Surakarta, 13 Juni 2024 -- Telah terlaksana kegiatan implementasi program kerja "Adaptasi Teknologi" oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD Muhammadiyah 15 Surakarta, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan implementasi ini ditujukan untuk peserta didik, guru, dan tenaga pendidik SD Muhammadiyah 15 Surakarta.
Kegiatan implementasi program kerja adaptasi teknologi dilaksanakan untuk mengajak semua warga sekolah beradaptasi menggunakan teknologi di zaman yang terus maju ini. Hal ini dikarenakan teknologi berperan penting dalm peningkatan efektivitas, efisiensi, dan kualitas proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, penting bagi warga sekolah termasuk peserta didik, guru, dan staff untuk mengembangkan keterampilan digital.
Pelaksanaan program kerja ini tidak semata-mata langsung menentukan kegiatan melainkan diawali dengan observasi lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, dan karakteristik peserta didik. Program kerja Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 7 yakni pelatihan canva guru, pengenalan canva peserta didik, telaah buku digital, dan litnum fun.
Program kerja pertama yang kami lakukan yakni litnum fun. Ketertarikan peserta didik dalam kegiatan literasi numerasi di SD Muhammadiyah 15 sangat rendah. Terlebih banyak guru yang masih belum berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi.Â
Oleh karena itu, mahasiswa berinisiatif untuk mengadakan program khusus dalam kegiatan bermain sambil belajar yang berkaitan dengan literasi numerasi. Tujuan diadakannya program ini adalah sebagai upaya untuk mengembalikan semangat dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Program ini diharapkan juga dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam literasi numerasi terutama dalam materi terkait numerasi.
Program kerja kedua yang kami lakukan yakni pengenalan canva peserta didik. Peserta didik dirasa juga harus menguasai penggunaan aplikasi canva, karena akan banyak membantu mereka ketika ingin mendesain sesuatu secara digital. Peserta didik sangat antusias saat kegiatan ini berlangsung.Â
Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah, untuk mendorong kemampuan menggunakan perangkat digital (canva) dengan baik serta untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Berdasarkan keterangan guru, kemampuan penggunaan perangkat digital peserta didik dan kreativitasnya masih cukup rendah. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi hal tersebut, mahasiswa melakukan pelatihan canva bagi peserta didik. Sasaran akhir dari program ini adalah, peserta didik dapat menghasilkan suatu karya.