NAMA Â Â Â : ATIKA RAHMA NUR RAMADHANI
PRODI Â Â Â : EKONOMI SYARIAH
KAMPUS : UNIVERSITAS ALMA ATA
Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah menjadi tanda perubahan dunia. Perubahan signifikan terjadi di hampir semua bidang kehidupan, termasuk pemasaran. Banyak perusahaan besar dan kecil yang tutup karena  pola konsumsi yang sulit diprediksi.Â
Oleh karena itu, konsumenlah yang mempengaruhi cara pengusaha membuat kebijakan. Perusahaan-perusahaan besar di dunia yang gagal, seperti Nokia, BlackBerry, Lehman Brothers, Kodak, MGM, Marvel Entertainment, dll, telah membuktikan hal ini lebih jauh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran perdagangan saat ini adalah digital, sehingga semua konsep konvensional harus diubah secara bertahap menjadi konsep kekinian(Aprilya, 2017; Alriani, 2014). Sebenarnya, ini hanyalah cara baru, lebih efektif dan menguntungkan di masa depan, tetapi karena ini adalah permulaan, semua orang dalam tahap belajar dan membangunnya.Â
Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di era digital. Simak pembahasannya dibawah ini!
1. Kemudahan
Dalam beberapa penelitian, kemudahan penggunaan diterjemahkan sebagai indikator utama pemasaran digital. Karena ini adalah langkah khas dari era digital, mengapa? Konsumen beranggapan bahwa era konvensional sangat merepotkan, sehingga dampak yang ditimbulkan adalah kerugian.
Disini pemasaran digital menjadi solusi bagi konsumen untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemasaran digital mengedepankan kesederhanaan berbelanja tanpa harus banyak berkorban dalam proses pembelian, seperti tenaga, waktu dan pengeluaran lainnya.Â
2. Efisiensi