Demonstrasi kontekstual pada modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya ini CGP diminta untuk menganalisis video yang ditautkan pada LMS (https://youtu.be/YMflitCt1yI). Analisis berkaitan dengan visi sekolah, prakarsa perubahan, kegiatan prakarsa perubahan sesuai tahapan BAGJA, peran pemimpin dalam pembelajaran, dan modal yang digunakan pemimpin dalam melaksanakan perubahan. Hasil analisis terhadap video yang telah dilakukan diuraikan berikut ini.
Video yang ditautkan dalam LMS menunjukkan sekolah memiliki visi "Mewujudkan murid religius, kreatif, inovatif dan berdaya saing". Ini terlihat dari video awal yang memperlihatkan bagaimana murid-murid yang bermain dengan kreatif di halaman sekolah. Murid-murid yang ditampilkan juga berpakaian dalam lingkup yang religius.Â
Bagian awal video juga memperlihatkan bagaimana murid-murid berjuang ke sekolah dengan berjalan kaki bukan diantar oleh orang tua. Hal ini menunjukkan murid tangguh menghadapi tantangan.
Mewujudkan visi sekolah, guru dalam tautan video melakukan prakarsa perubahan yakni mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Hal ini terlihat dari pertanyaan utama guru saat memulai prakarsa yaitu "Bagaimana mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?" Prakarsa perubahan dilaksanakan dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) melalui manajemen BAGJA.
Tahapan BAGJA yang dilakukan guru pada tautan video pada LMS dijabarkan pada tabel berikut ini.
Tahapan
Pertanyaan
Daftar Tindakan/ Penyelidikan
B: Buat Pertanyaan
Bagaimana cara mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan untuk belajar
Guru berdiskusi dengan sejawat dan menggali informasi bagaimana mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan.
A: Ambil Pelajaran
Apa yang muncul di pikiran murid tentang tulisan yang terdapat di papan tulis (Penyemangat Belajar)?
Apa yang disukai murid di kelasnya?
Guru menuliskan dua kata "Penyemangat Belajar" di papan tulis dan mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid.
Bagaimana mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan?
Guru mengajak murid untuk melakukan kunjungan ke kelas dua dan kelas enam untuk menambah inspirasi kelas yang nyaman dan menyenangkan sehingga semangat belajar meningkat.
G: Gali  Mimpi
Bagaimanakah kelas yang nyaman dan menyenangkan menurut murid?
Guru meminta murid membayangkan dengan memejamkan mata kelas yang nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat belajar
Seperti apakah kelas yang di inginkan dan dimimpikan oleh murid?
Guru mendorong murid untuk mengemukakan pendapat di depan/diskusi kelompok untuk menggambarkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
Bagaimana gambaran kelas nyaman dan menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat belajar menurut murid?
Guru meminta murid mempresentasikan hasil diskusinya tentang kelas nyaman dan menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat belajar dan guru mencatat seperti apa kelas nyaman dan menyenangkan yang di inginkan.
J: Jabarkan Rencana
Bagaimana murid berkontribusi mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan?
Guru mengajak murid berkontribusi menentukan kebutuhan.
Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian dan berapa lama target waktu untuk mencapainya?
Guru melakukan diskusi kelas dan kolaborasi untuk menginventarisasi usulan untuk mewujudkan kelas impiannya.
Guru membuat catatan khusus target yang ingin dicapai tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian peserta didik.
Apa yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan murid?
Guru membagi murid dalam beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk masing - masing kelompok serta berkolaborasi dengan rekan guru dan peserta didik dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
A: Atur Eksekusi
Bagaimana murid berkontribusi dalam mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan?
Guru mengajak murid berkontribusi dalam pembagian kelompok kerja.
Kapan waktu pelaksanaan dan berapa lama target waktu untuk mencapainya?
Guru meminta murid berdiskusi serta berkolaborasi dalam menentukan waktu dan target pelaksanaan.
Alat dan bahan apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian sesuai impian murid?
Guru meminta murid berdiskusi serta berkolaborasi menentukan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam gotong royong mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan
Bagaimana pelaksanaannya?
Guru membimbing murid melakukan gotong royong mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan.
Bagaimana hasilnya?
Guru mengapresiasi hasil kerja murid mewujudkan kelas nyaman menyenangkan untuk penyemangat belajar.
Tahapan BAGJA yang dilakukan guru pada video merupakan wujud guru sebagai pemimpin pembelajaran. Peran pemimpin yang digambarkan oleh guru adalah menerapkan pendekatan berbasis aset. Hal ini terlihat selama tahapan BAGJA guru memanfaatkan semua kekuatan yang dimiliki kelas. Selain itu guru juga memanfaatkan hubungannya dengan kelas lain untuk study banding.
Modal utama yang dimanfaatkan guru dalam video adalah manusia, modal sosial, modal fisik, modal alam/lingkungan, dan modal finansial. Lebih lanjut modal-modal tersebut dijabarkan dalam tabel berikut ini.
Modal
Item
Pemanfaatan
Modal Manusia
Guru
Guru memiliki visi yang baik dan berjiwa pemimpin yang berpihak pada murid
Murid
Murid mandiri dan kreatif dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Modal Sosial
Relasi dengan rekan sejawat
Guru memiliki hubungan yang baik dengan rekan sejawat dalam berdiskusi, menggali informasi dan berkolaborasi
Modal fisik
Ruang kelas
Sarana prasarana (meja, kursi, berbagai atribut kelas dan lainnya)
Kelas merupakan ruang belajar murid-murid yang dapat ditata mewujudkan ruang kelas nyaman dan menyenangkan menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia.
Modal Budaya
Gotong royong
Budaya gotong royong dimanfaatkan guru dalam rangka mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Modal finansial
Sumbangan murid
Murid menyisihkan uangnya untuk disumbangkan dalam memenuhi kebutuhan bahan saat gotong royong dilaksanakan.
Demikianlah analisis yang telah dilakukan terhadap video pada LMS. Semoga ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran saya sebagai pribadi dan guru pada umumnya.
Aspar
CGP A.6.18 Sumatera Barat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H