ANALISIS STRATEGI ISLAMIC BRANDING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN MINAT PEMBELIAN PRODUK AYAM PENYET SURABAYA
UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto
aryatabahsutrisno@gmail.com
ABSTRACT
In the digital era, the application of Islamic values in product branding and the use of digital media is a key strategy to attract the attention of Muslim consumers. This research uses a quantitative approach with a survey method of consumers of Ayam Penyet Surabaya. The research results show that Islamic branding has a significant influence on consumer trust, while digital marketing directly increases brand awareness and purchasing interest. This article also provides strategy recommendations for Islamic-based culinary business actors to optimize branding and digital marketing approaches.
Keywords : Islamic Branding, Buying Interest, Ayam Penyet Surabaya
ABSTRAK
Dalam era digital, penerapan nilai-nilai Islam dalam branding produk dan pemanfaatan media digital menjadi strategi kunci untuk menarik perhatian konsumen Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada konsumen Ayam Penyet Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic branding memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, sementara digital marketing secara langsung meningkatkan kesadaran merek dan minat pembelian. Artikel ini juga memberikan rekomendasi strategis bagi pelaku usaha kuliner berbasis Islami untuk mengoptimalkan pendekatan branding dan pemasaran digital.
Kata kunci : Branding islami,Minat beli, Â Ayam Penyet Surabaya
PENDAHULUAN
Industri kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat yang dipicu oleh perubahan gaya hidup dan meningkatnya minat beli masyarakat terhadap kuliner lokal. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk berinovasi dan merancang strategi Branding islam dan pemasaran digital yang efektif agar dapat bertahan dan berkembang. Perusahaan Ayam Penyet Surabaya, sebagai salah satu pelaku usaha kuliner yang terkenal dengan hidangan ayam penyet dan sambal khasnya, memiliki tantangan besar untuk mempertahankan eksistensinya di pasar yang kompetitif. Secara umum, pemasaran adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk atau layanan dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen saat ini dan calon pelanggan (Triyono, 2019).