Dikumpulkan Di Akhir Modul
Â
Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.
Langkah-langkah kegiatan:Â
TAHAP PERSIAPAN
1. Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.
2. Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi
3. Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.
TAHAP PELAKSANAAN
1. Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.
2. Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif
3. Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik
TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN
1. Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/Ibu.
2. Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu.
Â
Â
No.
Program Jangka Pendek
Tujuan Kegiatan
Sasaran
Hasil yang Diharapkan
Waktu dan Tempat
Keterangan
1.
Membuat scenario pembelajaran
1. Pembelajaran lebih sistematis
2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar peserta didik
3. Memudahkan penyampaian materi
4. Pengatur pola pembelajaran
5. Menghemat waktu dan tenaga
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik dapat memahami materi
2. Peserta didik focus dalam pembelajaran
3. Guru dapat mengatur waktu dengan baik agar materi dapat tersampaikan dengan baik pula kepada peserta didik
05 Agustus 2024, 13.00
Ruang guru
2.
Melakukan pembelajaran
1. Memudahkan guru melakukan penilaian
2. Mengembangkan kompetensi peserta didik
3. Mengetahui minat dan bakat peserta didik
4. Melaksanakan scenario pembelajaran yang telah dibuat
Peserta didik dan Guru
1. Peserta didik mendapatkan pengetahuan
2. Peserta didik dapat menerima materi yang disampaikan guru
3. Guru dapat melaksanakan scenario yang telah dibuat
06 dan 07 Agustus 2024
Ruang kelas
Ruang guru
3.
Evaluasi pembelajaran
1. Memperbaiki dan mengembangkan program pembelajaran
2. Mengambil keputusan tentang hasil belajar
3. Mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik
4. Mengukur keberhasilan peserta didik baik secara individu maupun kelompok
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik dapat mengetahui letak kesalahannya
2. Peserta didik dapat memperbaiki nilai atau materi yang belum dipahami
3. Guru mengetahui peserta didik sudah atau belum memahami materi yang telah disampaikan.
07 Agustus 2024
Ruang kelas
4.
Tindak lanjut
1. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar agar mencapai prestasi yang diharapkan
2. Memperbaiki penguasaan materi pembelajaran yang telah dievaluasi
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik mendapat solusi untuk memperbaiki nilai
2. Peserta didik dapat memahami materi mana yang kurang dipahami
3. Guru dapat memperbaiki scenario pembelajaran yang masih sulit dipahami oleh peserta didik
07 Agustus 2024
Ruang guru
Ruang kelas
Dikumpulkan Di Akhir Modul
Â
Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.
Langkah-langkah kegiatan:Â
TAHAP PERSIAPAN
1. Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.
2. Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi
3. Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.
TAHAP PELAKSANAAN
1. Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.
2. Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif
3. Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik
TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN
1. Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/Ibu.
2. Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu.
Â
Â
No.
Program Jangka Pendek
Tujuan Kegiatan
Sasaran
Hasil yang Diharapkan
Waktu dan Tempat
Keterangan
1.
Membuat scenario pembelajaran
1. Pembelajaran lebih sistematis
2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar peserta didik
3. Memudahkan penyampaian materi
4. Pengatur pola pembelajaran
5. Menghemat waktu dan tenaga
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik dapat memahami materi
2. Peserta didik focus dalam pembelajaran
3. Guru dapat mengatur waktu dengan baik agar materi dapat tersampaikan dengan baik pula kepada peserta didik
05 Agustus 2024, 13.00
Ruang guru
2.
Melakukan pembelajaran
1. Memudahkan guru melakukan penilaian
2. Mengembangkan kompetensi peserta didik
3. Mengetahui minat dan bakat peserta didik
4. Melaksanakan scenario pembelajaran yang telah dibuat
Peserta didik dan Guru
1. Peserta didik mendapatkan pengetahuan
2. Peserta didik dapat menerima materi yang disampaikan guru
3. Guru dapat melaksanakan scenario yang telah dibuat
06 dan 07 Agustus 2024
Ruang kelas
Ruang guru
3.
Evaluasi pembelajaran
1. Memperbaiki dan mengembangkan program pembelajaran
2. Mengambil keputusan tentang hasil belajar
3. Mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik
4. Mengukur keberhasilan peserta didik baik secara individu maupun kelompok
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik dapat mengetahui letak kesalahannya
2. Peserta didik dapat memperbaiki nilai atau materi yang belum dipahami
3. Guru mengetahui peserta didik sudah atau belum memahami materi yang telah disampaikan.
07 Agustus 2024
Ruang kelas
4.
Tindak lanjut
1. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar agar mencapai prestasi yang diharapkan
2. Memperbaiki penguasaan materi pembelajaran yang telah dievaluasi
Peserta didik dan guru
1. Peserta didik mendapat solusi untuk memperbaiki nilai
2. Peserta didik dapat memahami materi mana yang kurang dipahami
3. Guru dapat memperbaiki scenario pembelajaran yang masih sulit dipahami oleh peserta didik
07 Agustus 2024
Ruang guru
Ruang kelas
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H