Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Teori Palmer, Ada 5 Konsumen yang Loyal

27 Maret 2023   18:40 Diperbarui: 27 Maret 2023   18:51 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teori Palmer,  Ada 5 Konsumen Yang Loyal

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Bulan puasa cenderung sekelompok orang banyak melakukan pembelanjaan yang kadang tidak dalam perencanaan.

Apakah sekelompok orang itu dikatakan orang yang loyal?  Konsumen yang loyal?

Kebetulan di hari kelima puasa ini, penulis bersama mahasiswa membahas tentang konsumen yang loyal.

Menurut teori Palmer (1996), konsumen yang loyal dapat didefinisikan sebagai konsumen yang memiliki niat atau keinginan yang kuat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu merek atau perusahaan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Konsumen yang loyal cenderung lebih memilih untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan merek atau perusahaan tertentu daripada beralih ke merek atau perusahaan lain.

Adapun Teori Palmer mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen, antara lain:

Pertama, Kualitas produk atau jasa

Konsumen yang loyal cenderung lebih memilih produk atau jasa yang memiliki kualitas yang baik dan konsisten dari waktu ke waktu.

Kedua,Citra merek atau perusahaan

Konsumen yang loyal cenderung merasa terhubung dengan citra merek atau perusahaan tertentu dan merasa bahwa merek atau perusahaan tersebut mencerminkan nilai-nilai atau identitas yang mereka anggap penting.

Ketiga, Harga

Meskipun harga bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, harga yang wajar dan kompetitif dapat membantu mempertahankan konsumen yang loyal.

Keempat, Layanan pelanggan

Layanan pelanggan yang baik dan responsif juga dapat mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen, karena konsumen cenderung merasa dihargai dan dihormati oleh merek atau perusahaan yang memberikan layanan yang baik.

Kelima, Pengalaman konsumen

Pengalaman positif yang konsisten dengan merek atau perusahaan tertentu juga dapat membantu mempertahankan konsumen yang loyal.

Konsumen cenderung lebih memilih merek atau perusahaan yang memberikan pengalaman yang memuaskan secara konsisten dari waktu ke waktu.

Demikian hasil diskusi bersama mahasiswa kali ini tentang konsumen yang loyal, ternyata konsumen loyal ini konsumen yang secara berulang yang konsisten pada situasi yang sama memenuhi kebutuhannnya.

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak pemasar atau produsen akan memicu adanya loyalitas pelanggan.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Penulis : Arfiani Yulianti Fiyul
Cimahi, 27 Maret 2023

Referensi : https://www.kajianpustaka.com/2021/01/loyalitas-konsumen.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun