Mohon tunggu...
Astri Yatnasari
Astri Yatnasari Mohon Tunggu... Guru - GURU SMK

GURU SMK TJKT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Aplikasi Game Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

3 Desember 2023   15:54 Diperbarui: 3 Desember 2023   15:58 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • PENDAHULUAN
  • (Situasi)

Adapun latar belakang masalah dalam praktik pembelajaran di lapangan, sebagai berikut:

1. Hasil belajar siswa pada materi sebelumnya yang rendah.

2. Metode pengajaran teacher centered tanpa adanya media belajar pendamping guru selain buku cetak, menyebabkan tidak adanya interaksi aktif selama pembelajaran

Merujuk pada latar belakang masalah dalam praktik pembelajaran diatas, adapun hal yang menjadikan praktik pembelajaran ini penting untuk ditindaklanjuti yaitu kebermanfaatan dari penerapan model dan media pembelajaran yang inovatif guna menyelesaikan permasalahan yang ditemukan selama pembelajaran di kelas yang berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Peran saya dalam praktik pembelajaran ini yaitu sebagai role model bagi rekan sesama guru untuk dapat dijadikan sebagai contoh mengenai pemanfaatan metode, model, dan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Sehingga guru tidak lagi menggunakan cara yang konvensional dalam pembelajaran di kelas.

 

PEMBAHASAN

  • (Tantangan)

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas dan kajian literatur mengenai kebermanfaatan model dan media pembelajaran, adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan praktik ini, yaitu sebagai berikut:/

1. Strategi dalam hal meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi alat pelindung diri.

2. Diperlukan keterampilan khusus dalam membuat desain media pembelajaran dengan memperhatikan daya kemenarikan, keefisienan, dan eefektivitasan untuk menghasilkan suasana pembelajaran yang kondusif.

  • (Aksi)

Berikut adalah strategi dan langkah-langkah yang saya lakukan dalam rangka menghadapi tantangan yang ada, antara lain:

1. Membuat desain media pembelajaran dengan beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan seperti Canva, Kahoot (Sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang edukatif, karena didalamnya terdapat fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran adalah Game Kahoot. Muzayanati, 2022), Google form dan aplikasi lainnya.

2. Menyusun langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan fase atau sintaks model pembelajaran Problem Based Learning untuk mempermudah saya dalam melaksanakan pembelajaran yang sistematis.

3. Menyusun LKPD lengkap dengan langkah-langkah setiap kegaitan dan soal latihan.

  • (Refleksi)

Adapun dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan, saya uraikan sebagai berikut.

  • Penerapan penggunaan media pembelajaran dengan beberapa aplikasi dalam aksi ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya antusiasme peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran.
  • Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam aksi ini dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan menyajikan hasil analisis dari permasalahan yang ada dan dapat juga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi dan unjuk kerja yang dilakukan selama proses pembelajaran (kegiatan mengerjakan dan mempresentasikan LKPD) berlangsung, peserta didik sangat aktif dan senang mengikuti tiap fase kegiatan dengan capaian rata-rata 7,9 dari total skor 10,0 pada rubrik penilaian

KESIMPULAN

Dari hasil evaluasi baik pada aspek afektif, kognitif dan psikomotor tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media pembelajaran berupa aplikasi dan media pembelajarn dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebagai rencana tindak lanjut dari pada pelaksanaan ini yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi lainnya sebagai pendukung dalam penyampaian materi, dan pengembangan soal/assesment yang mengandung aspek HOTS didalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun