Dengan semakin berkembangnya Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Dunia dan khususnya perkembangan yang ada di Indonesia, muncul beberapa pekerjaan baru yang memanfaatkan kemajuan dan perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada. Salah satu contoh pekerjaan tersebut adalah Konten Kreator. Konten Kreator merupakan pekerjaan yang bertugas untuk membuat konten dalam bentuk tulisan, gambar, video ataupun suara, yang kemudian di sebarluaskan menggunakan platform ataupun media - media lainnya.
Perkembangan atau semakin majunya media serta Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia, membuat muncul berbagai platform baru untuk menyalurkan bakat kita dalam membuat sebuah konten, jadi seorang konten creator sekarang bersifat lebih luas, dan lebih banyak opsi dalam memanfaat kan media atau platform yang ada. Sehingga membuka peluang bagi siapa pun, untuk menjadi seorang Konten Kreator.
Apalagi, ketika menjadi Mahasiswa seperti sekarang ini. Yang menuntut kita untuk mencari pengalaman sebanyak - banyaknya, dan menjadi bonus jika kita dapat menghasilkan keuntungan (materi dan finansial) dari situ, maka dari itu Konten Kreator merupakan salah satu pekerjaan yang tepat bagi Mahasiswa yang sedang di buat sibuk oleh tugas, kuliah, dan kegiatan organisasi lainnya. Karena untuk menjadi Konten Kreator, kita bisa melakukan nya sendiri dan dapat kita lakukan kapanpun, dimanapun kita berada, dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, dengan catatan kita harus paham dan tau konten apa yang ingin kita buat.
Bahkan, untuk sekarang dengan semakin majunya Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia. Kita semakin dimudahkan untuk menjadi seorang konten creator. Karena, sekarang hampir semuanya bisa kita akses hanya dengan menggunakan 1 perangkat yaitu Smarthphone, dan dilengkapi dengan jaringan Internet. Itu sudah cukup untuk kita dalam membuat konten. Tidak hanya itu banyak lagi perangkat - perangkat lain yang dapat di gunakan untuk membantu proses kita untuk menjadi seorang kontwen creator. Namun, semuanya tergantung kita, apakah dapat memanfaatkan kemajuan perangkat -perangkat yang ada.
Pengalaman saya, sebagai seorang Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan Ilmu Komunikasi, di lingkungan sekitar saya kebanyakan memilih untuk menjadi konten creator untuk mengisi waktu luang mereka atau waktu kososng mereka jika tidak ada kegiatan perkuliahan atau lain sebagainya. Mereka menjadi konten creator di berbagai media dan platform yang ada. Namun yang paling sering kita temukan adalah pembuatan konten desain grafis (Konten Visual) dan yang kedua adalah konten video di platform yang sudah lumayan besar dan terkenal yaitu Youtube, Instagram, dan Tiktok. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah dapat menghasilkan uang dari platform - platform tersebut.
Namun, ternyata untuk menjadi seorang konten creator di Indonesia tidaklah mudah, dan banyak sekali rintangan yang harus di lalui, apalagi bagi kita (anak muda) yang baru memulai dan tidak memiliki basic sama sekali. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena semakin banyak nya konten creator yang ada di Indonesia dan semuanya memiliki atau membuat konten - konten yang menarik dan kreatif. Hal ini lah yang membuat kita harus lebih kreatif dalam membuat atau menyajikan konten - konten yang menarik bagi Masyarakat Indonesia.
Selain, itu banyak sekali aspek - aspek yang harus di perhatikan sebelum kita memilih untuk menjadi seorang Konten Kreator di Indonesia.
1. Harus dapat menentukan konten apa yang akan menjadi fokus kita.
Seorang Konten Kreator harus dapat berpikir terbuka dalam memilih dan menentukan konten apa yang ingin mereka buat. Karena, jika kita belum mengetahui konten apa yang ingin kita buat, akan sangat sulit untuk proses kedepannya. Fokuskan kepada 1 ruang Lingkup Pembahasan sehingga tidak sulit dalam menentukan tema hingga audiens konten kita nanti.
2. Seorang Konten Kreator harus kuat Mental
Di Indonesia yang terkenal dengan memiliki netizen atau masyarakat - masyarakat online yang senangnya menghujat dan merendahakan karya orang lain. Menjadi alasan yang logis jika seorang Konten Kreaoto yang ada di Indonesia haruslah memiliki mental baja dan kuat, ndan tentu harus tetap berkarya, teguh , dan selalu konsisten tanpa menghiraukan komentar - komentar negative yang ada.
3. Di tuntut untuk selalu Update
Seorang konten creator dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan atau pun trend yang ada di lingkungan sekitar atau ruang lingkup yang lebih luas. Karena, biasanya masyarakat atau audiens lebih suka membaca atau mengkonsumsi konten yang sedang ramai di perbincangkan di media - media social. Sehingga dengan begitu audiens akan menganggap kita eksis dan selalu update dalam menyajikan sebuah konten.
4. Selalu Berpikir Positif
Dalam menyajikan atau membuat sebuah Konten, seorang Konten Kreator tentu harus mencari referensi dan melakukan riset terkait konten apa yang akan dibuat dan dibahas nantinya, maka dari itu sebagai Konten Kreator harus dapat berpikir terbuka dan postif dalam memikirkan segala aspek dan kebutuhan dalam proses pembuatan konten.
5. Komitmen
Seorang Konten Kreator, di haruskan memiliki sifat yang tak mau kalah dan selalu punya keinginan untuk berkembang, dan salah satu hal yang melandasi itu semua adalah sebuah Komitmen dalam Bekarya, dan komitmen utnuk selalu menghasilkan atau membuat karya -karya yang menarik dan berkualitas. Dan, tentu karya - karya tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang.
6. Konsisten
Setelah memiliki sikap yang komitmen dalam berkarya ataupun untuk menjadi konten creator, kita juga harus selalu konsisten dalam membuat sebuah karya, dan hindari sifat malas - malasan. Tetap lah berkarya walau hanya karya yang kecil, setidaknya kita tetap produktif dan kosisten dalam menuangkan ide dan membuat karya.
Di Indonesia banyak sekali konten creator yang sudah tidak menyajikan konten - konten yang berkualitas, mereka cenderung sudah tidak mementingkan kualitas atau makna dari sebuah konten, padahal pada dasarnya suatu konten harus dapat bermanfaat dan mendidik. Sedangkan konten creator zaman sekarang sudah mengenyampingkan itu, dan lebih mementingkan pendapatan dan seberapa banyak konten itu dilihat oleh masyarakat. Kesalahan lain yang biasa dibuat oleh seorang konten creator adalah ia terlalu berpatokan dengan orang lain dan sehingga menyebabkan ia tidak percaya terhadap ide dan kemampuan nya sendiri, sebenarnya sah -sah saja jika seorang konten creator memiliki patokan dalam membuat sebuah karya, tapi ide tersebut di modifikasi dan di kombinasikan dengan ide kita sendiri, jadi kita tidak semata- mata hanya menjiplak karya orang tersebut.
Ditambah lagi, dengan sikap dan sifat dari masyarakat Indonesia atau Netizen Indonesia yang cukup Bar-Bar. Sehingga mengakibatkan beberapa konten creator merasa kurang percaya diri dan takut untuk bekarya lagi, karena setiap mereka membuat konten, ada saja yang berkomentar bahkan tak sedikit yang menghujat. Di Indonesia juga masih banyak nya penyebaran hoax atau berita palsu lainnya.
Jika, Di lihat dari perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia, baik itu dari segi Perangkat, Media atau Platform, hingga ke perkembangan Jaringan Internet. Sudah sangat memadai dan berpotensi untuk membantu kita dalam menjadi seorang Konten Kreator. Semua tergantung ke kita lagi, ke pribadi atau individu masing, bagaimana cara memanfaat kan berbagai kemujuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang ada di Indonesia. Intinya untuk menjadi seorang konten creator, Jangan takut untuk mulai berkarya, dengarkan saran dan kritik dari orang lain, tetapi jangan sampai hal itu (saran atau kritik) malah membuat kita terpuruk, ambil yang baik dan buang yang buruk. Membuat serta menyajikan konten yang bermakna dan berkualitas, dan buatlah karya sesuai dengan batas kemampuan kita masing - masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H