”, “HypnoSafety”. Buku buku lainnya seperti : Mengajar Asyik Dengan Hypnoteaching, Ice Breaking Mengasyikan, Aksi Bela Negara Berbasis Otak Sehat, Aksi Intuisi Seorang Coach, dst-nya, total sudah ada 50 judul buku dengan 5 penerbit. Buku bertema puisi baru saat ini penulis lakukan. Hobi menulis buku ini menjadikan penulis sebagai “Ghost Writer” atau Konsultan Menulis secara passion dan menghasilkan. Siap dipanggil sebagai sahabat, trainer, coach, terapist pikiran dan ghost writer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Jiwa Excellent Service Berakhlak pada ASN

8 September 2022   13:05 Diperbarui: 8 September 2022   13:45 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MEMBANGUN JIWA EXCELLENT SERVICE BERAKHLAK PADA ASN, diawali dari niat, teladan dan aksinya.. Itu Mindset-nya

Pelayan yang Prima adalah orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang atau jasa yang ditawarkan organisasi atau Satuan Kerja. Seperti semboyan para pelaku bisnis yang menyatakan: "Bila sebagai pegawai tidak terpuaskan, Pembaca tidak akan mempunyai pelanggan yang terpuaskan."

Pelayanan sangat penting sekali bagi organisasi atau Satuan Kerja atau penjual untuk mendatangkan banyak pelanggan. Dengan pelayanan yang baik maka pelanggan akan betah, merasa di perhatikan sehingga membeli produk atau jasa yang di tawarkan dan di jual Satuan Kerja. Dengan banyaknya pelanggan yang membeli produk atau jasa Satuan Kerja maka akan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Maka tak heran setiap Satuan Kerja akan selalu menggunakan pelayanan yang prima untuk memberikan rasa puas kepada para pelanggannya.

salah satunya untuk upaya meningkatkan kualitas pelayanan organisasi atau Satuan Kerja ataupun pemerintah kepada para pelanggan atau masyarakat, serta dapat menjadi acuan untuk pengembangan penyusunan stpembacar pelayanan. Stpembacar pelayanan dapat diartikan sebagai tolak ukur atau patokan yang digunakan untuk melakukan pelayanan dan juga sebagai acuan untuk menilai kualitas suatu pelayanan. Pelayanan disebut prima jika pelanggan sudah merasa puas dan sesuai dengan harapan pelanggan.

Pelayanan prima atau Excellent Service sangat penting sekali untuk organisasi atau Satuan Kerja ataupun penjual, karena berpengaruh dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mengamankan masa depan core bisnis organisasi atau Satuan Kerja, sangat penting juga bagi staff Satuan Kerja karena pelayanan prima atau Excellent Service dapat memberikan kebanggaan kepada mereka terutama pada Satuan Kerja, dan produknya, dan sangat sangat penting juga bagi konsumen karena dapat memberikan informasi untuk mengambil keputusan dalam memilih dan membeli produk atau jasa untuk memenuhi kepuasan maupun kebutuhannya.

Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi salah satu pekerjaan yang diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia, tidak ketinggalan juga oleh para Millenials, pemerintah ingin mendapatkan PNS yang berkualitas melalui serangkaian seleksi yang ketat. Anggapan bahwa PNS banyak yang "tidak tepat sasaran" berusaha dihapus oleh pemerintah melalui seleksi yang netral dan transparan.

Dalam merubah pola pikir pelayanannya terhadap PNS dan kembali mempercayai citra PNS yang baik dan bersih. Indonesia juga butuh pegawai negara yang melayani, berkompeten, berkualitas, berkarakter dan professional. Guna membentuk karakter PNS yang profesional dan berkualitas agar maksimal dalam perananannya sebagai Pelayan Publik maka diperlukan pengaturan strategis nasional mulai dari perencanaan, kebijakan, manajemen, disiplin sampai hak serta kewajiban.

Pelayanan berAHLAK adalah salah satu caranya suksesi pola piker dan pola sikap ASN dalam melayani masyarakat. BerAKHLAK merupakan akronim dari "Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN merupakan perwujudan dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Ada Tiga Unsur Utama Pelayanan prima atau Excellent Service

  • Attitude

Sikap atau attitude menjadi pengaruh terhadap keputusan pelanggan tentang produk yang Pembaca tawarkan. Sikap ramah, penuh perhatian dan perasaan bangga menjadi bagian Satuan Kerja harus diterapkan selama berada di lingkungan kerja. Sehingga mampu memberikan cerminan yang baik terhadap profil Satuan Kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun