Mohon tunggu...
Arini NurAini
Arini NurAini Mohon Tunggu... Guru - guru

guru tata busana dan seorang buaga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

15 Desember 2022   18:53 Diperbarui: 15 Desember 2022   19:03 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi Pengambilan Data adalah di SMKN Gudo Jombang

SITUASI 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu

Latar belakang yang menjadi masalah adalah rendahnya minat belajar dan siswa kurang percaya diri dalam menggambar proporsi tubuh wanita dewasa

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada materi menggambar proporsi tubuh wanita dewasa dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru,tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan  pembelajaran sesuai

dengan perangkat yang telah dibuat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Dari  hasil  analisis  wawancara  dan  literatur  yang dilakukan, penyebab dari rendahnya minat belajar peserta  didik  dalam  pembelajran  dasar desain  dengan menggunakan model pembelajran Project based Learning (PjBL) antara lain :

1. Konsentrasi belajar peserta didik pada pembelajaran menggambar proporsi tubuh kurang

2. Siswa merasa keulitan menghitung letak dan lebar titik tubuh

3. Siswa tidak percaya diri dengan hasil pekerjaan mereka.

4. Siswa tidak mempunyai hasrat untuk menggali potensi diri dan mendapat nilai yang baik dalam pelajaran dasar desain

5. Metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat

6. Model pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan membosankan

7. Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi

Dari penyebab di atas, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :

1. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran

2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran

3. Guru harus bisa mengkondisikan peserta didik supaya fokus dalam mengikuti pembelajaran dengan baik

4. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik

Dilihat dari tantangan tersebut bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi yaitu terkait kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi yang melibatkan guru dari sisi pedagogik dan peofesional, sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar, minat belajar dan fokus peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?

Melakukan kordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.

Strategi apa yang digunakan ?

A. METODE PEMBELAJARAN

1.   Pendekatan     : Saintifik

2.   Model             : Project Based Learning

3.   Metode           :Ceramah,diskusi,tanya

jawab,demonstrasi

B. MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.   Media             : Laptop, LCD, Video pembelajaran

Menggambar proporsi tubuh, marker proporsi tubuh, video motivasi yaitu tentang seorang desainer yang menggambar proporsi dan ilustrasi busana

2.   Alat                : peralatan menulis dan buku gambar

3. Sumber belajar : Buku Dasar desain semester ganjil

bahan ajar dan video

C. MATERI PEMBELAJARAN

Tahapan pembuatan proporsi tubuh waita dewasa

Alat dan bahan dalam membuat desain proporsi tubuh wanita dewasa

Pembuatan proporsi tubuh waita dewasa Gerakan dasar senam lantai guling depan / roll

depan

4. Tujuan membuat proporsi tiubuh

5. Rangkuman

D. PENILAIAN PEMBELAJARAN

Teknik Penilaian

a. Penilaian Sikap

Penilaian   sikap   dilakukan   melaui   pengamatan

terhadap keaktifan dalam proses pembelajaran

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1. Tes Tertulis

a) Pilihan ganda

2. Tes Lisan

c. Penilaian Kompetensi Keterampilan

Teknik penilaian: Tes praktik peserta didik.

Bagaimana prosesnya ?

Pendahuluan

1. Melakukan salam pembuka dan berdoa bersama untuk

memulai pembelajaran

2. Memeriksa kehadiran peserta didik

Dokpri
Dokpri

3. Mengaitkan materi pembelajaran materi sebelumnya yaitu proporsi tubuh anak yang telah dipelajari peserta didik serta memberikan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Dokpri
Dokpri

4.  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas, memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, KKM dan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dan menjelaskan mekanisme langkah-langkah pembelajaran

Dokpri
Dokpri

Kegiatan Inti

1. Guru    menayangkan    video    motivasi  dan video pembelajran tentang desainer yang sedang menggambar proporsi tubuh

Dokpri
Dokpri

2.  Mendesain perencanaan Proyek

Peserta didik berkelompok dengan kelompoknya dan guru membagikan LKPD yang berisikan tentang masalah yang akan didiskusikan

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

3.  Menyusun Jadwal

Peserta didik bersama guru menyusun jadwal beserta kesepakatan dalam proses pembelajaran (penentuan waktu saat diskusi, kesepakatan jika tidak selesai tepat waktu, dll)

Dokpri
Dokpri

4. Memonitor Siswa dan Progres dari proyeknya

Guru melakukan monitoring dan pembimbingan terhadap diskusi yang dilakukan oleh siswa

Dokpri
Dokpri

5.  Menguji Hasil

Peserta didik melaksanakan kegiatan presentasi dari hasil diskusi masalah yang telah mereka kerjakan

Dokpri
Dokpri

6. Evaluasi Pengalaman

Peserta didik bersama guru mengevaluasi hasil dari presentasi

Dokpri
Dokpri

Kegiatan Penutup

1. Kesimpulan Hasil Belajar

Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil belajar yang sudah dilaksanakan

Dokpri
Dokpri

2. Rencana Tindak lanjut dan do’a penutup

Dokpri
Dokpri

3. Do’a dan Salam Penutup

Dokpri
Dokpri

Siapa saja yang terlibat ?

Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru, peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Fasilitas yang ada disekolah seperti ruang kelas, lcd,layar.
  • Kamera, tripod.
  • Kameramen.

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut :

  • Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penilaian sikap peserta didik yang mana rata-rata nilai sikap disiplin adalah 78, rata-rata nilai sikap tanggung jawab 85, serta rata-rata nilai sikap kerja sama 82. Peserta didik secara berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik.
  • Hasil nilai praktek menggambar proporsi tubuh wanita juga terlihat bahwa peserta didik mampu memperoleh nilai tertinggi 90 serta nilai terendah 80.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

  • Respon dari peserta didik : Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran karena mereka bisa menyaksikan video pembelajaran sebelum melakukan praktek sehingga pada saat praktek tujuan pembelajaran dapat dicapai.
  • Respon dari rekan guru : Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan pembelajran yang diberikan kepada peserta didik.
  • Respon dari kepala sekolah : selaku pimpinan dilembaga tempat saya mengajar kepala sekolah sangat mendukung dengan langkah-langkah serta strategi yang saya pakai,beliau berharap agar kami para guru terus berinovasi dalam meyajikan materi kepada peserta didik.

Apa     yang     menjadi      faktor     keberhasilan      atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan?

Secara garis besar kegitan aksi ini berhasil adapun faktor- faktor penyebabanya adalah :

  • Perencanaan yang terukur
  • Perangkat pembelajaran yang lengkap
  • Fasilitas yang ada disekolah cukup memadai
  • Dukungan dari rekan-rekan guru dan kepala sekolah
  • Kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik

Ada beberapa kekurangan antar lain :

- Pengelolaan waktu terutama saat presentasi perlu ditingkatkan karena yang direncanakan dalam RPP kegiatan pendahuluan 20 menit, namun saat pembelajaran mengahabiskan waktu hampir 25menit.
- Pengelolaan kelas perlu ditingkatkan sehingga suasana pembelajaran tetap kondusif baik saat bekerja dalam kelompok maupun saat kegiatan presentasi

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ? 

Untuk mencapai tujuan penbelajaran yang baik maka perlu dilakukan analisis permasalahan   yang    dialami oleh siswa,menganalis sousi,membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan sesuai dengan perencanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun