Hebat Bercerita dengan Metode BaKu LuNit (Baca buKu sepuLuh meNit)
"Dengan membaca engkau mampu membuka cakrawala. Lewat menulis ada banyak karya yang kau ciptakan. Melalui cerita yang kau sampaikan maka akan ada jutaan imajinasi yang dikembangkan."
Menjadi seorang guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran dan sukses membuat murid menjadi paham tentang ilmu pengetahuan. Sejatinya seorang guru juga mengemban tugas agar murid-murid bisa berkembang sesuai bakatnya serta mampu menyampaikan pendapatnya di depan umum.Â
Salah satu kemampuan menyampaikan pendapat di depan umum adalah hebat bercerita/mendongeng di depan teman-temannya. Kadang murid mampu berbicara dengan teman-temannya di luar jam pembelajaran, mengobrol dan tertawa dengan riang namun "nyalinya" mulai ciut ketika diminta untuk mengungkapkan pendapat.
Pada kenyataannya masih ada sebagian murid yang sebetulnya mampu dan yakin merasa benar, namun karena enggan atau bahkan mungkin tidak percaya diri maka mengurungkan keinginan untuk mengungkapkan pendapat.Â
Sebagai seorang guru tentulah hal tersebut menjadi problem dalam pembelajaran. Karena sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar terdapat komunikasi dua arah sehingga pembelajaran berjalan lancar.Â
Berdasarkan kondisi itulah yang membuat saya sebagai seorang pendidik ingin sekali meningkatkan kepercayaan diri anak-anak melalui program membaca buku cerita secara mandiri yang bisa dilakukan di rumah maupun di perpustakaan sekolah.Â
Selama program itu berlangsung dan dengan pantauan, ada kejanggalan yang bermunculan. Ternyata ada murid yang tidak membaca buku dan juga ada sebagian murid yang membaca buku tapi sekedar menggugurkan tugas yang diberikan. Sehingga murid tersebut tidak mendapatkan feel atas buku yang dibaca.
BaKu LuNit adalah program membaca buku serentak yang diikuti seluruh murid dan terdapat waktu khusus untuk mengembangkan keterampilan berbicara lewat menyampaikan isi dari buku yang telah dibaca. Bahkan murid-murid juga bisa mengembangkan isi dari buku yang dibaca jika memang mereka memiliki pengetahuan tambahan terkait pokok bahasan dalam buku tersebut.
Buku yang dibaca sebagian besar adalah buku cerita ringan. Lalu bagaimana jika murid-murid memiliki karakter dengan lebih menyukai buku dengan tema pengetahuan? Tentunya sangat bisa.Â
Dewasa ini banyak buku pengetahuan yang dikemas begitu menarik dan "renyah" dibaca anak-anak, seperti ensiklopedia anak, buku cerita sains, bahkan juga ada komik sains yang konon lebih mudah dipahami anak-anak dengan gaya belajar visual.Â
Program baca buku ini tidak hanya dilakukan di perpustakaan sekolah saja. Untuk mendukung peningkatan literasi murid-murid maka di dalam kelas juga disediakan pojok baca yang bisa digunakan murid untuk mengisi waktu luang dengan membaca buku.
Bahkan saat diminta untuk menceritakan isi dari buku yang dibaca, antusias murid tampak dari wajah semangat yang mereka tunjukkan. Tidak hanya itu, bahkan keberhasilan program yang dibuat mampu menciptakan calon pendongeng cilik yang bisa menceritakan buku cerita di depan teman-teman sekelasnya dengan gesture dan mimik layaknya tokoh yang ada dalam buku cerita. Kesuksesan keterampilan berbicara yang dimiliki anak-anak juga memberi dampak di jam pembelajaran lain.Â
Murid juga mampu mempresentasikan materi pembelajaran yang telah didiskusikan dengan baik dan percaya diri. Mengapa itu bisa terjadi? Karena mereka sudah jatuh cinta dengan membaca dan membaca telah membuat mereka yakin bahwa berbicara di depan umum merupakan hal yang mudah.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI