Mohon tunggu...
ASEP NURDIN TOHA
ASEP NURDIN TOHA Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah Kota Bekasi

Penulis , Asep Nurdin Toha, S. Pd SD , Kepala Sekolah , Kota Bekasi Aktif :Guru Penggerak , Pengajar Praktik , Kelompok Kerja guru, Organisasi PGRI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 3, CGP Angkatan X , Kota Bekasi

14 Juli 2024   11:46 Diperbarui: 14 Juli 2024   11:50 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LOKAKARYA 3 ANGKATAN X

PP. ASEP NURDIN TOHA

Tema  kegiatanPEMAHAMAN BERMAKNA 

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

PRODUKDUK YANG DIHASILKAN 

Hasil refleksi dari simulasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

Hasil refleksi dari Praktik mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional

dalam praktik mengajar.

Strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran

berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

TUJUAN BELAJARAN BELAJAR 

Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang

pembelajaran berdiferensiasi.

Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka mengenai

mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar.

Calon Guru Penggerak merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat mengenai

pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

Kegiatan lokakarya 3 : Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. dilaksanakan di Kampus UNISMA Bekasi  Sabtu, 13 Juli 2024  dimulai dengan sesi pembukaan oleh perwakilan Kepala balai Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat., kemudian dilanjutkan Perwakilan dinas (Kabid PTK dan Panitia Lokal Bidang Ketenagaan )dengan mengajak para peserta Calon Guru Penggerak (CGP)  dari kota bekasi ,

untuk melakukan ice breaking, setelah kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan Pengajar Praktik. Selanjutnya tahapan aktivitas kegiatan Lokakarya 3 ini secara umum dibagi ke dalam beberapa sesi yaitu:

Penjelasan Tujuan dan Pembuatan Kesepakatan Belajar

Setelah Pengajar Praktik melakukan pembukaan dan ice breaking maka selanjutnya memaparkan dan menjelaskan tujuan lokakarya 3 dan kesepakatan -- kesepakatan belajar selama pelaksanaan Lokakarya 3.

Simulasi mengajar BerdiferensiasiI 

Pada sesi ini diharapkan Calon Guru Penggerak dapat CalonGuruPenggerakdapatmendemonstrasikanpemahamannyatentang pembelajaran berdiferensiasi melalui simulasi mengajar.

Calon Guru Penggerak dapat melakukan identifikasi lima aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun pembelajaran berdiferensiasi.

Adapun tahapan sesi ini :

Calon guru penggerak harus membawa RPP berdiferensiasi yang telah dibuat dan telah dilaksanakan sebelum lokakarya 3.

Pengajar Praktik mencetak panduan observasi.

Menyiapkan kertas-kertas kecil yang sudah diberi nama calon guru penggerak sebagai persiapan jika tidak ada calon guru penggerak yang menawarkan diri. mengisi peran-peran yang dibutuhkan dalam simulasi mengajar (1 orang simulator, 2 orang observer, sisanya sebagai murid)

Calon Guru Penggerak mendapatkan peran masing-masing, pengajar Praktik mempersilakan simulasi dimulai. Waktu simulasi mengajar adalah 1 JP (45 menit).

Istirahat

Para peserta melaksanakan kegiatan ISHOMA

Praktik Mindfulnes dan Refleksi

Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat melakukan praktik mindfulness Teknik STOP, mindful listening, dan mindful seeing.

Tahapan sesi ini adalah :

Pengajar Praktik memberikan penjelasan sesi praktik mindfulness kepada calon guru penggerak,

Pengajar Praktik memandu jalannya praktik mindfulness sesi 1,2,3. Saat memandu, pemandu perlu ikut merasakan dan melakukan apa yang dikatakan/dibacakan. Hal ini akan membantu latihan berjalan secara lebih alami dan efekti

Integrasi  kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran 

Pada sesi ini diharapkan para Calon Guru Penggerak dapat mendemonstrasikan pemahamannya tentang integrasi kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran..

Adapun tahapan pada sesi ini adalah :

Pengajar praktik memilih satu kelompok untuk melakukan simulasi pembelajaran yang sudah memasukkan kompetensi sosial emosionalPraktik Segitiga Restitusi

Strategi berbagi hasil pembelajaran

Pada sesi ini tujuan yang diharapkan adalah para Calon Guru Penggerak dapat membuat strategi berbagi dengan rekan sejawat di sekolahnya tentang ilmu yang didapat dalam Program Guru Penggerak

Tahapan yang dilalui Calon Guru Penggerak pada sesi ini adalah :

Pengajar Praktik menyampaikan tugas diskusi pada sesi kali ini.

Pengajar praktik membagi calon guru penggerak menjadi 3 kelompok

Pengajar praktik meminta setiap kelompok berdiskusi menentukan strategi berbagi dengan rekan sejawa

Pengajar praktik menutup sesi dengan mengapresiasi dan mengajak peserta untuk kembali ke dalam kelas besar (Pleno).

Penutupan

Pada sesi penutup para Calon Guru Penggerak diharapkan dapat mengingat kembali materi yang diajarkan, kemudian mereka dapat mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya yang berlangsung. Serta Calon Guru Penggerak dapat mengetahui tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya.

Adapun tahapan pada sesi ini adalah Refleksi Hasil Belajar dan poto bersama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun