Lokasi Pengambilan Data adalah di SMKN Gudo Jombang
SITUASIÂ
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu
Latar belakang yang menjadi masalah adalah rendahnya minat belajar dan siswa kurang percaya diri dalam menggambar proporsi tubuh wanita dewasa
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada materi menggambar proporsi tubuh wanita dewasa dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?
Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru,tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan  pembelajaran sesuai
dengan perangkat yang telah dibuat.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Dari  hasil  analisis  wawancara  dan  literatur  yang dilakukan, penyebab dari rendahnya minat belajar peserta  didik  dalam  pembelajran  dasar desain  dengan menggunakan model pembelajran Project based Learning (PjBL) antara lain :
1. Konsentrasi belajar peserta didik pada pembelajaran menggambar proporsi tubuh kurang
2. Siswa merasa keulitan menghitung letak dan lebar titik tubuh
3. Siswa tidak percaya diri dengan hasil pekerjaan mereka.
4. Siswa tidak mempunyai hasrat untuk menggali potensi diri dan mendapat nilai yang baik dalam pelajaran dasar desain
5. Metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat
6. Model pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan membosankan
7. Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi
Dari penyebab di atas, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :
1. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran
2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
3. Guru harus bisa mengkondisikan peserta didik supaya fokus dalam mengikuti pembelajaran dengan baik
4. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik
Dilihat dari tantangan tersebut bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi yaitu terkait kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi yang melibatkan guru dari sisi pedagogik dan peofesional, sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar, minat belajar dan fokus peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?
Melakukan kordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.
Strategi apa yang digunakan ?
A. METODE PEMBELAJARAN
1.  Pendekatan   : Saintifik
2.  Model       : Project Based Learning
3.  Metode      :Ceramah,diskusi,tanya
jawab,demonstrasi
B. MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.  Media       : Laptop, LCD, Video pembelajaran
Menggambar proporsi tubuh, marker proporsi tubuh, video motivasi yaitu tentang seorang desainer yang menggambar proporsi dan ilustrasi busana
2.  Alat         : peralatan menulis dan buku gambar
3. Sumber belajar : Buku Dasar desain semester ganjil
bahan ajar dan video
C. MATERI PEMBELAJARAN
Tahapan pembuatan proporsi tubuh waita dewasa
Alat dan bahan dalam membuat desain proporsi tubuh wanita dewasa
Pembuatan proporsi tubuh waita dewasa Gerakan dasar senam lantai guling depan / roll
depan
4. Tujuan membuat proporsi tiubuh
5. Rangkuman
D. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap
Penilaian  sikap  dilakukan  melaui  pengamatan
terhadap keaktifan dalam proses pembelajaran
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1. Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
2. Tes Lisan
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian: Tes praktik peserta didik.
Bagaimana prosesnya ?
Pendahuluan
1. Melakukan salam pembuka dan berdoa bersama untuk
memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik
3. Mengaitkan materi pembelajaran materi sebelumnya yaitu proporsi tubuh anak yang telah dipelajari peserta didik serta memberikan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
4. Â Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas, memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, KKM dan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dan menjelaskan mekanisme langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Guru   menayangkan   video   motivasi  dan video pembelajran tentang desainer yang sedang menggambar proporsi tubuh
2. Â Mendesain perencanaan Proyek
Peserta didik berkelompok dengan kelompoknya dan guru membagikan LKPD yang berisikan tentang masalah yang akan didiskusikan
3. Â Menyusun Jadwal
Peserta didik bersama guru menyusun jadwal beserta kesepakatan dalam proses pembelajaran (penentuan waktu saat diskusi, kesepakatan jika tidak selesai tepat waktu, dll)
4. Memonitor Siswa dan Progres dari proyeknya
Guru melakukan monitoring dan pembimbingan terhadap diskusi yang dilakukan oleh siswa
5. Â Menguji Hasil
Peserta didik melaksanakan kegiatan presentasi dari hasil diskusi masalah yang telah mereka kerjakan
6. Evaluasi Pengalaman
Peserta didik bersama guru mengevaluasi hasil dari presentasi
Kegiatan Penutup
1. Kesimpulan Hasil Belajar
Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil belajar yang sudah dilaksanakan
2. Rencana Tindak lanjut dan do’a penutup
3. Do’a dan Salam Penutup
Siapa saja yang terlibat ?
Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru, peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video.
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?
Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
- Fasilitas yang ada disekolah seperti ruang kelas, lcd,layar.
- Kamera, tripod.
- Kameramen.
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut :
- Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penilaian sikap peserta didik yang mana rata-rata nilai sikap disiplin adalah 78, rata-rata nilai sikap tanggung jawab 85, serta rata-rata nilai sikap kerja sama 82. Peserta didik secara berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik.
- Hasil nilai praktek menggambar proporsi tubuh wanita juga terlihat bahwa peserta didik mampu memperoleh nilai tertinggi 90 serta nilai terendah 80.
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
- Respon dari peserta didik : Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran karena mereka bisa menyaksikan video pembelajaran sebelum melakukan praktek sehingga pada saat praktek tujuan pembelajaran dapat dicapai.
- Respon dari rekan guru : Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan pembelajran yang diberikan kepada peserta didik.
- Respon dari kepala sekolah : selaku pimpinan dilembaga tempat saya mengajar kepala sekolah sangat mendukung dengan langkah-langkah serta strategi yang saya pakai,beliau berharap agar kami para guru terus berinovasi dalam meyajikan materi kepada peserta didik.
Apa   yang   menjadi    faktor   keberhasilan    atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan?
Secara garis besar kegitan aksi ini berhasil adapun faktor- faktor penyebabanya adalah :
- Perencanaan yang terukur
- Perangkat pembelajaran yang lengkap
- Fasilitas yang ada disekolah cukup memadai
- Dukungan dari rekan-rekan guru dan kepala sekolah
- Kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik
Ada beberapa kekurangan antar lain :
- Pengelolaan waktu terutama saat presentasi perlu ditingkatkan karena yang direncanakan dalam RPP kegiatan pendahuluan 20 menit, namun saat pembelajaran mengahabiskan waktu hampir 25menit.
- Pengelolaan kelas perlu ditingkatkan sehingga suasana pembelajaran tetap kondusif baik saat bekerja dalam kelompok maupun saat kegiatan presentasi
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?Â
Untuk mencapai tujuan penbelajaran yang baik maka perlu dilakukan analisis permasalahan  yang   dialami oleh siswa,menganalis sousi,membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan sesuai dengan perencanaan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H