Mohon tunggu...
Arum Butler
Arum Butler Mohon Tunggu... Administrasi - Just me.....

The Wallflower and The Wildflower Alumni Danone Blogger Academy Batch 1 Tahun 2017 www.arumsukapto.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

PDKT Danamon via Media Sosial

15 Oktober 2016   18:49 Diperbarui: 9 November 2016   19:31 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Statistik Pengguna Internet (Sumber:Wearesocial)

Surfing Internet pernah menjadi makna konotasi yang ngetrend di awal tahun 2000 dimana seseorang online mengikuti/mengklik sebuah alamat web, dan memang saya pertama kali mengenal internet sudah sejak tahun 2000 dengan datang ke warung internet di kampus. Dulu kata trend "Surfing" seakan-akan  seseorang sedang online sedang berselancar di dunia maya.  Pertama kali mengenal internet memang saya hanya menggunakan sebatas e-mail atau untuk mencari lirik lagu boyband kesayangan saya.  Saya masih ingat betul dengan seseorang yang mengenalkan saya pada internet, idola pemain basket Kobatama (sekarang IBL).  

Saat itu Kobatama sedang ada pertandingan di kota Malang dan saya menonton pertandingan idolaku sampai selesai dan seperti fans lainnya menunggu diluar lapangan dan minta tanda tangan, saat itu idolaku memberikan tanda tangannya ditambah email supaya fans-fansnya bisa berkomunikasi dengannya. Dengan senang hati paginya saya ke warung internet (warnet) di kampus dan mulai belajar cara membuat email yang kemudian mengirimkan email pertamaku ke idola.  

PENGGUNAAN INTERNET DAN MEDIA SOCIAL

Setelah dua windu terlewati perkembangan internet memang terus bertambah dengan pesat dimana hampir semua orang diseluruh dunia menggunakan internet. Berdasarkan data lembaga riset pasar  e-marketer bahwa pengguna internet seluruh dunia pada tahun 2015 telah mencapai 3, 07 miliar dan prediksi akan mencapai 3,600 miliar pada tahun 2018, rata-rata pertumbuhan pengguna internet setiap tahun mencapai 10%.  Sedangkan untuk Indonesia sendiri telah menduduki rangking keenam sebagai pengguna internet terbesar di dunia dimana angka tersebut berlaku bagi pengguna internet minimal sekali dalam sebulan.

Rangking pengguna internet (Sumber: Kominfo.go.id)
Rangking pengguna internet (Sumber: Kominfo.go.id)
 Pertumbuhan pengguna internet memang mulai menggeser ketertarikan menonton TV yang akhirnya juga diikuti perkembangan teknologi sarana penggunaan internet yang semakin berkembang dengan pesat, saat ini perkembangan inovasi teknologi menyediakan sebuah platform mobile yang lebih mempermudah untuk mengakses internet dimana saja, pada September 2016 penggunaan internet via platform mobile telah mencapai 58% menggungguli penggunaan internet via komputer/laptop dan tablet.

Device Internet (Sumber We are Social)
Device Internet (Sumber We are Social)
Mengakses internet menggunakan platform mobile diiringi dengan berkembangnya teknologi komunikasi media sosial dan aplikasi pesan/chatting yang akhirnya merubah kebiasaan online disebuah web lebih banyak yang aktif di media sosial/aplikasi pesan tersebut.  Mayoritas pengguna internet via mobile adalah yang aktif di media sosial/aplikasi pesan (message) dan penggunaan media social secara aktif telah mencapai 2,046 miliar dan khusus  pengguna social media di Indonesia sendiri mencapai 34% dibandingkan dengan jumlah penduduknya.  

Statistik Pengguna Internet (Sumber:Wearesocial)
Statistik Pengguna Internet (Sumber:Wearesocial)
Melihat data diatas yang saat ini masyarakat aktif menggunakan media sosial daripada TV, Danamon tidak mau ketinggalan untuk bisa berinteraksi langsung dengan nasabahnya melalui media sosial.  Pada tanggal 1 Oktober 2016 mengundang Nebengers dan Kompasiana dalam acara nangkring bertemakan Mantap Melaju menjangkau Komunitas Melalui Media Sosial berlokasi di gedung baru Menara Danamon di daerah Rasuna Said Kuningan Jakarta Di awal acara selaku CMO Danamon Toni Darusman menjelaskan bahwa baru-baru ini Danamon merayakan ulang tahun ke-60 tahun dan menjadi moment yang sangat penting untuk mantap melaju terus menjadi salah satu bank yang memberikan solusi finansial dan kemudahan kepada pelanggan.  Sebagai Danamoners harus selalu memiliki semangat /spirit untuk mantap melaju mengedepankan Danamon dengan berusaha menggaet kawula muda yang millenium.  Karakteristik anak muda saat ini lebih banyak berkomunikasi menggunakan gadget dan media sosial sehingga Danamon harus bisa ada dan relevan dengan anak muda melalui akun media sosial di Twitter dan Facebook.  Facebook dan twitter memang media sosial yang banyak diikutin anak muda saat ini

Pengguna aktif Media Sosial (Sumber:www.wearesocial.com)
Pengguna aktif Media Sosial (Sumber:www.wearesocial.com)
AKUN MEDIA SOSIAL BANK DANAMON

Dengan banyaknya pengguna media sosial inilah yang membuat Danamon pendekatan ke nasabah ataupun calon nasabahnya dan ikut aktif di media sosial supaya nasabah lebih mudah mengetahui perkembangan info terbaru tentang produk Danamon, berinteraksi langsung dengan nasabahnya hanya dengan menfollow akun media sosial Danamon.  Danamon memiliki 6 akun media sosial yang bisa difollow melalui platform Facebook dan Twitter.

  • BANK DANAMON

Akun @BankDanamon pagefan Facebook dan @danamon untuk twitter merupakan akun resmi Bank Danamon untuk mengetahui perkembangan informasi seputar korporasi, edukasi perbankan, kegiatan sosial dan juga lowongan pekerjaan di Danamon.  Akun tersebut sering mengadakan kultweet tentang berbagai tips gaya hidup setiap harinya yang bermanfaat.

 
  • HELLO DANAMON

Akun @HelloDanamon mempermudah nasabah menghubungi customer service Bank Danamon yang bisa dihubungi selama 24 jam via akun ini atau menelpon langsung ke 1-500-090.  Nasabah tidak perlu datang langsung ke kantor cabang Bank Danamon untuk komplain atau konsultasi layanan Bank Danamon. Admin akun @HelloDanamon akan merespon pertanyaan atau keluhan nasabah dengan menyertakan nomor handphone yang nantinya akan dihubungi langsung oleh customer service Bank Danamon.

  • MY DANAMON

Akun @myDanamon Twitter dan Facebook menyajikan beragam info berupa kultweet tentang gaya hidup dan juga informasi berbagai macam pelayanan Bank Danamon seperti transaksi membeli pulsa menggunakan D-Mobile, berbelanja online dengan mudah menggunakan Danamon Online Banking, cara membeli tiket pesawat melalui atm dan lainnya. 

  • KARTU DANAMON

Akun @kartudanamon bisa diakses melalui Twitter dan Facebook untuk mendapatkan informasi pelayanan dan keluhan ataupun tentang promo kartu debit/kredit Bank Danamon.

Akun Twitter kartu Danamon (Gambar milik Dokpri)
Akun Twitter kartu Danamon (Gambar milik Dokpri)
  • DANAMON BIZ

Akun @bizdanamon hanya ada di Twitter yang memberikan info dan kabar bisnis, tips serta produk usaha kecil & Menengah saat ini.  Bila ingin memulai sebuah bisnis atau UKM dengan cerdas bisa menfollow akun ini  

  • DANAMO DSP

Selain akun twitter dan Facebook di atas, kita bisa follow akun instagram @mydanamon dan juga Youtube Bank Danamon untuk mendapatkan informasi seputar Bank Danamon dan juga berbagai event yang diadakan oleh Bank Danamon.  Dengan adanya berbagai macam akun media sosial yang dimiliki oleh Bank Danamon mempermudah interaksi kepada nasabahnya sehingga pendekatan ini tidak terganjal lagi oleh jarak dan waktu, respon cepat Bank Danamon bisa lebih memuaskan pelayanan kepada nasabah. 

Yuk follow akun media sosial Bank Danamon supaya lebih tahu tentang pelayanan Bank Danamon dan berbagai tips yang bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:

http://wearesocial.com/uk/special-reports/digital-in-apac-2016

http://wearesocial.com/uk/blog/2014/11/internet-users-pass-3-billion-mark

https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun