Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata (Soal 2) Prinsip Pengajaran dan Asesmen II Topik 1

15 Juli 2024   14:04 Diperbarui: 15 Juli 2024   14:09 3703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Soal 2
Dapatkah Anda menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik di dua sekolah tersebut beserta penyesuaian rancangan pembelajaran yang akan Anda susun?

Jawaban:

Catatan: sekolah tempat saya PPl 1 dan PPl 2 sama oleh karena itu karakteristik pserta didik sekolah 1 dan 2 sama.

Aspek yang Diamati: Latar belakang peserta didik

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 1:

  • Seluruh peserta didik merupakan penduduk asli/lokal yang tinggal di zona sekolah SMP Negeri 5 Singaraja.
  • Peserta didik memiliki status sosial ekonomi yang berbeda-beda, dilihat dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan orang tua peserta didik diketahui bahwa rata-rata peserta didik berasal dari status sosial kelas bawah hingga menengah, dengan kondisi ekonomi yang cukup dan baik.
  • Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa rata-rata peserta didik tidak memiliki ruang belajar khusus yang tersedia di rumah, kebutuhan perlengkapan sekolah terpenuhi, dan orang tua memberi fasilita belajar berupa ponsel/smartphone dan buku Pelajaran tambahan.
  • Walaupun kondisi sosial ekonomi peserta didik berbeda-beda, sekolah tetap memberikan seluruh peserta didik hak yang sama dalam mengakses dan memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 2:

  • Seluruh peserta didik merupakan penduduk asli/lokal yang tinggal di zona sekolah SMP Negeri 5 Singaraja.
  • Peserta didik memiliki status sosial ekonomi yang berbeda-beda, dilihat dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan orang tua peserta didik diketahui bahwa rata-rata peserta didik berasal dari status sosial kelas bawah hingga menengah, dengan kondisi ekonomi yang cukup dan baik.
  • Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa rata-rata peserta didik tidak memiliki ruang belajar khusus yang tersedia di rumah, kebutuhan perlengkapan sekolah terpenuhi, dan orang tua memberi fasilita belajar berupa ponsel/smartphone dan buku Pelajaran tambahan.
  • Walaupun kondisi sosial ekonomi peserta didik berbeda-beda, sekolah tetap memberikan seluruh peserta didik hak yang sama dalam mengakses dan memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Rencana Penyesuaian Rancangan Pembelajaran

  • Salah satu strategi yang bisadigunakan adalah  memberikan akses ke dalam kelas fisik, dan memberikan buku-buku untuk belajar offline. Selain itu, untuk mengatasi kendala dalam akses terhadap teknologi, guru bisa menyediakan pembelajaran yang berbasis offline seperti buku-buku atau tayangan video yang dapat di-download dan diputar tanpa koneksi internet. Dalam hal ini, hal ini dapat membantu peserta didik dengan latar belakang sosial ekonomi yang rendah untuk dapat mengakses materi pembelajaran dengan lebih mudah.
  • Selain itu, sebagai guru, kita juga perlu mempertimbangkan strategi yang dapat membantu peserta didik yang berasal dari keluarga dengan latar belakang sosial ekonomi rendah mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk dapat bersaing dengan peserta didik lainnya. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan menyediakan materi yang lebih mendalam, menekankan pada penguasaan konsep dasar, dan membuat kelas yang lebih ramah bagi peserta didik yang kurang mampu.

Aspek yang Diamati: Perkembangan peserta didik

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 1:

  • Dukungan pembelajaran terhadap perkembangan emosi peserta didik sudah bagus dengan menyediakan ruang ekspresi yang variatif seperti pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas atau lapangan, olahraga, kesenian, dan literasi di perpustakaan.
  • Perkembangan sosial sudah sangat bagus. Sikap sosial yang dimiliki oleh peserta didik perlu untuk dipertahankan, sehingga peran guru sangat penting untuk selalu memperhatikan perkembagan sosial yang terjadi pada peserta didik..
  • Perkembangan moral dan spiritual yang diterapkan pada SMPN 5 Singaraja sudah sangat baik.
  • Perkembangan motorik peserta didik sudah baik. Untuk terus mengembangkan kemampuan motorik, siswa perlu berlatih dalam menggambar suatu objek dipapan dan memperbaiki posisi peserta didik saat menulis.

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 2:

  • Dukungan pembelajaran terhadap perkembangan emosi peserta didik sudah bagus dengan menyediakan ruang ekspresi yang variatif seperti pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas atau lapangan, olahraga, kesenian, dan literasi di perpustakaan.
  • Perkembangan sosial sudah sangat bagus. Sikap sosial yang dimiliki oleh peserta didik perlu untuk dipertahankan, sehingga peran guru sangat penting untuk selalu memperhatikan perkembagan sosial yang terjadi pada peserta didik..
  • Perkembangan moral dan spiritual yang diterapkan pada SMPN 5 Singaraja sudah sangat baik.
  • Perkembangan motorik peserta didik sudah baik. Untuk terus mengembangkan kemampuan motorik, siswa perlu berlatih dalam menggambar suatu objek dipapan dan memperbaiki posisi peserta didik saat menulis.

Rencana Penyesuaian Rancangan Pembelajaran

  • Ketika membuat rancangan pembelajaran, juga penting bagi kita untuk mempertimbangkan perkembangan moral peserta didik. Dalam kasus ini, kita dapat menyertakan nilai-nilai moral dalam aktivitas dan cerita yang diberikan, atau menyediakan ruang diskusi untuk membahas nilai-nilai tersebut. Contohnya, kita dapat mengajarkan tentang kejujuran, kerja sama, dan berbicara dengan sopan dan menghindari perilaku yang merugikan orang lain.
  • Integrasi teknologi juga dapat membantu memperkaya rancangan pembelajaran dengan memperkenalkan sisi baru pembelajaran dan bisa menstimulasi hati, pikiran, dan tangan dalam satu waktu. Kita dapat memperkenalkan permainan belajar dan aplikasi pembelajaran untuk anak-anak agar mereka dapat belajar secara interaktif.

Aspek yang Diamati: Kesiapan belajar peserta didik

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 1:

  • Objek yang diobservasi adalah sikap responsif peserta didik pada saat pembelajaran. Kemampuan (akademik) awal setiap peserta didik heterogeny, ada yang memiliki kemampuan awal, ada juga yang tidak.
  • Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga peran guru sangat penting untuk mempertahanakan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Karakteristik Peserta Didik Sekolah 2:

  • Objek yang diobservasi adalah sikap responsif peserta didik pada saat pembelajaran. Kemampuan (akademik) awal setiap peserta didik heterogeny, ada yang memiliki kemampuan awal, ada juga yang tidak.
  • Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga peran guru sangat penting untuk mempertahanakan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Rencana Penyesuaian Rancangan Pembelajaran:

  • Jika peserta didik memiliki kemampuan awal yang beragam dalam suatu topik tertentu, kita dapat menyesuaikan metode pengajaran dan tingkat kesulitan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya, jika beberapa peserta didik sudah memiliki pemahaman yang baik tentang topik tersebut, kita dapat memberikan tugas yang lebih menantang atau memperkenalkan topik yang lebih rumit. Sedangkan peserta didik yang belum memiliki pemahaman yang kuat, maka kita dapat memberikan pengulangan materi atau membawa pemahaman secara berangsur-angsur dengan metode pengajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik tersebut.
  • Penyesuaian rancangan pembelajaran dapat dilakukan dengan memperhatikan motivasi belajar peserta didik. Dalam hal ini, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan, seperti menghadirkan bahan ajar yang menarik, mengajukan pertanyaan yang menantang dan merangsang peserta didik, atau menambahkan elemen permainan dan interaktif untuk menambah motivasi dalam belajar.
  • Mempertimbangkan preferensi belajar masing-masing peserta didik. Misalnya, ada beberapa siswa yang lebih suka belajar secara visual dengan menggunakan gambar atau video, sedangkan ada yang lebih menyukai belajar secara auditori dengan mengikuti suara dan intonasi. Dalam hal ini, kita dapat menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai cara yang dapat menyesuaikan dengan preferensi masing-masing peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun