Mohon tunggu...
Ariana Maharani
Ariana Maharani Mohon Tunggu... Dokter - MD

Pediatric resident and postgraduate student of clinical medical science at Universitas Gadjah Mada, Instagram: @arianamaharani

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Skeptisisme Pasien terhadap Puskesmas

4 Juli 2023   18:08 Diperbarui: 5 Juli 2023   04:10 898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi petugas Puskesmas sedang menangani pasien. Sumber: Kompas.com/Tri Purna Jaya

Setiap jadwal berjaga pagi  di Instalasi Gawat Darurat rumah sakit, saya sering bertemu pasien dengan kondisi tidak gawat darurat datang ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakitnya. 

Saya bertanya kepada pasien dan keluarga pasien, apakah ada Puskesmas di dekat rumah ataupun Puskesmas yang dilewati mereka selama perjalanan pasien ke rumah sakit kami. Saya yakin tentu saja ada Puskesmas di perjalanan yang mereka tempuh kesini, mengingat jarak antara rumah sakit dengan rumah pasien adalah kira-kira kurang lebih lima belas kilometer. 

Pasien kemudian berterus terang menjawab bahwa mereka melewati satu buah Puskesmas. Pasien menyampaikan meskipun demikian, mereka ingin sekali berobat ke rumah sakit, karena mereka tidak percaya terhadap Puskesmas dan menganggap obat Puskesmas tidak selengkap obat-obatan di rumah sakit serta memahami bahwa obat apapun terdapat di rumah sakit. Pada momen tersebut saya kira bisa jadi pasien benar, bisa jadi pasien salah. 

Bisa jadi pasien benar, dikarenakan pada praktiknya di lapangan, saat saya bekerja di Puskesmas satu tahun yang lalu, saya memahami bahwa obat yang seharusnya wajib terdapat di Puskesmas atau esensial tidak tersedia saat itu. Saya menanyakan apoteker penanggung jawab mengapa Puskesmas kami bisa-bisanya tak memiliki obat batuk pilek. 

Apoteker menjawab bahwa ia telah mengajukan daftar kebutuhan obat untuk periode itu, namun apa daya para apoteker memang hanya dapat mengajukan. Dinas Kesehatan yang berwenang membalas pengajuan tersebut.

Pada akhirnya, pasien tak mendapatkan obat untuk penyakitnya di Puskesmas, pasien lalu diberikan obat alternatif yang mungkin bukan obat yang paling tepat untuknya, dan beberapa situasi bahkan pasien diminta untuk membeli obat di apotek di luar Puskesmas. 

Sebaliknya bisa jadi pasien salah. Anggapan pasien bahwa obat Puskesmas tidak lengkap, bisa jadi dibentuk oleh pengalaman pasien yang kemudian membentuk asumsi yang salah. 

Sebagai contoh, saat pasien diberikan obat yang sudah sesuai dengan penyakit yang ia derita, kemudian pasien masih belum mendapatkan kesembuhan dari obat yang ia dapatkan, pasien lalu menarik kesimpulan bahwa obat Puskesmas adalah obat yang tidak mampu menyembuhkan penyakitnya. 

Padahal, banyak faktor yang mempengaruhi tingkat respon pasien pada obat-obatan. Dari segi kepatuhan frekuensi, waktu konsumsi, hingga interaksi obat dengan obat-obatan lain ialah dapat berpengaruh. 

Dalam hal ini, edukasi seorang tenaga kesehatan, seperti dokter dan apoteker menjadi begitu penting. Asumsi yang salah pun juga dapat terbentuk di saat pasien menderita penyakit-penyakit yang obat-obatannya hanya ada di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan atau rumah sakit. 

Saat seorang dokter menjelaskan bahwa pasien harus dirujuk ke rumah sakit, pasien bisa jadi berasumsi bahwa obat-obatan di Puskesmas tidak lengkap. Padahal, Puskesmas memiliki daftar penyakit apa saja yang dapat ditangani di level Puskesmas dan mana yang harus dirujuk. 

Tak dapat dipungkiri bahwa skeptisisme masyarakat selama ini terhadap Puskesmas memiliki alasan. Alasan yang terbentuk dari perolehan informasi dan pengalaman yang dialami oleh masyarakat itu sendiri. 

Pengalaman seperti  waktu tunggu yang lama dan kurangnya fasilitas yang memadai baik dari segi tenaga medis, peralatan, maupun stok obat. Namun, patut dipahami pula bahwa ketidakcukupan pengetahuan masyarakat mengenai batasan peran dan fungsi Puskesmas dalam menyediakan layanan kesehatan itu sendiri juga berpengaruh kepada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas selama ini, seperti pemahaman masyarakat terkait sistem rujukan berjenjang di era Jaminan Kesehatan Nasional saat ini. 

Peningkatan pengetahuan masyarakat bahwa Puskesmas dan rumah sakit memiliki ranah masing-masing adalah begitu penting. Pengetahuan mengenai sistem rujukan berjenjang demi efisiensi pembiayaan kesehatan kiranya harus digalakkan untuk menghindarkan miskomunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. 

Masyarakat tak boleh selamanya memiliki pemahaman bahwa Puskesmas dapat menyembuhkan seluruh penyakit yang ada di muka bumi ini. Tak boleh juga berpemahaman bahwa kemudian rumah sakit lah yang berkewajiban untuk menyembuhkan seluruh penyakit tersebut. 

Puskesmas memiliki batasan sampai mana dapat menuntaskan pelayanan sendiri, sampai mana ia harus merujuk. Begitu pula dengan rumah sakit, rumah sakit tak ingin menangani penyakit-penyakit yang seharusnya dapat ditangani di Puskesmas, karena rumah sakit bukanlah sebuah 'Puskesmas besar'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun