Mahasiswa Magister Teknologi Pembelajaran UNY | NIM 23011140037 | Kelas INTK A
IDENTITAS BUKU
Judul buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama
Pengarang :Â Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.
Tahun terbit :Â 2017
Kota penerbit :Â Yogyakarta
Percetakan :Â UNY Press
ISBN :Â 978-602-5566-11-0
Editor : Fitriyanti
Desain cover : Masruri
Tebal : 95 halaman
Berikut adalah analisis lengkap, jelas, dan mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari buku "Multimedia Pembelajaran Interaktif" karya Prof. Herman Dwi Surjono:
Kelebihan Buku
1. Komprehensif dan Terstruktur:
Buku ini membahas konsep multimedia mulai dari dasar hingga tahap pengembangan dan evaluasi. Setiap bab disusun dengan urutan yang logis, mulai dari pengertian dasar, prinsip-prinsip multimedia pembelajaran, hingga pengembangan dan evaluasi multimedia pembelajaran interaktif (MPI). Ini memudahkan pembaca untuk memahami dan mengikuti alur pembahasan secara bertahap.
2. Berbasis Teori yang Kuat:
Buku ini mengintegrasikan teori kognitif multimedia pembelajaran, yang mendasari prinsip-prinsip yang digunakan dalam MPI. Dengan demikian, pembaca tidak hanya mendapatkan panduan praktis tetapi juga pemahaman teoritis yang mendalam mengenai bagaimana dan mengapa teknik-teknik tertentu digunakan dalam MPI.
3. Bahan Pengajaran yang Relevan:
Materi yang disajikan dalam buku ini berasal dari kumpulan materi perkuliahan sejak tahun 2006, yang telah diperbarui sesuai dengan perkembangan terbaru dalam bidang multimedia pembelajaran. Hal ini memastikan bahwa konten buku tetap relevan dengan perkembangan teknologi dan pedagogi terkini.
4. Cocok untuk Penelitian R&D:
Buku ini sangat berguna sebagai acuan bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian jenis Research and Development (R&D) dalam bidang multimedia pembelajaran. Model pengembangan yang dikenalkan dalam buku ini sesuai dengan tuntutan penelitian jenis tersebut, sehingga dapat membantu peneliti dalam merancang dan melaksanakan penelitian mereka.
5. Penggunaan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami:
Bahasa yang digunakan dalam buku ini jelas dan mudah dipahami, sehingga dapat diakses oleh pembaca dengan berbagai latar belakang pendidikan, baik yang baru memulai belajar tentang MPI maupun yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.
Kekurangan Buku
1. Keterbatasan Contoh Praktis:
Meskipun buku ini komprehensif dalam teori dan konsep, beberapa pembaca mungkin merasa bahwa terdapat kekurangan dalam penyediaan contoh-contoh praktis yang dapat langsung diterapkan. Pembaca mungkin memerlukan lebih banyak studi kasus atau panduan langkah-demi-langkah untuk implementasi nyata MPI.
2. Penekanan yang Kurang pada Alat dan Teknologi Terbaru:
Mengingat perkembangan teknologi yang sangat cepat, pembaca mungkin merasa bahwa buku ini kurang mengcover alat dan teknologi terbaru yang muncul setelah publikasi buku ini. Pembaruan dan edisi baru mungkin diperlukan untuk mengakomodasi inovasi terkini dalam bidang multimedia pembelajaran.
3. Evaluasi yang Terbatas pada Aspek User Experience (UX):
Buku ini lebih fokus pada teori kognitif dan prinsip multimedia pembelajaran, namun evaluasi mengenai user experience (UX) dan usability dari MPI mungkin tidak dibahas secara mendalam. Aspek ini penting untuk memastikan bahwa aplikasi MPI yang dikembangkan tidak hanya efektif tetapi juga mudah digunakan dan menarik bagi pengguna.
4. Kurangnya Interaktivitas dalam Penyajian Buku:
Sebagai buku yang membahas multimedia pembelajaran interaktif, format buku cetak atau PDF mungkin kurang mencerminkan prinsip interaktivitas yang dibahas. Pengembangan versi digital interaktif dari buku ini, yang menggabungkan elemen-elemen multimedia, bisa menjadi nilai tambah yang signifikan
Bab yang Belum Ada dan Sebaiknya Ada
- Integrasi Teknologi Terbaru: Sebuah bab yang membahas tentang teknologi terbaru dan bagaimana teknologi tersebut dapat diintegrasikan ke dalam multimedia pembelajaran interaktif. Hal ini termasuk teknologi seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI).
- Studi Kasus dan Contoh Praktis: Menambahkan bab yang berisi studi kasus dan contoh praktis dari implementasi multimedia pembelajaran interaktif. Ini akan memberikan pembaca wawasan tentang bagaimana konsep-konsep yang dibahas dapat diterapkan dalam konteks nyata.
- Panduan Praktis untuk Penggunaan Software Terkait: Sebuah bab yang memberikan panduan langkah demi langkah dalam penggunaan perangkat lunak tertentu yang relevan dengan pengembangan multimedia pembelajaran. Ini bisa mencakup tutorial singkat tentang alat-alat authoring tools yang sering digunakan.
- Strategi Pengelolaan Proyek: Pembahasan tentang strategi pengelolaan proyek dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Ini akan mencakup manajemen waktu, sumber daya, dan tim untuk memastikan proyek dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien.
- Evaluasi Efektivitas Pembelajaran: Selain evaluasi formatif dan sumatif, sebuah bab yang membahas metode dan alat untuk mengukur efektivitas pembelajaran dari multimedia yang dikembangkan, termasuk metode pengumpulan dan analisis data dari pengguna.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H