Mohon tunggu...
Asrifatul Lailin
Asrifatul Lailin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Asrifatul Lailin

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 4 - Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

1 Januari 2024   12:25 Diperbarui: 1 Januari 2024   12:27 1589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Infografis Koneksi Natar Materi - Dok. pribadi

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, menurut saya penting bagi guru untuk memahami topik ini. Namun, sebelumnya saya belum sepenuhnya memahami bagaimana penerapan ZPD yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

  • Eksplorasi konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dari topik ini?

Pada topik 4, saya mempelajari bagaimana membuat konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam menerapkan ZPD (Zone Of Proximal Development) dalam pembelajaran. Dalam ZPD diperlukan beberapa langkah sebelum pembelajaran dimulai yaitu mengidentifikasi dan memahami kondisi peserta didik untuk memudahkan pembelajaran tentang sejauh mana peserta didik dapat diberikan bantuan. ZPD juga dapat digunakan untuk merancang aktivitas peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, karena sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dapat meningkatkan kualitas belajar di kelas.

  • Ruang kolaborasi

Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi secara berkelompok, kami berdiskusi dengan pandangan masing-masing mahasiswa mengenai ZPD dalam pembelajaran dan bagaimana kesiapannya dalam mengajar dengan memperhatikan pembelajaran ZPD pada peserta didik. Adapun hasil diskusi kelompok kami yaitu memiliki pendapat yang sama, dimana pembelajaran dengan ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Selain itu, kelompok kami juga mempunyai pendapat yang sama yaitu dalam mempersiapkan pembelajaran dengan ZPD perlu memahami karakteristik masing-masing peserta didik. Dengan mengetahui hal tersebut, maka guru akan mengetahui di tahap mana peserta didik berada dan sejauh mana bantuan yang akan diberikan.

  • Demonstrasi konstektual

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Dari hasil pemaparan pandangan masing-masing, kelompok saya memahami pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik maupun guru untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak pada peserta didik. Dengan memahami ZPD peserta didik, guru akan lebih mudah menentukan sejauh mana peserta proses scaffolding yang harus diberikan. Dari diskusi antar kelompok ini, masing-masing kelompok menyadari bahwa pembelajaran dalam ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran.

  • Elaborasi pemahaman

1. Pemahaman yang sudah saya dapatkan

Pada topik ini, saya memahami pembelajaran dalam ZPD dan proses scaffolding sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas.

2. Perubahan pemahaman setelah mempelajari topik 4

Dari mempelajari ZPD, pemahaman baru yang saya dapatkan ialah mengenai scaffolding dalam pembelajaran. Scaffolding ini merupakan pemberian bantuan kepada peserta didik selama tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan tersebut ketika ia mampu mengerjakan sendiri. Hal ini bertujuan memudahkan guru dalam menyamaratakan dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

3. Yang ingin dipelajari lebih lanjut

Selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ZPD dan scaffolding, apakah bisa diterapkan disemua jenjang pendidikan dan bagaimana cara kita mengatasi situasi jika terjadi kesenjangan sosial dalam proses pembelajaran.

  • Koneksi antar materi

Manfaat saya mempelajari topik ini untuk mempersiapkan diri sebagai calon guru adalah sebagai guru harus siap dan mampu menerapkan pandangan pembelajaran pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural. Kesiapan saya dengan melaksanakan pembelajaran ZPD dari 1-10 adalah 8. Karena saya belum sepenuhnya memahami mengenai strategi dan metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran yang menerapkan ZPD. Persiapan saya lebih lanjut adalah menambah pengetahuan mengenai pembelajaran ZPD yang melibatkan perspektif sosiokultural , melaksanakan tugas kuliah dan mengerjakan tugas dengan maksimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun