Mohon tunggu...
Atharicia Ramadhani
Atharicia Ramadhani Mohon Tunggu... mahasiswa uns

aloohai, aku atharicia punya banyak hobi, nulis di blog adalah salah satu hobiku. Happy reading my content all

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengubah Wajah Pendidikan di SD Muhammadiyah 15 Surakarta Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7

16 Juni 2024   16:03 Diperbarui: 16 Juni 2024   16:37 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surakarta, 13 Juni 2024 -- Telah terlaksana kegiatan implementasi program kerja "Adaptasi Teknologi" oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD Muhammadiyah 15 Surakarta, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan implementasi ini ditujukan untuk peserta didik, guru, dan tenaga pendidik SD Muhammadiyah 15 Surakarta.

Kegiatan implementasi program kerja adaptasi teknologi dilaksanakan untuk mengajak semua warga sekolah beradaptasi menggunakan teknologi di zaman yang terus maju ini. Hal ini dikarenakan teknologi berperan penting dalm peningkatan efektivitas, efisiensi, dan kualitas proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, penting bagi warga sekolah termasuk peserta didik, guru, dan staff untuk mengembangkan keterampilan digital.

Pelaksanaan program kerja ini tidak semata-mata langsung menentukan kegiatan melainkan diawali dengan observasi lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, dan karakteristik peserta didik. Program kerja Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 7 yakni pelatihan canva guru, pengenalan canva peserta didik, telaah buku digital, dan litnum fun.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Program kerja pertama yang kami lakukan yakni litnum fun. Ketertarikan peserta didik dalam kegiatan literasi numerasi di SD Muhammadiyah 15 sangat rendah. Terlebih banyak guru yang masih belum berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi. 

Oleh karena itu, mahasiswa berinisiatif untuk mengadakan program khusus dalam kegiatan bermain sambil belajar yang berkaitan dengan literasi numerasi. Tujuan diadakannya program ini adalah sebagai upaya untuk mengembalikan semangat dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Program ini diharapkan juga dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam literasi numerasi terutama dalam materi terkait numerasi.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Program kerja kedua yang kami lakukan yakni pengenalan canva peserta didik. Peserta didik dirasa juga harus menguasai penggunaan aplikasi canva, karena akan banyak membantu mereka ketika ingin mendesain sesuatu secara digital. Peserta didik sangat antusias saat kegiatan ini berlangsung. 

Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah, untuk mendorong kemampuan menggunakan perangkat digital (canva) dengan baik serta untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Berdasarkan keterangan guru, kemampuan penggunaan perangkat digital peserta didik dan kreativitasnya masih cukup rendah. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi hal tersebut, mahasiswa melakukan pelatihan canva bagi peserta didik. Sasaran akhir dari program ini adalah, peserta didik dapat menghasilkan suatu karya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Program kerja ketiga yang kami lakukan yakni pelatihan canva guru. Berdasarkan analisis kebutuhan, guru membutuhkan kemampuan menggunakan IT untuk menyusun perangkat pembelajaran seperti modul ajar, LKPD, media, sumber belajar, dll. Sebelumnya, guru hanya mengandalkan buku cetak sebagai satu satunya sumber belajar. 

Oleh karena itu, mahasiswa melakukan pengenalan dan pelatihan aplikasi canva bagi guru, dengan tujuan guru dapat menggunakan canva untuk membuat perangkat pembelajaran supaya lebih menarik bagi peserta didik. Canva dipilih sebagai media untuk membuat perangkat pembelajaran, karena penggunaannya yang mudah, efektif, dan tersedia banyak template menarik. 

Mahasiswa sangat senang melihat antusias guru, yang secara usia dapat dikatakan sudah berumur, namun memiliki semangat yang tinggi dalam belajar mengikuti arus perkembangan zaman di dunia pendidikan. 

Dalam pelatihan ini, mahasiswa memberi tahu dasar-dasar penggunaan aplikasi canva, mulai dari mengenalkan fiturnya, cara menggunakannya, cara mengembangkannya, hingga mengunduhnya. Guru mengaku senang, karena kini mereka dapat membuat perangkat pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Program kerja keempat yang kami lakukan yakni telaah buku digital. Kegiatan literasi di SD Muhammadiyah 15 Surakarta tidak berjalan dengan baik karena peserta didik kurang antusias untuk membaca buku cerita di perpustakaan maupun yang disediakan wali kelas di dalam kelas. Bahkan Perpustakaan SD Muhammadiyah 15 ini sangat memprihatinkan karena tercampur dengan barang-barang di luar kebutuhan kegiatan perpustakaan karena sekolah belum memiliki gudang sendiri. 

Oleh karena itu, mahasiswa mengadakan program Telaah Buku Digital agar dapat mengembalikan dan meningkatkan antusias peserta didik untuk rutin dalam membaca buku melalui buku digital. Aplikasi yang kami gunakan untuk memilih buku digital sesuai dengan usia anak sekolah dasar adalah aplikasi BukuAku. 

Selama keberjalanan program ini, peserta didik terlihat sangat antusias dalam membaca buku cerita yang mereka pilih sendiri. Hal ini mempermudah peserta didik untuk memahami maksud dalam cerita itu dan juga peserta didik yang kurang lancar dalam membaca masih tetap bisa memahami cerita tersebut.

"Kami ingin semua warga sekolah baik peserta didik, guru, maupun tenaga pendidik dapat menggunakan kecanggihan teknologi dengan bijak jadi mereka berselancar di internet itu tidak hanya untuk bermain game online, namun dapat menghasilkan suatu karya, membaca-baca buku lewat digital itu kan animasinya lebih dapat" ujar salah satu mahasiswa peserta Kampus Mengajar di sekolah penugasan SD Muhammadiyah 15.

Kepala SD Muhammadiyah 15, Ibu Ernawati Arini Budiarti, S.Pd. sangat mendukung program ini "kami sangat berterima kasih kepada para mahasiswa Kampus Mengajar 7 yang telah menghidupkan kembali sekolah ini dengan berbagai macam program yang telah kalian laksanakan, terutama dalam adaptasi teknologi, ini sangat bermanfaat untuk guru dan peserta didik kedepannya" ungkapnya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun