Mohon tunggu...
asep abdillah
asep abdillah Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Membaca dan menulis kesukaan saya sejak kecil. Masa remaja terganggu kebiasaan baru main bola dan futsal. Sekarang ingin kembali meneruskan hobby lama, menulis,... Gasspolll...! Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Tindak Lanjut CGP

23 September 2024   08:46 Diperbarui: 23 September 2024   08:58 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dikumpulkan Di Akhir Modul

 

Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.

Langkah-langkah kegiatan: 

TAHAP PERSIAPAN

1. Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.

2. Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi

3. Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.

TAHAP PELAKSANAAN

1. Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.

2. Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif

3. Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik

TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN

1. Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/Ibu.

2. Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu.

 

 

No.

Program Jangka Pendek

Tujuan Kegiatan

Sasaran

Hasil yang Diharapkan

Waktu dan Tempat

Keterangan

1.

Membuat scenario pembelajaran

1. Pembelajaran lebih sistematis

2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar peserta didik

3. Memudahkan penyampaian materi

4. Pengatur pola pembelajaran

5. Menghemat waktu dan tenaga

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik dapat memahami materi

2. Peserta didik focus dalam pembelajaran

3. Guru dapat mengatur waktu dengan baik agar materi dapat tersampaikan dengan baik pula kepada peserta didik

05 Agustus 2024, 13.00

Ruang guru

2.

Melakukan pembelajaran

1. Memudahkan guru melakukan penilaian

2. Mengembangkan kompetensi peserta didik

3. Mengetahui minat dan bakat peserta didik

4. Melaksanakan scenario pembelajaran yang telah dibuat

Peserta didik dan Guru

1. Peserta didik mendapatkan pengetahuan

2. Peserta didik dapat menerima materi yang disampaikan guru

3. Guru dapat melaksanakan scenario yang telah dibuat

06 dan 07 Agustus 2024

Ruang kelas

Ruang guru

3.

Evaluasi pembelajaran

1. Memperbaiki dan mengembangkan program pembelajaran

2. Mengambil keputusan tentang hasil belajar

3. Mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik

4. Mengukur keberhasilan peserta didik baik secara individu maupun kelompok

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik dapat mengetahui letak kesalahannya

2. Peserta didik dapat memperbaiki nilai atau materi yang belum dipahami

3. Guru mengetahui peserta didik sudah atau belum memahami materi yang telah disampaikan.

07 Agustus 2024

Ruang kelas

4.

Tindak lanjut

1. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar agar mencapai prestasi yang diharapkan

2. Memperbaiki penguasaan materi pembelajaran yang telah dievaluasi

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik mendapat solusi untuk memperbaiki nilai

2. Peserta didik dapat memahami materi mana yang kurang dipahami

3. Guru dapat memperbaiki scenario pembelajaran yang masih sulit dipahami oleh peserta didik

07 Agustus 2024

Ruang guru

Ruang kelas

Dikumpulkan Di Akhir Modul

 

Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.

Langkah-langkah kegiatan: 

TAHAP PERSIAPAN

1. Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.

2. Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi

3. Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.

TAHAP PELAKSANAAN

1. Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.

2. Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif

3. Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik

TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN

1. Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/Ibu.

2. Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu.

 

 

No.

Program Jangka Pendek

Tujuan Kegiatan

Sasaran

Hasil yang Diharapkan

Waktu dan Tempat

Keterangan

1.

Membuat scenario pembelajaran

1. Pembelajaran lebih sistematis

2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar peserta didik

3. Memudahkan penyampaian materi

4. Pengatur pola pembelajaran

5. Menghemat waktu dan tenaga

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik dapat memahami materi

2. Peserta didik focus dalam pembelajaran

3. Guru dapat mengatur waktu dengan baik agar materi dapat tersampaikan dengan baik pula kepada peserta didik

05 Agustus 2024, 13.00

Ruang guru

2.

Melakukan pembelajaran

1. Memudahkan guru melakukan penilaian

2. Mengembangkan kompetensi peserta didik

3. Mengetahui minat dan bakat peserta didik

4. Melaksanakan scenario pembelajaran yang telah dibuat

Peserta didik dan Guru

1. Peserta didik mendapatkan pengetahuan

2. Peserta didik dapat menerima materi yang disampaikan guru

3. Guru dapat melaksanakan scenario yang telah dibuat

06 dan 07 Agustus 2024

Ruang kelas

Ruang guru

3.

Evaluasi pembelajaran

1. Memperbaiki dan mengembangkan program pembelajaran

2. Mengambil keputusan tentang hasil belajar

3. Mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik

4. Mengukur keberhasilan peserta didik baik secara individu maupun kelompok

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik dapat mengetahui letak kesalahannya

2. Peserta didik dapat memperbaiki nilai atau materi yang belum dipahami

3. Guru mengetahui peserta didik sudah atau belum memahami materi yang telah disampaikan.

07 Agustus 2024

Ruang kelas

4.

Tindak lanjut

1. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar agar mencapai prestasi yang diharapkan

2. Memperbaiki penguasaan materi pembelajaran yang telah dievaluasi

Peserta didik dan guru

1. Peserta didik mendapat solusi untuk memperbaiki nilai

2. Peserta didik dapat memahami materi mana yang kurang dipahami

3. Guru dapat memperbaiki scenario pembelajaran yang masih sulit dipahami oleh peserta didik

07 Agustus 2024

Ruang guru

Ruang kelas

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun