Mohon tunggu...
Arif Yudistira
Arif Yudistira Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Suka Ngopi, dan jalan-jalan heppy.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan Dasar dan Pengajaran Literasi Anak

13 Mei 2023   22:35 Diperbarui: 13 Mei 2023   22:38 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Anak-anak memiliki kemampuan menyerap yang sangat menakjubkan. Montessori tokoh pendidikan Itali meneliti tidak hanya pada aspek bahasa, anak-anak amat cepat belajar dari lingkungannya dan dari cara kecenderungan mereka dalam mempelajari banyak hal. Ki Hajar Dewantara mengadopsi pemikiran Montessori dengan mengatakan bahwa pendidikan itu memerdekakan jiwa anak. Guru adalah pamong yang menuntun dan membimbing anak kepada jiwa anak yang merdeka dalam belajar. Itulah mengapa tempat pendidikan Ki Hajar disebut "Taman" artinya tempat yang menyenangkan.

Pendidikan anak di usia dasar adalah pintu masuk pertama kali dalam pendidikan di Indonesia. Ketika di usia dasar anak mendapati kesan yang menyenangkan, ia akan melalui fase belajar berikutnya dengan kegembiraan. Sebaliknya, bila anak melewati pendidikan di usia dasar dengan penuh beban dan juga kurang percaya diri, ini menjadi sebab yang akan mempengaruhi proses belajar di fase selanjutnya.

Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim kembali membuat gerakan yang berani dengan membuat kebijakan menghapus tes calistung sebagai syarat masuk PAUD maupun SD. Kebijakan ini dilandasi pada kegelisahan Nadiem melihat anak harus dibebani calistung dan strategi yang melenceng tentang pengajaran calistung di usia dasar. 

Anak-anak selama ini menjadi tidak percaya diri dan terkena tekanan mental saat mereka tidak bisa membaca dan gagal masuk PAUD dan SD. Gagalnya anak masuk SD karena belum bisa calistung ini membuat anak tertekan dan merasa minder. Padahal sejatinya usia sekolah dasar tidak boleh menekankan paradigma pembelajaran yang intelektualistik.


Paradigma Belajar Usia Dasar

Nadiem menyinggung bahwa anak-anak di usia dasar semestinya ditanamkan enam kemampuan yang menjadi fondasi anak di usia dasar. Pertama, pemahaman agama dan budi pekerti. Kedua, keterampilan sosial dan kemampuan bahasa. Ketiga, kematangan emosi dan literasi dasar. Keempat, kemampuan motorik dasar dan perawatan diri. Kelima, pengembangan keterampilan dan terakhir pemaknaan belajar yang positif.

Tes masuk sekolah dengan calistung jelas menutup pintu anak untuk mendapatkan hak dalam pendidikan dasar. Anak yang gagal dalam calistung dianggap kurang mampu dan tidak layak masuk sekolah favorit mereka. Tes calistung ini juga menjadikan sekolah menjadi terkastanisasi secara sistemik sejak dini.

Sekolah dasar dan usia dini yang menerapkan tes calistung sebagai syarat masuk seolah melempar tanggungjawab dan proses edukasi kepada sekolah lain. Pembelajaran SD yang sarat dan penuh dengan materi yang membebani anak sudah saatnya perlu dievaluasi dan ditinjau kembali.


Metode Didaktik

Metode belajar usia dasar yang penuh permainan, mengasah fisik, serta kepekaan anak terhadap lingkungannya jauh lebih penting ketimbang memaksakan anak harus menguasai calistung terlebih dahulu.

Metode pengajaran di usia dasar yang mengacu pada buku membuat guru menjadi kurang kreatif, terpaku pada buku dan tidak melihat aspek psikologi anak.

Anak di usia dasar harus diajak belajar dengan tetap melibatkan motorik mereka dan juga tubuh mereka untuk bergerak. Anak-anak perlu diajak menari, menyanyi, menyimak dongeng dan cerita yang merangsang pikiran mereka terus hidup dan kritis.

Pelajaran calistung yang dikemas menyenangkan akan berkesan akan membekas di hati anak. Sebaliknya pembelajaran calistung yang monoton dan membosankan akan selalu membekas dalam memori buruk mereka.

Ki Hajar sebenarnya sudah memiliki metode sariswara yang memadukan musik, nyanyian atau lagu dan cerita. Dengan lagu dan dongeng anak-anak bisa diajak untuk aktif, baik fisik maupun pikiran mereka sehingga pelajaran yang diberikan kepada mereka pun berkesan dan membekas di hati.

Kebijakan Kemenristekdikbud menghapus tes calistung di usia dasar harus dikawal. Jangan sampai sekolah memupus harapan dan pintu masuk anak-anak untuk belajar melalui tes calistung.

Sekolah yang masih menerapkan tes calistung harus segera berbenah dan merevitalisasi diri agar pendidikan yang ramah anak, menyenangkan dan melapangkan hati anak bisa terwujud dengan membebaskan anak dari tes calistung yang memupus kepercayaan diri mereka.

Pendidikan, pengajaran dan literasi anak di usia dasar harus menjadi ruang bermain dan ruang ekspresi yang positif di sekolah. Sekolah harus menjadi rumah yang menyenangkan bagi anak tanpa beban kognitif yang berat. Metode didaktik yang salah pada pola pembelajaran calistung pada anak usia dasar hanya akan menghambat perkembangan belajar anak serta mengecilkan mentalitasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun