Mohon tunggu...
ARMAN TRI PAMUNGKAS
ARMAN TRI PAMUNGKAS Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa

Nama : Arman Tri Pamungkas NIM : 41421120093 Jurusan : Teknik Elektro Fakultas : Teknik Universitas Mercubuana Matkul : Kewirausahaan-1 Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Proposal Bisnis Diskursus STP dan 5P

7 Oktober 2023   17:22 Diperbarui: 7 Oktober 2023   17:25 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ARMAN TRI PAMUNGKAS

41421120093

MATA KULIAH : KEWIRAUSAHAAN-1

DOSEN : Prof. Dr. Apollo, M.Si.Ak.

 Teman-teman Kompasiana kali ini saya akan menyampaikan tentang Proposal bisnis DONAT ECHO 

dengan strategi Bisnis STP dan 5P

STP adalah (Segmentation, Target dan Positioning)

Dok. pribadi
Dok. pribadi

1. SEGMENTATION

Untuk bagian ini saya memilih fokus penjualan Donat Echo ke kalangan anak-anak dan kalangan muda. Dikarenakan anak-anak suka makanan manis, untuk kalangan muda makanan tersebut biasanya di jadikan sebagai teman nongkrong.

2. TARGET

Untuk target tentu saja untuk kalangan anak-anak, dan tempat yang cocok untuk penjualan adalah di sekolah-sekolah SD, SMP, SMA dan juga di tempat tongkrongan anak muda.

3. POSITIONING

Untuk bagian ini kami menawarkan Donat Echo dengan topping berbagai varian coklat, vanilla, strawberry dan almond.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

 Dan untuk 5P adalah (Product, Price, Place, Promotion, People)

1. PRODUCT

Donat Echo adalah makanan kekinian yang enak dinikmati, terbuat dari bahan berkualitas, dengan coklat premium sebagai topping. Untuk varian topping ada berbagai macam coklat, vanilla, strawberry, dan almond. Donat Echo cocok dimakan sambil nongkrong dengan teman-teman, dan juga bisa sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah, karena bisa bertahan dalam suhu ruangan.

2. PRICE 

Untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp. 2.000/1 pc. Untuk donat dengan rasa premium dengan harga segitu cukup tejangkau. untuk biaya produksi donat yakni Rp. 1.000/1 pc. jadi keuntungan kita dapat Rp. 1.ooo/1 pc.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

3. PLACE

Tempat penjualan Donat Echo nantinya akan ada di sekitar sekolah-sekiolah dan kampus serta di tempat-tempat tongkrongan, karena untuk taget dari penjualan adalah anak-anak dan kalangan muda yang cenderung suka untuk makanan yang manis-manis.

4. PROMOTION

Untuk sektor promosi kita menawarkan langsung donat di tempat-tempat sesuai dengan target kita yaitu sekolah-sekolah dan tempat tongkrongan, dan untuk pembelian 10 Pcs donat mendapat 1 pc donat gratis. 

5. POEPLE

Sebagai pembuat donat kamu sudah berpengalaman dalam pembuatan donat lebih dari 1 tahun, karena pembuatan donat tidak gampang, di sini kami harus memastikan adonan yang terbuat mengembang dengan baik 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun