Mohon tunggu...
Ari Wisnu
Ari Wisnu Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Menulis cuma pelampiasan, tapi itu lebih baik daripada memendam perasaan

Mahasiswa Universitas Malikussaleh Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

PKM Aplikasi Manajen Car Adverting

14 Januari 2021   21:23 Diperbarui: 14 Januari 2021   21:38 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

"JOGJA TRAVELADS"

APLIKASI MANAJEMEN CAR ADVERTISING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA

BIDANG KEGIATAN : PKM KEWIRAUSAHAAN

BAB 1 PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran antara penjual ke pembeli. Periklanan didefinisikan sebagai segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang maupun jasa secara non personal oleh suatu sponsor tertentu yang melibatkan pembayaran (Kotler, 2003). 

Melalui iklan tersebut idealnya penjual atau penyedia jasa dapat memberikan pesan efektif yang menarik perhatian (attention), mengembangkan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire) dan menggerakan tindakan (action) (Johar, 2015). Iklan sangat berpengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen sangat variatif, mulai dari mendorong konsumen untuk mencari produk yang dimaksud sampai dengan mendorong orang yang sebelumnya tidak loyal menjadi loyal (marketing.co.id).

Jenis jenis media dan cara yang digunakan oleh penjual atau pemilik perusahaan dalam periklanan sangat beragam, mulai dari iklan menggunakan media cetak hingga media elektronik. Masifnya pemasangan iklan dengan media elektronik maupun iklan di dunia maya baik di website, media sosial, hingga video iklan tidak lantas membuat iklan konvensional ditinggal begitu saja. Dengan sentuhan teknologi terkini iklan konvensional mulai kembali bergairah seperti tren iklan pada kendaraan atau lebih dikenal car advertising (www.kompas.com). Car advertising yaitu iklan yang menggunakan bodi kendaraan bermotor sebagai media pemasangan iklan.

Car advertising dinilai lebih efektif dibanding dengan iklan luar ruang yang lain. Kategori iklan-iklan luar ruang diantaranya adalah poster, rombong, prismatek, reklame, iklan dalam kendaraan, spanduk, billboard, balon udara, umbul umbul dan lain sebagainya (Wicaksono et al., 2008). Selain mengenai tata kota yang menjadi semrawut karena banyaknya iklan-iklan luar ruang yang terkadang tidak terpasang rapi, masalah yang muncul secara fisik adalah mengenai bahaya pemasangan iklan luar ruang khususnya billboard bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

Pemasangan tiang tiang penyangga besar pada billboard akan memiliki dampak buruk ketika terjadi bencana atau angin kencang yang berpotensi merobohkan billboard-billboard raksasa dan bisa menimpa pengguna jalan serta bangunan-bangunan sekitar. (Wicaksono et al., 2008). Oleh karena itu, car advertising sebagai iklan luar ruang dengan inovasi baru layak dikembangkan demi menjawab kekurangan pada iklan luar ruang jenis lain.

Jumlah kendaraan di Yogjakarta sangat mendukung bagi pengembangan dari car advertising. Jumlah kendaraan bermotor di Yogyakarta terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Menurut Badan Pusat Statistik hingga tahun 2015 jumlah kendaraan di Yogykarta yang terdaftar

  • Mengembangkan performa aplikasi agar makin mudah digunakan.
  • Membina hubungan dengan mitra, agen, pemilik usaha.
  • Memberikan tarif iklan yang bersaing dan termurah.
  • Mengikuti pameran dan seminar.
  • Mengadakan analisis pasar dan pesaing secara berkala
  • Mengadakan   rapat    pengembangan    usaha    secara                        berkala                            dan berkelanjutan.

Analisis Pasar

  • Strength

Dilihat dari aspek strength atau kekuatan, Jogja Travelads memiliki keunggulan diantaranya :

  • Yogyakarta merupakan kota dengan pelaku usaha baik kecil, menengah, hingga besar yang berjumlah banyak.
  • Selain itu, jumlah kendaraan di Jogja juga sangat banyak dengan tingkat mobilitas tinggi.
  • Harga atau tarif pasang iklan yang relatif murah dibanding dengan penyedia jasa iklan lain, juga menjadi kekuatan bagi Jogja Travelads untuk terus berkembang dan menguasai pasar.
  • Car advertising mampu menjawab kekurangan atau kelemahan dari iklan luar ruang lain yang relatif mengganggu tata letak kota dan menimbulkan sampah.

Weakness

Dilihat dari weakness atau kelemahan, ada beberapa kelemahan yaitu :

  • Sudah ada jasa sejenis
  • Pelaku usaha kurang mempercayai jasa Jogja Travelads karena masih baru.

Opportunity

Ditengah sulitnya perekonomian, masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Oleh karena itu, Jogja Travelads dapat menjadi salah satu alternatif solusi tersebut. Sebagai advertisers, masyarakat hanya perlu bermodalkan kendaraan pribadi mereka untuk dipasangi iklan dan kemudian mendapat tambahan penghasilan setiap bulan.

Threat

Ancamn dari usaha yang kami jalankan adalah:

  • Muncul pesaing baru dengan moodal lebih besar
  • Susah mencari pelanggaan yang mau mengiklankan produknya karenna kalah dengan iklan dunia maya.

Perhitungan Ekonomi

Tabel 1. Pendapatan

 

Paket

Biaya Iklan

Jumlah Kendar aan

Jarak Perbula n

Kontr ak Iklan

Poten si Iklan/

Bulan

Pendapatan

Paket

A

Rp2.000.000,

00

10 Unit

2000

Km

1

Bulan

 

2

 

Rp4.000.000,00

Paket

B

Rp5.000.000,

00

10 Unit

5000

Km

1

Bulan

 

2

Rp10.000.000,0

Paket

C

Rp10.000.00

0,00

 

25 Unit

5000

Km

1

Bulan

 

2

Rp20.000.000,0

 

Total Pendapatan

Rp34.000.000,0

Tabel 2. Pengeluaran

 

Penge luaran

Gaji Advertiser

Total Kenda raan

Jarak

Biaya Habis Pakai

Poten si Iklan/

Bulan

Total

Paket

A

Rp50,00/km

10

unit

2000

km

Rp70.000,00/

kendaraan

2

Rp3.400.000,

00

Paket

B

Rp50,00/km

10

unit

2000

km

Rp70.000,00/

kendaraan

2

Rp6.400.000,

00

Paket

C

Rp65,00/km

25

unit

5000

km

Rp70.000,00/

kendaraan

2

Rp17.650.00

0,00

Total Pengeluaran

Rp27.450.00

0,00

Potensi keuntungan manajemen jika dalam sebulan bisa mendapatkan 2 iklan untuk setiap paketnya yaitu :

Keuntungan    = pendapatan -- pengeluaran

= Rp 34.000.000,00 -- Rp 27.000.000,00

= Rp 6.500.000,00

BAB 3

METODE PELAKSANAAN

 

Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Modem
  • Fire Base

Proses Pembuatan

Proses pembuatan aplikasi travelads menggunakan Metode pengembangan RUP (Rational Unit Process). Alasan penggunaan RUP karena tahapan pada metode tersebut dilakukan secara iteratif dan incremental, sehingga lebih fleksibel dalam menyelesaikan permasalahan yang bersifat kompleks. Metode ini meliputi 4 tahapan, yaitu Inception, Elaboration, Construction dan Trasition.

Inception

Pada tahap ini dilakukan pemodelan bisnis proses yang didapat dari proses pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Tahap ini dilakukan dengan menganalisa hasil observasi dan sumber literatur yang terpacaya, agar menghasilkan informasi dan solusi nyata dari permasalahan yang ada. Selain itu pada tahap ini perlu adanya analisa tentang biaya, waktu, kebutuhan dan resiko yang akan dihadapi.

Elaboration

Tahap Elaboration meliputi analisa dan desain sistem berdasarkan data yang telah diperoleh. Berfokus pada perencanaan implementasi sistem.

Construction

Tahap Construction merupakan tahap pembuatan sistem atau coding dalam konteks pengembangan perangkat lunak. Berfokus pada implementasi dan pengujian fitur-fitur sistem.

Transition

Merupakan tahap deployment yang bertujuan agar sistem dapat digunakan oleh pengguna. Meliputi instalasi, pengujian sistem oleh user dan pemeliharaan sistem.

Kelebihan dari penggunaan metode ini adalah Sistem dapat diperbaiki seiring dengan ditemukannya kesalahan atau permasalahan (karena bersifat iteratif) yang tidak dapat dianalisa pada awal pengerjaan sistem. Sehingga menghasilkan arsitektur sistem yang berkualitas.

Proses Pemasaran

  • Segmentasi pasar

Travelads menargetkan orang-orang remaja hingga dewasa dalam segmen pasarnya sebagai pihak yang bersedia kendaraannya dipasang iklan. Dan travelads menargetkan usaha kecil menengah hingga perusahaan besar sebagai penyedia iklan.

Tarif

Tabel 3. Biaya Pemasangan Iklan

 

Paket

Paket A

Paket B

Paket C

Biaya Iklan

Rp. 2.000.000,00

Rp.

5.000.000,00

Rp.

10.000.000,00

Jumlah

kendaran

10 Unit

10 Unit

25 Unit

Minimum Jarak

perbulan

2000 Km

5000 Km

5000 Km

Kontrak Iklan

1 Bulan

1 Bulan

1 Bulan

Tabel 4. Pendapatan pemasang iklan

 

Paket

Paket A

Paket B

Paket C

Pendapatan

Rp. 50,00 /Km

Rp. 50,00 /Km

Rp. 65,00/Km

Bonus untuk daerah padat

penduduk

Rp. 15,00/Km

Rp. 15,00/Km

Rp. 15,00/Km

Maksmal Jarak

Perbulan

2000 Km

5000 Km

5000 Km

  • Lokasi

Lokasi kantor untuk pemasangan iklan terdapat di daerah Gg. Mulia 2, plemburan, ngaglik sleman. Lokasi usaha merupakan tempat yang strategis sehingga diharapkan dapat memperlancar usaha dan pemasaran

BAB 4

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

 

Anggaran Biaya

Penggunaan   anggaran   yang   dibutuhkan   untuk   penelitian  ini  sebesar   Rp 11.317.600,00 

Tabel 5. Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K

 

No.

Jenis Pengeluaran

Biaya

1.

Peralatan penunjang

Rp

5.725.400,00

2.

Bahan habis pakai

Rp

4.338.200,00

3.

Perjalanan untuk membeli bahan

Rp

500.000,00

4.

Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar,

laporan,

Rp

754.000,00

Jumlah

Rp

11.317.600,00

Jadwal Kegiatan

Tabel 6. Jadwal Rencana Kegiatan

 

 

No

 

Jenis Kegiatan

Bulan

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

Perencanaan kegiatan

2

Tahap Persiapan

Aplikasi

3.

Promosi dan

Pencarian Pelanggan

4.

Pelayanan Jasa

8.

Evaluasi program

9.

Penyusunan Laporan

 

 

Material

Justifikasi Pemakaian

Kuanti tas

Harga Satuan (Rp)

 

Jumlah (Rp)

Dokumentasi

Foto kegiatan

dan sarana promosi

-

-

254.000,00

Kesekertariata n

Pembuatan proposal dan penyusunan laporan

-

-

200.000,00

Publikasi online dan offline

Promosi dan Pemasaran

-

-

300.000,00

SUB TOTAL (Rp)

754.000,00

Total (Keseluruhan)

Rp11.317.600,00

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun