Mohon tunggu...
Arif Syamsul
Arif Syamsul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Utopis

Universitas Pasundan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bedah Lirik Lagu Bunga oleh Polka Wars Menggunakan Gaya Bahasa

3 Juli 2021   09:30 Diperbarui: 3 Juli 2021   09:33 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Indo New Hits

Prakata

Bahasa menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan pada manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang memudahkan untuk berinteraksi antara satu sama lain. Bahasa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer; digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Sedangkan Chaer (2002:30) berpendapat bahwa bahasa adalah alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya -- semakin terampil seseorang berbahasa, semakin cerah dan jelas jalan pikirannya. 

Selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga sebagai alat untuk mengekspresikan jiwa, perasaan, gagasan, ide, dan emosi manusia. Biasanya, cara manusia untuk menyampaikan perasaan akan menggunakan kata-kata yang indah seperti puisi, syair, hingga lagu. Lagu menurut KBBI adalah ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dsb) yang diiringi oleh instrumen musik sehingga menghasilkan suara yang harmonis.

Musik adalah suatu karya seni yang digemari dari kalangan tua hingga muda. Pelbagai genre menghiasi perkembangan musik di setiap zamannya seperti rock, metal, jazz, pop, punk, folk, dan masih banyak lagi. Seiring perkembangan zaman dengan diimbangi banyaknya genre musik, musik menjelma menjadi kebutuhan atau mungkin sudah melekat dalam kehidupan sehingga melahirkan band-band baru yang ingin menyuguhkan karyanya untuk didengarkan oleh khalayak ramai -- khususnya di tanah air, salah satunya: Polka Wars.

Polka Wars

Polka Wars adalah grup musik yang mengusung genre indie rock asal Jakarta, Indonesia. Band yang sudah berumur satu dekade tersebut digawangi oleh Karaeng Adji (gitar, dan vokal), Billy Saleh (gitar), Xandega Tahajuansyah (bass), dan Giovanni Rahmadeva (drum) hingga pengunduran diri sang gitaris, Billy Saleh, pada tahun 2020. Selama malang melintang di industri musik, Polka Wars sudah melahirkan dua album: Axis Mundi (2015) & Bani Bumi (2019). Kedua album tersebut memiliki perbedaan di setiap lagunya; Axis Mundi dengan delapan lagunya menggunakan full berbahasa inggris, sedangkan Bani Bumi menjadi pembeda dengan adanya bahasa ibu dalam 10 lagu dari 13 lagu. Single mereka yang berjudul "Rangkum" menjadi lagu yang sering diputar di spotify dan disusul dengan lagu "Mandiri" dari album Bani Bumi. Meski dua lagu tersebut banyak didengar, penulis akan menganalisis lagu yang terdapat dalam album Bani Bumi yang berjudul "Bunga". Ada pun lirik lagu tersebut sebagai berikut.

Terlelap dia mendayu
Petualang pun merayuku
Tenggelam ku tersapu

Oh Dinda, tak kuasa diriku
Membawa amanahnya
Sebab ku bertapa
Bahagia tak bertanya

Bunga
Ku bertanya
Dimana dia berada
Bawa jiwaku

Bunga
Ku bertanya
Gulana,dia melangkah
Di nadiku

Destruksi kian meramu
Tamasya nur kalbuku
Melintas

Sabar pun tak sapa
Bahagia tak bertanya

Bunga
Ku bertanya
Dimana dia berada
Sepi hariku

Bunga
Ku bertanya
Gulita bersemayam
Di nadiku
Di hatiku

Bentang, ribu mega menghalang
Meronta
Apakah ku hanya sisaan arang?
Menangkan
Jiwa raga
Purna batiku'kan kuasa
Oh sukma paripurna

Rekah bunga
Hina ku pun tertawa
Meraba dan terbawa
Canda nirtawa

Rekah bunga
Dimana kau berada
Pualam tapak surga
Jauh nirwana
Jauh disana

Ku jelma
Rekah bunga

Musisi mengekspresikan perasaan, pesan, dan imajinasinya dengan menulis sebuah lirik. Dengan menulis, seseorang bisa mencurahkan seluruh isi hatinya yang tidak bisa atau tidak berani disampaikan langsung karena tulisan adalah bentuk keabadian yang nyata. Lirik menurut KBBI adalah susunan kata sebuah nyanyian

Kajian Semantik

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh si musisi mempunyai pesan di setiap liriknya. Lirik demi lirik yang ditulis memiliki makna atau arti tersendiri secara tersurat maupun tersirat. Penulisan lirik tidak lepas dari sebuah bahasa. Sebagai suatu unsur yang dinamik, bahasa senantiasa dianalisis dan dikaji dengan menggunakan pelbagai pendekatan untuk mengkajinya -- salah satunya dengan pendekatan makna atau semantik. Kata semantik berasal dari bahasa Yunani "semainen" yang artinya tanda atau lambang (sign). Menurut Lyon (1971:1) menjelaskan pada umumnya diartikan sebagai suatu studi tentang makna. Dengan demikian, semantik adalah kajian linguistik yang mempelajari tentang makna atau arti juga tanda-tanda yang ditandainya.

Selain memiliki makna dalam lirik lagu, terkadang penyanyi atau pendengar tidak sadar bahwa seringkali di setiap lagunya mempergunakan gaya bahasa yang membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Gaya bahasa atau majas adalah cara pengungkapan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa kepribadian penulis atau pemakai bahasa (Dale, 1997:220; Guntur Tarigan, 2009:4). Gaya bahasa mempunyai empat macam yakni: perbandingann, pertentangan, pertautan, dan pengulangan. Perbandingan meliputi simile; metafora; personifikasi; alegori; dll, pertentangan meliputi hiperbola; litoles; ironi; satir; dll, pertautan meliputi metonimia; sinekdole; eufimisme; dll, dan pengulangan meliputi aliterasi; asonasi; anafora; dll. 

 Bedah Lirik

Terlelap dia mendayu
Petualang pun merayuku
Tenggelam ku tersapu

Dalam bait pertama menggunakan majas asonansi. Sebelumnya, asonansi adalah sejenis gaya bahasa perulangan vokal pada suatu kata atau beberapa kata sehingga digunakan untuk mendapatkan efek penekanan. Perulangan dalam bait tersebut adalah huruf "u" pada akhir kalimat dalam kata mendayu, merayuku,dan tersapu.

Oh Dinda, tak kuasa diriku
Membawa amanahnya

Dalam bait kedua menggunakan majas apostrof dan antitesis. Sebelumnya, apostrof adalah pengalihan amanat dari yang hadir kepada yang tidak hadir dengan tujuan lebih menarik atau memberi nuansa lain. Apostrof dalam bait kedua terdapat pada baris kesatu dan kedua adalah penulisan dalam kalimat "Oh Dinda" seumpama sesesorang yang tidak bisa menjaga amanahnya untuk menjaga sesuatu dan mengadu pada seseorang yang tampak tak hadir. 

Sebab ku bertapa
Bahagia tak bertanya

Dalam bait ketiga menggunakan majas antitesis. Antitesis adalah majas yang sengaja mengadakan komparasi (perbandingan) antonim -- gaya bahasa yang mengandung gagasan-gagasan yang bertentangan. Antitesis terdapat dalam baris ketiga dan kempat tersebut memilik bertentangan dalam melakukan bertapa. Meski bertapa adalah suatu kegiatan spiritual yang fokus tanpa melakukan apa-apa; mungkin membosankan, tapi seseorang akan menemukan kebahagiaan tersendiri karena tidak ada yang mengganggu dalam perjalanan spiritualnya untuk mencari sebuah jawaban.

Bunga
Ku bertanya
Dimana dia berada
Bawa jiwaku

Dalam bait keempat menggunakan majas personifikasi. Sebelumnya, personifikasi adalah pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada sesuatu yang bukan manusia. Personifikasi dalam bait tersebut adalah seseorang yang bertanya pada "Bunga" sebagai sesuatu selain manusia untuk mengetahui keberadaan sesuatu tersebut. 

Bunga
Ku bertanya
Gulana,dia melangkah
Di nadiku

Dalam bait kelima menggunakan majas personifikasi. Personifikasi dalam bait tersebut; selain baris kesatu dan kedua, baris ketiga dan keempat dalam kata gulana (sebagai sesuatu yang bukan manusia) mencoba melangkah (perilaku manusia) masuk ke dalam organ tubuh.

Destruksi kian meramu
Tamasya nur kalbuku
Melintas

Dalam bait keenam menggunakan majas metafora. Sebelumnya, metafora adalah majas dengan pemakaian kata-kata yang memiliki arti lain, tetapi merupakan lukisan yang didasarkan persamaan atau perbandingan -- menimbulkan penambahan kekuatan dalam suatu kalimat. Metafora terdapat pada baris kesatu dan kedua pada kata destrusksi; kata lain dari penghancuran, meramu; kata lain dari meracik, tamasya; kata lain untuk perjalanan menikmati pemandangan, nur; kata lain untuk cahaya, dan kalbu; kata lain dari hati.

Sabar pun tak sapa
Bahagia tak bertanya

Dalam bait ketujuh menggunakan majas personifikasi. Personifikasi terdapat pada kata sabar dan bahagia; merupakan wujud yang abstrak -- secara tidak langsung mencoba berdiam diri dengan tidak menyapa layaknya manusia dan tidak mempedulikannya. 

Bunga
Ku bertanya
Dimana dia berada
Sepi hariku

Dalam bait kedelapan menggunakan majas personifikasi. Personifikasi dalam bait tersebut adalah seseorang yang bertanya pada "Bunga" sebagai sesuatu selain manusia untuk mengetahui keberadaan seseorang. 

Bunga
Ku bertanya
Gulita bersemayam
Di nadiku
Di hatiku

Dalam bait kesembilan menggunakan majas personifikasi. Personifikasi dalam bait tersebut; selain baris kesatu dan kedua, baris ketiga dan keempat dalam kata gulita (sebagai sesuatu yang bukan manusia) yang bersemayam (perilaku manusia) dalam organ tubuh. 

Bentang, ribu mega menghalang
Meronta

Dalam bait kesepuluh menggunakan majas hiperbola. Sebelumnya, hiperbola adalah majas yang mengandung pernyataan yang berlebih-lebihan baik jumlah, ukuran, ataupun sifatnya dengan tujuan untuk menekan, memperhebat, meningkatkan kesan dan pengaruhnya. Hiperbola terdapat pada kalimat "ribu mega menghalang", awan-awan mencoba menghalangi perjalanannya dalam mencari sesuatu terkesan tidak masuk akal dan terlalu berlebihan. 

Apakah ku hanya sisaan arang?

Dalam bait kesebelas menggunakan majas erotesis. Sebelumnya, merupakan majas yang mengungkapkan sesuatu dalam bentuk pertanyaan yang tidak menuntut atau memerlukan suatu jawaban. Dari liriknya mungkin saja dia hanya bergumam apakah dirinya pantas sebagai sisaan arang dalam kehidupannya. 

Menangkan
Jiwa raga
Purna batiku'kan kuasa
Oh sukma paripurna

Dalam bait keduabelas menggunakan majas klimaks. Sebelumya, klimaks merupakan gaya bahasa yang berupa susunan ungkapan yang makin lama makin mengandung penekanan atau makin meningkat kepentingannya dari gagasan atau ungkapan sebelumnya. Kata menangkan mendapat penekanan dan meningkat menjadi; jiwa yang telah didapatkan lagi; kesempurnaan hatinya telah dikuasai; dan jiwa telah utuh sempurna. 

Rekah bunga
Hina ku pun tertawa
Meraba dan terbawa
Canda nirtawa

Dalam bait ketigabelas menggunakan majas asonansi. Perulangan dalam bait tersebut adalah terdapat pada suku kata [wa] dalam kata tertawa, terbawa, dan nirtawa di akhir baris kedua sampai keeempat.

Rekah bunga
Dimana kau berada
Pualam tapak surga
Jauh nirwana
Jauh disana

Dalam bait keempatbelas menggunakan majas metafora. Majas metafora terdapat pada baris ketiga dan keempat -- setiap kata dalam baris tersebut memeliki arti lain seperti kata pualam; marmer, tapak; jejak, dan nirwana: surga. 

Ku jelma
Rekah bunga

Dalam bait terakhir menggunakan majas depersonifikasi. Sebelumnya, depersonifikasi adalah gaya bahasa yang melekatkan sifat-sifat suatu benda tak bernyawa pada manusia atau insan. Depersonifikasi-nya adalah kata ku jelma (sesuatu yang bernyawa) menjadi sebuah rekah bunga (sifat suatu benda). 

Untuk mendengarkan lagunya, sila klik di sini.

Rasa penasaran si penulis dengan gaya bahasa dalam lagu ini akhirnya terjawab, tapi tadi memungkinkan bilamana masih ada kesalahan atau kekurangan dalam mengkajinya. Dengan demikian, penulis sangat merespon jika pembaca mau menyampaikan saran dan kritik di kolom komentar.

TERIMA KASIH. SEMOGA BERMANFAAT!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun