Mohon tunggu...
Arifah Ulya
Arifah Ulya Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi

Suka film dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Best Practice Solusi Permasalahan Pembelajaran

8 Desember 2022   16:00 Diperbarui: 8 Desember 2022   15:59 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama menjadi guru pasti banyak dijumpai permasalahan dalam pembelajaran. Penulis akan berbagi pengalaman selama mengajar dan menerapkan Best Practice dengan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak). 

Best Practice ini diterapkan pada siswa kelas XII IPS 1 di SMA Walisongo Karangmalang Sragen dengan judul "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI KELAS XII IPS 1 SMA WALISONGO KARANGMALANG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023". 

Kegiatan  best  practice  dilaksanakan  pada  hari Senin, 17 Oktober 2022 yang dimulai pukul 08.30 - 10.00 WIB bertempat di kelas XII IPS 1 SMA Walisongo Karangmalang Sragen.

Mata pelajaran akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki tuntutan pemahaman konsep teori dan hitungan yang kuat secara bersamaan. 

Padatnya teori yang harus dikuasai oleh peserta didik dengan baik guna mendasari konsep perhitungan yang harus dikuasai berikutnya, menuntut guru untuk memilih media pembelajaran terbaik yang akan digunakan dalam kelas. Media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan oleh guru cenderung masih bersifat konvensional seperti papan tulis, powerpoint, dan buku paket sebagai media cetak utama penyampai materi pada siswa. 

Dalam pembelajaran dijumpai guru minim menggunakan media, hanya powerpoint saja, sehingga banyak siswa yang tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran selama ini hanya menggunakan powerpoint saja dan hal ini juga sudah banyak digunakan oleh guru lain, sehingga siswa merasa bosan. 

Untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar siswa mengikuti pembelajaran ekonomi maka peneliti akan menerapkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan metode make a match dan video sebagai media pembelajaran. 

Melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah maka proses pembelajaran akan mengikutsertakan siswa secara aktif baik individu maupun kelompok. Pembelajaran akan lebih bermakna karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai lebih banyak pengalaman.

Kegiatan yang dilakukan dalam best practices ini berupa penerapan Problem Based Learning dengan metode make a match dan video sebagai media pembelajaran pada materi persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS 1 SMA Walisongo Karangmalang. 

Bahan atau materi kegiatan yang digunakan dalam best practices pembelajaran ini adalah materi materi kelas XII untuk mata pelajaran ekonomi pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi dan menyajikan persamaan dasar akuntansi. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode make a match. 

Melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah maka proses pembelajaran akan mengikutsertakan siswa secara aktif baik individu maupun kelompok. Pembelajaran akan lebih bermakna karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai lebih banyak pengalaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun