Mohon tunggu...
ARIF BACHTIAR
ARIF BACHTIAR Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Kesempatan tidak datang dua kali, kesempatan hanya datang kepada orang yang tidak berhenti untuk mencoba

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar STIAMAK (M Riski Arif B)

25 Oktober 2020   08:18 Diperbarui: 25 Oktober 2020   12:55 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : www.stiamak.ac.id

Resume Webinar STIAMAK
21-22 September 2020

DALAM RANGKA ORIENTASI KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU STIAMAK
TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Oleh:
M. RISKI ARIF B.

Pelabuhan (port) dan  Terminal

Undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran an menyatakan bahwa pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari atas daratan dan atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan  pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat  kapal bersandar, naik turun penumpang dan atau bongkar muat barang yang, berupa Terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran  kegiatan penunjang pelabuhan sebagai tempat perpindahan Intra dan antar moda transportasi
kepelabuhanan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi pelabuhan  untuk menunjang kelancaran keamanan dan ketertiban arus lalu lintas kapal, baik kapal penumpang maupun kapal barang.

Peran Pelabuhan adalah Pelabuhan sebagai subsistem terhadap pelayaran ( ship  Follow the trade) sehingga Pelabuhan menjadi salah satu unsur penentu terhadap aktivitas perdagangan. Pelabuhan dikelola secara efisien akan mendorong kemajuan perdagangan, bahkan industri di daerah belakang yang akan melaju dengan sendirinya

Fungsi Pelabuhan

-Link yaitu sebagai mata rantai yang menjadi penghubung rangkaian transportasi
-Interface dia itu barang muatan yang diangkat via Maritime Transport
-Industrial entity yaitu pelabuhan yang diselenggarakan secara baik akan bertumbuh dan menyuburkan bidang usaha lain

-Gateway yaitu sebagai pintu masuk atau gerbang

Macam Pelabuhan

- Segi penyelenggaraan
- Segi pengusahaannya
- Fungsi dalam perdagangan nasional dan internasional
- Segi kegunaan
- Letak  geografisnya

Macam Pelabuhan ditinjau dari segi penyelenggaraannya

- Pelabuhan umum  yaitu diselenggarakan untuk kepentingan umum
-Pelabuhan khusus  yaitu Pelabuhan ini diselenggarakan untuk kepentingan sendiri

Macam Pelabuhan ditinjau dari segi pengusahaannya

-Pelabuhan yang diusahakan yaitu tu pelabuhan yang disengaja diusahakan an-nu'man berikan fasilitas yang diperlukan oleh kapal yang memasuki pelabuhan untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dan lain-lain
-Pelabuhan yang tidak diusahakan yaitu tu tu hanya untuk bersinggah kapal tanpa fasilitas bongkar muat

Fungsi perdagangan nasional dan internasional

-Pelabuhan laut  yaitu pelabuhan yang melayani angkutan laut dan angkutan penyeberangan
-Pelabuhan sungai dan danau.

Hierarki pelabuhan

1. Pelabuhan utama
2. Pelabuhan pengumpul
3. Pelabuhan pengumpan regional dan pengumpan lokal Al

Macam Pelabuhan ditinjau dari segi penggunaannya

1.  Pelabuhan ikan  yaitu pelabuhan ikan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan penangkapan ikan
2. Pelabuhan minyak  yaitu  pelabuhan minyak yang biasanya tidak memerlukan Dermaga atau pangkalan yang harus dapat menahan muatan vertikal yang besar
3.  Pelabuhan barang  yaitu pelabuhan yang terjadi perpindahan moda  transportasi yaitu dari angkatan laut ke angkatan darat dan sebaliknya

Fasilitas Pokok Pelabuhan

1. Alur pelayaran
2. Kolam pelabuhan
3. Penahan gelombang
4. Dermaga
5. Fender dan alat penambat

Kecenderungan aktivitas ekonomi terhadap sebagai berikut :

- Sharing Economy misal traveling menggunakan aplikasi penyedia layanan travel
- e-Education yaitu memperoleh ilmu pengetahuan dengan media elektronik
- e-Goverenment 

-Cloud Collaborative

- Marketplace
- Online Health Services
- smart manufacturing
- smart city
- smart appliances

Arah pengembangan perusahaan ke depan

Struktur lama/tradisional memiliki beberapa struktur yaitu :
1.Manajemen Puncak dengan stratifikasi yg paling tinggi
2.Manajemen Tengah
3.Karyawan

Struktur Baru

1.Manajemen Puncak dengan Stratifikasi yg paling tinggi
2.Implementers
3.Operators

Industri 0.4 memiliki beberapa ciri :

1.Otomatisasi diganti dengan robot
2.Printer 3 dimensi
3.Internet untuk segala hal (loT)
4.Data segala hal (data of things)

Optimisme Pendidikan Dunia dan Karir Bisnis Maritim Pasca Covid-19

sumber : www.stiamak.ac.id
sumber : www.stiamak.ac.id

Menurut bapak menteri pendidikan bahwa gelar tidak menjamin kompetensi yg dibutuhkan perusahaan karena gelar hanya legalitas bahwa orang pernah menempuh pendidikan, kompetensi yg dibutuhkan oleh perusahaan selain kemampuan akademik yaitu kompetensi sikap dan perilaku yg baik.
Terkait dengan ini,  kompetensi akademik memiliki peran penting  untuk menghadapi era transformasi digital ini.
Transformasi digital  mengguncang dunia dan membawa pada revolusi industri ke-4.

Berikut macam-macam transformasi digital berdasarkan arah perkembangannya :

-Revolusi Industri 1 atau yang bisa disebut Mekanisme, revolusi ini terjadi pada abad ke-18. Contoh : mesin uap menggerakkan industri.
-Revolusi Industri 2 / Elektrifikasi, revolusi ini terjadi pada abad  ke-19. Contoh : Tenaga listrik mengubah industri.
-Revolusi Industri 3 / Otomasi, revolusi ini terjadi pada abad ke-20. Contoh : Komputasi dan komunikasi.
-Revolusi Industri 4 / Otonomi, revolusi ini terjadi pada abad ke-21. Contoh : Sistem cerdas ai, loT, BigData, etc.

Dalam memasuki era ini diperlukan education 4.0 fit for industry 4.0 dengan langkah Agile Learns yaitu :

-Flexibel/Fleksibel dengan arti mahasiswa dapat mengerjakan apapun dengan baik
-Adaptive/Adaptif dengan arti Mahasiswa dapat menyesuaikan diri dimanapun tempatnya
-Self Direct dengan arti mahasiswa wa sendiri yang menentukan pilihannya mengenai proses pembelajaran serta perkuliahan dengan bimbingan dosen pembimbing
-Creative/Kreatif Dengan arti mahasiswa Harus Memiliki  kreativitas,inovasi dan penyampaian dari buah pikiran
- Character/Karakter dengan arti mahasiswa harus memiliki karakter yang baik jujur dan adil

-Complexproblem solver dengan arti mahasiswa harus menjadi bagian dari solusi untuk memecahkan masalah

Di era yg serba Digital ini perlu dibutuhkannya New Skill atau kemampuan baru yaitu Learning Skill, Literacy Skill dan Life Skill

1. Learning Skill adalah proses belajar untuk memperoleh kemampuan baru baik secara Kualitatif maupun kuantitatif. Adapun yg harus kita miliki dalam mengembangkan learning skill yaitu :
-Critical Thinking, kita harus bersikap kritis dalam menghadapi apapun khususnya pada dunia digital. misalnya : lebih pandai menyaring berita dari sosial media agar terhindar dari berita hoax.
-Creative/Kreatif, harus memiliki kemampuan pengembangan dari dalam diri dan memiliki semangat untuk menghadapi era transformasi digital ini.
-Collaboratioan, dapat bekerja dengan siapa saja secara tim agar dapat mempermudah dan menambah kemampuan dalam proses Learning Skill
-Character, memiliki sifat jujur,adil dan rendah hati


2. Literacy Skill adalah proses untuk mendapatkan banyak referensi dalam mengembangkan kemampuan ketrampilan diera digital. ada beberapa manfaat dari Literacy Skill ini yaitu Kita akan memperoleh informasi yg lebih banyak yg dapat dijadikan referensi didalam dunia karier, dapat memperoleh dengan mudah melalui media yg sangat cepat berkembang
yg tentunya sangat diperlukan didalam didunia karier serta akan lebih mudah dalam mengoperasikan teknologi.


3. Life Skill adalah Keterampilan dalam kehidupan meliputi flexibility leadership productivity sosial.
Mari mengkonstruksikan pengetahuanan, Jangan terpaku teori. Seiring berkembangnya teknologi banyak para oknum yg melakukan framing. Framing adalah membingkai sebuah peristiwa, atau dengan kata lain framing digunakan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita.


Framming menurut opini saya sendiri, kegiatan mengambil suatu moment/peristiwa tertentu untuk memperoleh perhatian dari publik tanpa perlu mengetahui kejelasan fakta dari peristiwa tersebut.Oleh sebab itu diperlukannya sikap kritis dalam bertindak.
Optimisme pendidikan Bisnis maritim PT Pelindo 3 memiliki visi misi dan budaya, yaitu : Visi Penekanan dalam menjadikan Pelindo 3 menjadi Smart operator internasional, Misi  menciptakan nilai tambah berkelanjutan, memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan, menciptakan solusi bisnis yang cerdas dan membangun dan memperluas jaringan bisnis domestik maupun Ocean.
Segmen bisnis  PT Pelindo 3

 Jasa kepelabuhanan meliputi Jasa kapal, jasa barang, jasa penumpang

-Jasa Kapal meliputi Jasa Pandu, Jasa Tunda, Jasa Kepil dan Jasa Tambat
-Jasa Barang meliputi Jasa Dermaga, Jasa Penumpukan (gudang), Bongkar Maut, Car Terminal dan Ro-Ro
-Jasa Penumpang  meliputi Pas Penumpang dan Barang Bawaan Penumpang

Jasa Terkait kepelabuhanan Depo Petikemas, pengisian air tawar dan minyak dan sebagainya.

Dampak Covid-19 terhadap pariwisata terkait kepelabuhanan

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang  terjadi di memberikan dampak yang cukup besar dalam segala aspek termasuk kepelabuhanan, berikut dampak dari covid-19 terhadap Kepelabuhanan .
1.Pembatalan kunjungan kapal cruise sebesar 117 unit sampai dari Juni 2020 terealisasi 23 dari 68 unit kunjungan kapal
2.Penurunan kunjungan kapal peti kemas luar negeri sebesar 15%
3.Penurunan arus penumpang sebesar 38% disebabkan oleh pemberlakuan psbb dan larangan mudik Idul Fitri 2020
Inovasi Bidang Maritim dan Komersial

Windows Conectivity

-Program kepastian waktu sandar dan ketersediaan tambatan antar Pelabuhan dalam rute tertentu pada shipping line peti kemas untuk peningkatan kinerja dan produksi
-Program ini mempersingkat waktu Turn Round  Voyage  (TRV) sehingga memberikan Efisiensi sebesar 28% sampai 33% untuk pelayanan

Term of Payment

-Pemberian Jangka waktu pembayaran kapal dan bongkar muat untuk pengguna jasa peti kemas selama 30 hari
-Pelindo 3 bekerjasama dengan bank untuk fasilitas pembayaran kapal

SSm dan Joint Inspection

-PPJK cukup akses satu portal INSW
-Form perizinan lebih simpel dengan tetap mengakomodir dari data bea cukai
-Terminal Petikemas cukup integritas dengan INSW untuk mendapatkan notifikasi dari Kementerian dan Lembaga
-Efesiensi sebesar 38% - 49%

Tol Laut

Memberikan Keringanan diskon tarif atas jasa Dermaga penumpukan sebesar 50% dan stevedoring dari tarif yang berlaku dengan biaya TKBM meliputi perusahaan bongkar muat.
Perbedaan Lulusan Perguruan Tinggi dengan Keluhan Tenaga Kerja, Lulusan Perguruan Tinggi umunya kurang mengahadapi tekanan pekerjaan dan dapat bekerja sama dengan tim sedangkan Keluhan Tenaga Kerja kurang dapat berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik dan serta kurang inisiatif dan mudah bosan. Dalam perguruan tinggi selain mendapatkan ilmu akademik mahasiswa disarankan untuk mengikuti berbagai organisasi guna mendapatkan soft skill.

Hard Skill adalah Ilmu yg diperoleh dari proses perkuliahan secara akademik sedangkan Soft Skill Ilmu yg diperoleh secara tidak langsung dari kegiatan berorganisasi seperti BEM, UKM dll. karena hal itu keduanya berhubungan hard skill untuk memperoleh teori-teorinya sedangkan soft skill secara tidak langsung mempraktekkan apa yg telah diperloeh dari proses berlangsungnnya pembelajaran akademik, akan tetapi perbandingan antara Soft Skill dan Hard Skill adalah 80% dan 20% karena dengan memperoleh soft skill selain mendapatkan ilmu mahasiswa juga mendapatkan pengalaman yg cukup untuk terjun kedunia karier.Kontribusi soft skills pada dunia kerja Komponen kesuksesan 80% dari mindset dan 20 % dari technical .

Tantangan yg harus dihadapi pada industry 4.0 yaitu :

-Volatife adalah perubahan yg sangat cepat yg terjadi pada era digital ini maka seiring dengan ini diperlukannya bekal hard skill maupun soft skill yg harus dipersiapkan
-Uncertain adalah kurangnya prektabilitas terhadap isu dan peristiwa yg terjadi pada era digital ini
-Complex adalah adanya gangguan dan kekacauan yg terjadi pada setiap organisasi
-Ambigous adalah Ketidakjelasan realitas dari kondisi yg ada

Sebagaimana jika ada tantangan pasti ada solusi, berikut adalah cara menghadapi tantangan diatas dengan menyiapkan beberapa tindakan yaitu Technologi Inovasi atau yg biasa disebut learning agility adalah dimana seseorang harus mudah memahami suatu hal yg baru, Mental Agility adalah dimana seseorang mampu bertahan hidup disegala kondisi, Change Agility adalah dimana seseorang mampu beradaptasi disetiap lingkungan, People Agility adalah mampu bekerja sama dengan siapapun dan yg terakhir Result Agility adalah mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun. Kompetensi ada beberapa macam yaitu Knowledge, Skills dan Social Role. 

Berikut ada beberapa macam-macam dari Skill :

- Intra-Personal Skill adalah kemampuan yg berasal dari dalam diri seseorang masing-masing meliputi Manajemen Stress, Manajemen Waktu, Berpikir Kreatif, Bertanggung Jawab, Jujur dan adil.

- Inter-Personal Skill adalah kemampuan dan keterampilan yg berasal dari luar/lingkungan meliputi Kemampuan Memotivasi, Kemampuan Kerja Sama, Kemampuan Negosiasi, Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Beradaptasi. Dalam pengembangan Optimis Pendidikan dan Karier Bisnis Maritim pasca Covid-19 diperlukannya Improve Your Attitude untuk melakukan Perubahan Mindset, Bekerja Cepat, tepat dan tanggung jawab, mempertajam Intelektual dan Mempertajam kespiritualan. Selain itu, adapun tindakan yg lain yaitu dengan Learning Step meliputi Organization, Research, Computer Skill, leadership dll. setelah kita melakukan hal tersebut kita akan mendapatkan Champion of Life.

Generasi Millenial akan sukses jika memiliki sifat sebagai berikut :

-Humble yaitu Rendah Hati tdk berprilaku sombong serta tidak merendahkan sesama
-Persistance yaitu Rajin bekerja keras tanpa mengeluh dan berputus asa
-Resilience yaitu tahan banting, memiliki daya juang dan dapat bangkit dari kegagalan
-Giving vs Talking yaitu tentang apa yg kita kontribusikan untuk negara
-Keep Learning yaitu Terus belajar dari para senioritas
-Gain Experience yaitu Banyak Pengalaman karena pengalaman adalah guru yg terbaik
Selain ini, ada juga faktor yg memengaruhi kesuksesan yaitu dengan menekankan sifat Jujur, disiplin, harmonis, mudah bergaul, kerja keras, dukungan pendamping, kecintaan dgn pekerjaan atau dengan apa yg kita kerjakan kepemimpinan,hidup teratur dan mampu menjual ide.

Artikel ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah psikologi manajemen Stiamak Surabaya, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca dan jika ada salah kata yang benar beri saya masukan melalui kolom komentar.

salam sukses

M. Riski Arif B. - Stiamak Barunawati Surabaya, www.stiamak.ac.id, 25-10-2020

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun