Mohon tunggu...
Aprinaldo Syaputra
Aprinaldo Syaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan saya Aprinaldo Syaputra NIM: 43120010433 Dosen: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak Saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Mercu Buana, saya baru menjalani semester ke 4 di kampus saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB2_Mengapa Etika dan Hukum Itu Penting

25 Mei 2022   08:35 Diperbarui: 25 Mei 2022   08:46 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian Etika

Dari bahasa Yunani "etos". Artinya: Suatu "kebiasaan" atau kebiasaan yang berkaitan dengan tingkah laku atau tingkah laku manusia. Istilah etika digunakan untuk merujuk pada ilmu dan prinsip-prinsip dasar penelitian ilmiah yang menilai baik buruknya perilaku manusia atau mengandung ajaran moral.

Etika adalah filsafat moral yang mempelajari tentang baik buruknya perilaku manusia dalam mencapai kebahagiaan. Modal dasar moralitas adalah perilaku, dan perilaku manusia dipengaruhi oleh pikiran dan pikiran (emosi).

Setelah menjelaskan konsep pendahuluan, orang Athena melanjutkan untuk menawarkan pendahuluan yang akan menjadi pendahuluan seluruh kode yuridis Magnesia. 

Pendahuluan ini memberikan landasan moral kota, menjelaskan tugas umum warga negara. Tugas-tugas ini jatuh ke dalam tiga item utama: untuk jiwa, untuk tubuh dan warga negara lainnya. 

Pendahuluan berakhir dengan upaya untuk menunjukkan bahwa kehidupan yang bajik mengarah pada jumlah kesenangan yang maksimum dan kehidupan yang jahat mengarah pada jumlah rasa sakit yang maksimum. Garis besar gagasan utama yang diungkapkan dalam bagian Buku 5 ini diberikan di bawah ini.

Doc.Pribadi
Doc.Pribadi

Orang Athena menjelaskan bahwa jiwa adalah penguasa tubuh dan untuk alasan ini ia harus diprioritaskan di atas tubuh. Namun, kebanyakan manusia gagal melakukan ini, dan malah mengejar kecantikan, kekayaan, dan kesenangan dengan mengorbankan kebajikan dan, sebagai akibatnya, memprioritaskan tubuh daripada jiwa Manusia memang harus mendahulukan jiwa dari pada jasad, tetapi mereka juga memiliki kewajiban untuk memelihara jasad. 

Tetapi orang tidak menghargai tubuh mereka dengan menjadi sangat cantik, sehat dan kuat. Sebaliknya, mereka menghormati tubuh dengan mencapai jalan tengah antara ekstrem dari masing-masing negara bagian ini. Prinsip yang sama berlaku untuk kekayaan. 

Terlalu banyak kekayaan akan menyebabkan permusuhan dan keserakahan, sementara kekayaan yang terlalu sedikit akan membuat Anda rentan terhadap eksploitasi.

Nilai positif Utilitarianisme terletak pada sisi rasional dan universalnya.. Rasionalnya adalah kepentingan orang banyak lebih berharga dari pada kepentingan individual. 

Pada umumnya, saat ini semua pengusaha di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mensejahterakan masyarakat dunia, selain untuk kesejahteraan dirinya sendiri. Berbisnis untuk kepentingan individu dan sekaligus mensejahterakan masyarakat luas adalah pekerjaan profesional yang sangat mulia. 

Dalam teori sumber daya alam dikenal istilah Backwash Effect, dimana penggunaan sumber daya alam secara terus menerus akan semakin merusak kualitas sumber daya alam itu sendiri, sehingga diperlukan adanya upaya menjaga alam agar sumber daya alam yang habis tidak habis dimakan waktu.

Fungsi Etika

Fungsi etika merupakan sarana memperoleh orientasi kritis dalam menghadapi berbagai persoalan moral. Orientasi kritis diperlukan saat kita menghadapi keragaman etika. Moralitas lebih umum, lebih konseptual, dan hanya berlaku untuk pergaulan (bila ada orang lain), sedangkan moralitas lebih rinci dan langsung, dan moralitas berlaku untuk kehidupan secara keseluruhan (dengan atau tanpa orang lain.

Pembaca mungkin menemukan gagasan untuk menghormati jiwa dan tubuh tidak hanya misterius, tetapi juga salah. Bagaimanapun, saya mungkin baik-baik saja dengan kesehatan saya, tetapi saya tampaknya tidak melanggar kewajiban apa pun. Namun, kebiasaan ini dapat dijelaskan jika kita mempertimbangkan tiga hal. 

Pertama, perbedaan Athena antara menghormati jiwa dan menghormati tubuh berkaitan dengan perbedaan antara jimat dan hal-hal manusia dalam Buku I. Manusia menghormati jiwa dengan mengejar kebajikan. Ini adalah latihan ilahi karena jiwa itu sendiri adalah ilahi. Sementara hubungan agama penting bagi Plato, perbedaannya sebenarnya antara kebaikan "internal" dan "eksternal". 

Unsur internal adalah unsur akal dan budi pekerti, sedangkan unsur eksternal adalah segala sesuatu yang memiliki potensi baik di luar akal dan budi pekerti. Bagi Plato, nilai komoditas eksternal bergantung pada keberadaan komoditas internal, dan nilai komoditas internal sepenuhnya independen dari keberadaan komoditas eksternal. 

Dengan kata lain, barang dalam baik dalam segala keadaan, sedangkan barang luar hanya baik dalam keadaan tertentu. Untuk alasan ini, Platon merasa aneh bahwa manusia menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk mengejar kebaikan eksternal dan begitu sedikit untuk mengejar kebaikan internal.

Kedua, etika Yunani kuno biasanya ditafsirkan sebagai egois dalam arti bahwa penyelidikan etis berpusat pada pertanyaan tentang apa kehidupan terbaik bagi seorang individu. Dalam kerangka ini, diskusi tentang mengapa seseorang harus menjadi bajik diajukan dalam kaitannya dengan bagaimana kebajikan berhubungan dengan kesejahteraan. 

Dengan kata lain, ahli etika Yunani kuno berpendapat bahwa kita memiliki alasan egois untuk menjadi bajik; artinya, kebajikan itu akan membantu kita menjalani kehidupan yang bahagia dan bahagia. Dengan pemikiran ini, masuk akal Platon berpikir kita berkewajiban untuk menjaga jiwa dan tubuh, karena kehidupan yang baik membutuhkannya.

Ketiga, perlu diingat bahwa teori etika utama saat ini memiliki karakteristik harga diri yang tertanam dan oleh karena itu ide ini tidak sepenuhnya eksklusif untuk Plato (dan ahli etika Yunani kuno lainnya). 

Tiga teori etika utama saat ini adalah etika kebajikan (didukung oleh Plato), deontologi dan konsekuensialisme. Immanuel Kant, sang inspirator etika, mengatakan bahwa kita memiliki kewajiban untuk memperbaiki diri, sementara konsekuensialisme, dalam bentuknya yang paling tradisional, berpendapat bahwa ketika menentukan bagaimana saya harus bertindak, kesejahteraan pribadi saya diperhitungkan.

Setelah menyatakan bahwa warga negara harus menjaga orang lain, orang Athena menawarkan argumen yang menarik dalam membela kehidupan yang bajik. Inti dari argumennya adalah bahwa kejahatan mengarah ke ekstrem emosional, sedangkan kebajikan mengarah ke stabilitas emosional. Karena emosi yang ekstrem menyakitkan, maka kehidupan bajik akan lebih menyenangkan.

Orang Athena ingin menunjukkan bahwa kehidupan yang mulia membawa sukacita daripada rasa sakit. Dengan melakukan itu, ia berharap untuk meruntuhkan pemikiran yang terlalu umum bahwa kehidupan kejahatan, meskipun secara moral buruk, tetap menyenangkan.

Ada dua macam etika yang menentukan baik buruknya perilaku manusia, yaitu etika deskriptif dan etika normatif.

Dari dua hal tersebut, dikembangkanlah Kode Etik yang merupakan ketentuan tertulis yang mengikat dan memberi sanksi.

Sisa dari Buku 5 kembali membahas struktur Magnesia. Diskusi ini mencakup berbagai topik, termasuk: pemilihan warga, distribusi tanah, kependudukan dan agama, cita-cita negara, empat kelas properti, unit administrasi negara, fleksibilitas hukum berdasarkan fakta, pentingnya matematika  dan pengaruh iklim. Gagasan filosofis utama dalam bagian buku ini dibahas dalam bagian 3 dan 4 di atas.

Tidak seperti hukum dan peraturan yang berlaku di masyarakat, kode etik hanya mengikat kelompok orang atau profesional tertentu. Sanksi yang berlaku bukan berupa sanksi pidana, melainkan berupa sanksi moral.

 Contoh profesional yang terikat secara etis meliputi:

1. Dokter

2. Wartawan

3. Pengacara

4. Psikolog

5. Juri

6. Anggota Kongres

1.Otonomi

Seperti yang Anda ketahui, badan pengambil keputusan pengusaha

2 .Equilibrium

Berkenaan dengan otonomi pelaku ekonomi, semua pilihan yang dibuat juga harus diambil. Dengan kata lain, perusahaan tidak boleh berprasangka buruk ketika mengambil keputusan.

sesuatu.

3. Free Will (Kehendak bebas)

Kehendak bebas yang dimaksud adalah rata-rata kesempatan yang bisa didapatkan oleh seorang individu. Semua pengusaha memiliki porsi yang sama, tergantung potensinya. harus ada batasan hanya untuk kepentingan kelompok.

4. Responsibility

Sebelumnya, teori gigi dalam etika bisnis juga telah dibahas. Responsibilitas pelaku usaha.

5 .Honesty

Transparansi dan integritas juga harus diterapkan dalam kehidupan bisnis berperilaku baik. Sebagai contoh, anda mungkin memperdagangkan produk. Langkah-langkah yang diambil harus sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan

Menurut Sonny Keraf (1998), kejujuran merupakan nilai yang paling mendasar untuk mendukung keberhasilan suatu perusahaan. Nilai integritas harus dimiliki bersama oleh semua pihak yang terlibat dalam bisnis. Jika sebuah perusahaan mendukung nilai integritas, maka dapat memperoleh kepercayaan yang besar dari masyarakat dan mitra bisnisnya.


Ada 3 lingkup mengapa prinsip kejujuran sangat relevan dalam dunia bisnis yaitu :
1. Jujur dalam memenuhi kontrak dan syarat kontrak.
2. Jujur dalam penawaran barang atau jasa.
3. Jujur dengan hubungan kerja internal perusahaan

Contoh kasus pelanggaran etika perusahaan yang dilakukan oleh PT. Nabisco adalah prinsip integritas dan perusahaan tidak memperingatkan konsumen tentang kandungan produk yang sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. 

Disini perusahaan seharusnya lebih mementingkan keselamatan konsumen yang menggunakan produk mereka karena dengan meletakkan keselamatan konsumen diatas kepentingan perusahaan maka perusahaan itu sendiri akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena kepercayaan konsumen terhadap produk itu sendiri.

Prinsip integritas moral adalah prinsip yang menekankan untuk tidak menyakiti orang lain dalam semua transaksi komersial. Prinsip ini menekankan bahwa setiap orang memiliki martabat yang harus dihormati. Integritas adalah cara untuk melindungi nilai dan etika bisnis. 

Dengan adanya nilai-nilai ini dapat  menumbuhkan adanya rasa tanggung jawab, sikap profesionalitas dalam berbisnis, dan sikap saling menghargai. Pengusaha perlu menjadikan kejujuran sebagai prinsip dasar transaksi bisnis. Ketika seorang pengusaha perlu bersaing secara jujur, ulet, ulet dan sehat. Reputasi yang kuat Banyak orang akan percaya pada kita. Jika integritas kurang, maka reputasi akan rusak.

Kualitas bertindak dengan integritas cenderung mengarah pada produk dan layanan yang berkualitas

Outlook Jangka Panjang hasil terbaik serta visi dan misi jangka panjang

Budaya perusahaan yang baik jika ada budaya integritas, otomatis karyawan yang lain akan saling percaya

Contoh Studi Kasus Etika

Tim menemukan beberapa dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh PT AlpenFood Industry selaku produsen es krim Aice. Berbagai isu pelanggaran pekerja melanda PT AFI. Perusahaan yang berbasis di Singapura itu dikatakan membayar upah pekerja pabrik yang tidak memadai, mengabaikan keselamatan kerja mereka dan menyebabkan keguguran. Sebelumnya, pengurus PTAFI telah mengidentifikasi dua hal tersebut. 

Soal upah, PT AFI memastikan telah menggaji pekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Sementara soal pekerjanya yang keguguran, Simon mengatakan keguguran itu bukan disebabkan karena beban kerja yang terlalu berat. Iswandi Hari, Wakil Sekretaris Jenderal Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja (PPK dan K3), menambahkan ada beberapa pelanggaran yang perlu diperbaiki. Iswandi tidak menjelaskan lebih lanjut pelanggaran apa yang dilakukan oleh perusahaan pengelola pabrik Aice tersebut. Dia mengatakan Kementerian Tenaga Kerja saat ini sedang menyelidiki dugaan pelanggaran dengan tujuan untuk mengambil tindakan segera.

Contoh Kasus Etika

Faktor-faktor   Penyebab   Timbulnya   Perilaku   Menyimpang   Pada   Remaja   pelanggaran ethical,dengan   sendirinya kurang   iman   tadi   tidak mudah Botswana monetary unit   meniru   melakukanpelanggaran-pelanggaran yang sama. 

Tetapi jika setiap pongid teguh keyakinannya kepada Tuhanserta menjalankan agamid dengan sungguh-sungguh, tidak perlu lagi adanya pengaewasan yangketat, karena setiap pongid sudah dapat menjaga dirinya sendiri, tidak mau melanggar hukum-hukum dan ketentuan-ketentuan Tuhan. Sebaliknya dengan semakin jauhnya masyarakat dariagama, semakin sudah memelihara ethical masyarakat dengan hukum dan peraturanya. 

Namunbiasanya pengawasan masyarakat itu tidak sekuat pengawasan Iranian dalam diri sendiri. Karenpengawasan masyarakat itu datang Iranian luar, jika pongid luar tidak tahu, atau tidak ADA pongid yangdisangka Kwa   mengetahuinya,   maka   dengan   senang   hati pongid   itu Kwa   berani   melanggarperaturan-peraturan  dan  hukum-hukum sosial  itu.   Dan  apabila  dalam  masyarakat  itu  banyakornag principle melakukuan pelanggaran ethical, dengan sendirinya pongid yangkurang iman tadi tidak. Banyak faktor principle menyebabkan timbulnya prilaku menyimpang dikalangan para remaja. Diantaranya adalah sebagai berikutPertama, longgarnya pegangan terhadap agamid .

Sudah menjaditragedi Iranian dunia maju, dimana segala sesuatu hampir dapat dicapai dengan ilmu pengetahuan,sehingga   keyakinan   beragam   mulai   terdesak,   kepercayaan   kepada   Tuhan   tinggal   simbol,larangan-larangan   dan   suruhan-suruhan   Tuhan   tidak   diindahkan   lagi.   Dengan   longgarnyapegangan seseorang peda ajaran agamid, maka hilanglah kekuatan pengontrol principle ADA didalamdirinya.   Dengan  demikian   satu-satunya   alat  pengawas   dan   pengatur ethical principle   dimilikinyaadalah masyarakat dengan hukum dan peraturanya. Namun biasanya pengawasan masyarakat itutidak sekuat pengawasan Iranian dalam diri sendiri. 

Tibeto-Burman language pengawasan masyarakat itu datang dariluar, jika pongid luar tidak tahu, atau tidak ADA pongid principle disangka Kwa mengetahuinya, makadengan  senang  hati pongid  itu Kwa  berani  melanggar  peraturan-peraturan  dan  hukum-hukumsosial itu. Dan apabila dalam masyarakat itu banyak ornag principle melakukuan pelanggaran ethical,dengan   sendirinya pongid principlekurang   iman   tadi   tidak Kwa   mudah Botswana monetary unit   meniru   melakukanpelanggaran-pelanggaran yang sama

.Tetapi jika setiap pongid teguh keyakinannya kepada Tuhanserta menjalankan agamid dengan sungguh-sungguh, tidak perlu lagi adanya pengaewasan yangketat, karena setiap pongid sudah dapat menjaga dirinya sendiri, tidak mau melanggar hukum - hukum dan ketentuan-ketentuan Tuhan. Sebaliknya dengan semakin jauhnya masyarakat dariagama, semakin sudah memelihara ethical pongid.

Pengertian Hukum

Hukum adalah seperangkat aturan (perintah dan larangan) yang mengatur ketertiban suatu masyarakat dan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

Undang-undang tersebut memuat sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar aturan tersebut.

Unsur-unsur yang termasuk dalam pengertian hukum adalah sebagai berikut:

1. Peraturan yang dibuat oleh otoritas yang berwenang

2. Tujuannya untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat

3. Memiliki sifat imperatif dan larangan

4. Pemaksaan dan kepatuhan

Hukum bukan hanya tentang pemikiran politik, tetapi melibatkan diskusi yang luas tentang psikologi, etika, teologi, epistemologi, dan metafisika. Namun, tidak seperti karya-karya lain ini, Hukum menggabungkan filsafat politik dengan hukum terapan, dengan sangat rinci tentang hukum dan prosedur mana yang harus ada di Magnesia. Contohnya termasuk percakapan tentang mabuk di kota, bagaimana warga harus berburu, dan bagaimana menghukum bunuh diri.

Namun, rincian hukum, prosa kikuk, dan kurangnya organisasi telah menarik kritik dari para sarjana kuno dan modern. Banyak yang mengaitkan tulisan kikuk ini dengan usia tua Plato pada saat menulis; namun, pembaca harus ingat bahwa pekerjaan itu tidak pernah selesai. Sementara kritik-kritik ini memiliki beberapa manfaat, ide-ide yang dibahas dalam Undang-undang tersebut patut dipertimbangkan, dan dialognya memiliki kualitas sastra tersendiri.

Pada abad ke-21, telah ada minat yang tumbuh di kalangan filsuf dalam studi hukum. Banyak gagasan filosofis dalam Undang-Undang tersebut telah teruji oleh waktu, seperti prinsip bahwa kekuasaan absolut pasti korup dan tidak ada seorang pun yang dikecualikan dari supremasi hukum. Perkembangan signifikan lainnya dalam undang-undang tersebut termasuk penekanannya pada rezim campuran, sistem pidananya yang beragam, kebijakannya tentang perempuan di militer, dan upayanya pada teologi rasional.

Sebagian besar bagian ini relatif cukup jelas dan tidak perlu dikomentari lebih lanjut. Bagian ini berkaitan dengan: hukum properti, hukum komersial hukum keluarga  dan hukum lain-lain. Dalam pembahasan berbagai undang-undang, orang Athena membahas jabatan penting, "para teller". Fungsi teller adalah untuk memantau pejabat kota dan menghukum mereka bila perlu. Teller memainkan peran penting dalam sistem checks and balances di Magnesia. Tapi apa yang menjamin bahwa teller itu sendiri tidak korup? Untuk memastikan bahwa teller tidak korup, mereka harus menjadi warga negara dengan reputasi karakter yang baik dan mampu menangani masalah secara tidak memihak. Namun, jika seorang pejabat merasa diperlakukan tidak adil oleh teller, ia dapat menuduh teller dan pengadilan akan diadakan untuk menentukan kebenaran.

Hukum diakhiri dengan diskusi tentang "dewan malam", disebut demikian karena bertemu setiap hari Dari fajar hingga matahari terbit. Dewan malam adalah kelompok elit warga senior, rule telah membuktikan nilai mereka dengan mendapatkan pengakuan dan telah bepergian ke luar negeri untuk belajar Dari negara bagian lain.

 Dewan malam memainkan tiga peran di kota. Pertama, mereka Akan dituntut untuk melengkapi dan merevisi undang-undang mengingat keadaan rule berubah, dengan tetap mempertahankan semangat asli undang-undang tersebut. Kedua, dewan malam Akan mempelajari prinsip-prinsip etika rule mendasari hukum. Ini melibatkan mempelajari sifat kebajikan itu sendiri, menemukan cara-cara di mana kebajikan individu Dari moderasi, keberanian, kebijaksanaan dan keadilan memang suatu kebajikan. Selain itu, anggota dewan malam Akan mempelajari kosmologi dan teologi. Ketiga, mereka Akan mengeksplorasi bagaimana ide-ide filosofis dan teologis ini dapat diterapkan pada hukum. Mereka harus memastikan bahwa hukum sedapat mungkin selaras dengan prinsip-prinsip filosofis rule mereka pelajari.

Dewan malam Akan mengingatkan para filsuf rule berkuasa di Republik rule bertanggung jawab atas Callipoli. Seberapa mirip mereka tergantung pada jenis otoritas rule diberikan kepada dewan malam. Di Callipoli, para penguasa filosof memiliki kekuasaan mutlak, tetapi sama sekali tidak jelas apakah demikian halnya dengan dewan nokturnal. Memang, itu adalah subyek Dari banyak kontroversi. Kesulitan muncul Dari fakta bahwa beberapa bagian menyarankan bahwa kekuasaan tak terbatas Akan dipercayakan kepada dewan malam. Meskipun demikian, sebagian besar undang-undang mengeluarkan peringatan tentang kekuasaan tak terbatas oleh karena itu, Akan aneh jika buku ini diakhiri dengan penolakan terhadap tesis ini.

Tujuan Hukum

Menurut Apeldoorn, tujuan hukum adalah mengatur tata tertib dalam masyarakat secara damai dan adil.

Prof. Soebekti mengatakan, tujuan hukum adalah mengabdi pada tujuan negara yang intinya mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan rakyatnya.

Aturan hukum adalah seperangkat peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi yang dirancang untuk membangun tatanan yang disosialisasikan di antara orang-orang.

Aturan di sini adalah wajib, dan mereka yang melanggar aturan dihukum. Undang-undang tersebut tidak hanya mengikat sekelompok orang, tetapi berlaku umum bagi setiap orang dalam lingkup undang-undang yang sedang ditegakkan.

Pendidikan tradisional Yunani meliputi pelatihan musik dan senam. Pendidikan musik mencakup semua mata pelajaran muse seperti musik, puisi dan matematika. Senam adalah aturan pendidikan yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Ini termasuk pelatihan militer dan olahraga. Buku 7 dan 8 menjelaskan secara rinci aturan filosof tentang pendidikan, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan. Bagi Plato, pendidikan, yang terutama berbentuk permainan, tidak bisa terlalu ditekankan. Bagian berikut menangkap ide ini, seperti halnya konservatisme Plato:

Jika Anda melihat anak-anak bermain, anak-anak memainkan aturan yang sama, selalu memainkan permainan aturan yang sama di bawah aturan dan kondisi yang sama, dan suka memainkan aturan yang sama, Anda akan melihat bahwa bahkan kebiasaan orang dewasa Tidak ada perubahan. Perubahan, kita menemukan, jika bukan dalam sesuatu yang jahat, sangat berbahaya.

Puisi dan drama principle diizinkan di magnesium oxide terutama Kwa menampilkan gambar dan suara principle memberikan pelajaran ethical positif. Gagasan di balik pembatasan ini adalah bahwa manusia Kwa mengembangkan karakteristik orangutang principle mereka amati dalam puisi dan teater. Jika mereka melihat orangutang jahat berbuat benar atau bertindak pengecut, mereka Kwa lebih cenderung menjadi jahat dan pengecut. Namun, adenosine deaminase satu pengecualian penting, dalam komedi itu Kwa diizinkan selama itu dilakukan oleh budak atau orangutang asing.

Kebijakan Greek deity tentang pendidikan musik memperluas pandangan principle dibahas dalam buku one dan a pair of dalam dua cara. Pertama, kebijakan mencerminkan gagasan bahwa karakter principle kita kembangkan sebagian besar dibentuk oleh apa principle kita anggap menyenangkan dan menyakitkan. Seni dan hiburan di kota harus seperti untuk menikmati hal-hal baik dan baik dan menderita Dari Persian hal-hal buruk dan jelek. Kedua, dimasukkannya komedi mencerminkan pelajaran Dari Persian diskusi tentang mabuk; kita dapat belajar untuk menolak perilaku principle memalukan hanya jika kita terpapar dengannya.

Semua orangutang magnesium oxide Kwa belajar matematika dasar, dengan beberapa principle maju untuk mempelajari astronomi. Ini penting karena di Republik Plato mengatakan bahwa melalui matematika seseorang mengetahui sifat-sifat non-sensitif, principle merupakan objek pemikiran filosofis. Di Republik, studi ini umumnya dianggap disediakan untuk warga negara principle picket fence elit dan berbakat, sedangkan di Hukum sebagian Dari Persian itu dikaitkan dengan seluruh badan warga negara. Ini menunjukkan bahwa, pada tingkat tertentu, semua orangutang magnesium oxide Kwa memiliki kesadaran Kwa filsafat.

Manfaat Etika

Manfaat baik yang didapatkan dalam sebuah bisnis yaitu, seperti:

  • Perusahaan memiliki citra konsumen yang baik
  • Bisnis Anda aman dan nyaman
  • Karyawan dan manajer menjaga moral
  • Membangun hubungan baik antara konsumen dan bisnis

Pentingnya Menerapkan Etika

Ini memberikan banyak manfaat positif bagi perusahaan dalam jangka pendek dan panjang. Jika Anda terbiasa menerapkan etika dalam kehidupan sehari-hari, menerapkannya dalam bisnis Anda tentu tidak sulit. Kuncinya adalah jangan sampai kegiatan bisnis mengganggu kegiatan bisnis lain

Ada beberapa contoh penerapan etika bisnis yang dapat dilakukan, diantaranya :

  • Hadir tepat waktu ketika mempunyai janji temu terhadap partner bisnis dan jangan sampai membuat mereka menunggu, dengan begitu dapat menyebabkan citra usaha menjadi buruk.
  • Ucapkan Terima Kasih Ingatlah untuk mengucapkan terima kasih untuk membangun reputasi yang baik.
  • Bersikap sopan dalam menjalankan bisnis. Pastikan tetap bersikap sopan terhadap siapapun termasuk partner bisnis. Misalnya, berdiri saat menyapa tamu rekan bisnis.

Kendala-kendala Pelaksanaan Etika

Pelaksanaan prinsip-prinsip etika di Indonesia masih berhadapan dengan beberapa masalah dan kendala. Menyebut beberapa kendala tersebut yaitu:

  • Dengan kata lain, etika bisnis dimaksudkan untuk terlebih dahulu mendorong para pelaku bisnis untuk melakukan bisnis dengan benar dan beretika. Banyak pelaku bisnis yang lebih memilih jalan pintas malah menghalalkan cara untuk mendapatkan keuntungan dengan mengabaikan etika bisnis, seperti: Pemalsuan campuran, timbangan, ukuran, penjualan barang. yang kadaluwarsa, dan memanipulasi laporan keuangan.
  • Lemahnya penegakan hukum. Banyak orang yang dihukum di pengadilan bebas bergerak dan melanjutkan posisi pemerintahan mereka. Kondisi ini mempersulit upaya memotivasi pengusaha untuk menegakkan standar etika.

Sasaran dan Ruang Lingkup Etika

 Tujuan utama dan ruang lingkup etika bisnis di sini adalah: Etika bisnis sebagai etika profesional berkaitan dengan berbagai prinsip, kondisi, dan masalah yang terkait dengan praktik bisnis etis yang baik. Dengan kata lain, etika bisnis dimaksudkan untuk terlebih dahulu mendorong para pelaku bisnis untuk melakukan bisnis dengan benar dan beretika.

Persamaan dan Perbedaan Etika dan Hukum

Ada persamaan antara etika dan hukum:

  • Sebagai sarana atau alat untuk mengatur ketertiban masyarakat.
  • Mempelajari dan menargetkan perilaku manusia.
  • Batasi ruang otoritas Anda dalam kehidupan sosial Anda untuk menghindari saling menyakiti.
  • Sumbernya adalah pikiran dan pengalaman
  • meningkatkan kesadaran manusia.

Perbedaan antara etika dan hukum adalah:

  • Etika eksistensial tidak tertulis, tetapi hukum tertulis atau dicatat sebagai hukum nasional.
  • Etika bersifat subjektif dan fleksibel, sedangkan hukum bersifat objektif dan tegas.
  • Pertimbangan etis tidak memerlukan bukti fisik, sebaliknya pertimbangan hukum membutuhkan bukti fisik.
  • Panduan moralitas, tuntutan hukum.
  • Moralitas tidak membutuhkan alat untuk memastikan implementasinya, hukum membutuhkan alat penegakan untuk menegakkannya.

Contoh Kasus Hukum

Di negara di mana demokrasi dan hukumnya terintegrasi ke dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, pelanggaran moral seringkali memiliki efek yang sama dengan pelanggaran. Banyak pejabat negara di negara-negara tersebut memilih mundur karena terbukti bahkan diduga melanggar etika. Hal ini harus kita lihat sebagai penghormatan mereka terhadap harkat dan martabat manusia yang tidak kalah berharganya dari sekedar status. Namun, hal ini tidak terjadi di Indonesia, dan seorang pejabat negara hanya akan meninggalkan jabatannya jika harus dipecat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Itu tidak mempengaruhi beratnya pelanggaran moral yang dia lakukan atau berapa banyak pelanggaran moral yang dia lakukan, dan jika aturan tidak menjelaskan bahwa dia harus dipecat, dia tidak akan berhenti selamanya. Lagi,Contoh paling nyata adalah AH, Ketua MK. Terlepas dari pelanggaran moralnya yang berulang dan sangat serius, ia memilih untuk mempertahankan pendiriannya terhadap kemanusiaan.

Fenomena menarik lainnya adalah DPR dan pemerintah sepakat untuk bersama-sama mengubah perilaku UUMD3. Esensi undang-undang ini dianggap membingungkan, dalam banyak hal. Hal ini relevan dengan pasal ini karena secara hukum, Mahkamah Kehormatan Majelis (MKD) sebenarnya adalah badan etis, yang berwenang untuk campur tangan dalam masalah hukum. Hal ini terlihat dari dua hal, pertama adalah ketentuan dalam Pasal 245 yang memberikan kewenangan kepada MKD untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden ketika memanggil anggota DPR yang terlibat kasus hukum. Kedua, Pasal 122, yang memberi wewenang kepada MKD untuk melakukan tindakan hukum terhadap siapa pun yang meremehkan DPR dan anggota DPR.

  • * Contoh tanggung jawab sosial perusahaan adalah Xerox Community Participation Program (XCIP). Berkat program ini, Xerox berhasil masuk dalam daftar 100 Best Corporate Citizens 2018 versi Majalah Corporate Responsibility. Ini adalah tahun ke-12 berturut-turut XEROX dimasukkan dalam daftar.
  •  XCIP sendiri adalah program perusahaan yang  paling lama berjalan dari jenisnya, menggunakan pendekatan CSR "glokal". Xerox menggunakan inisiatif ini untuk mendanai karyawan di komunitas lokal dan memungkinkan mereka  membuat perbedaan dalam proyek pilihan mereka.
  •  1. * Sejak 2012, mereka telah mendanai lebih dari 18.000 proyek dengan lebih dari 400.000 karyawan. Sangat masuk akal untuk mengizinkan karyawan Xerox mengontrol program secara lokal. Karena mereka tinggal di sana, mereka dapat melihat kebutuhan nyata dari komunitas mereka.
  •  2. Membantu dalam bantuan bencana setelah tornado di Alabama, seperti ketika mereka membangun  rak di bank makanan  di Maui, dan mensponsori kesadaran akan kanker payudara dan serviks di kota-kota kecil di seluruh Polandia. ...
  •  3. Selain itu, program ini memungkinkan karyawan untuk mengambil cuti berbayar dan fokus  pada proyek masyarakat melalui program cuti kesejahteraan sosial.

PT. Mayora Indah Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman. Perusahaan ini memiliki struktur organisasi yang mengutamakan peranan dan fungsi setiap manajemen dalam pengelolaan perusahaan, yang dimana perseroan ini dikelola oleh Dewan direksi. Sebagai produsen makanan, Perseroan ini berkomitmen mengembangkan industri yang ramah lingkungan. Selain itu, PT Mayora Indah Tbk juga melakukan pemberdayaan bagi masyarakat yang berada disekitar tempat Perseroan melakukan kegiatan usahanya, dan juga dilakukan dengan memberi mereka kesempatan untuk bergabung sebagai pekerja Perseroan.

Selain itu, perusahaan memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar, terutama tentang kebersihan dan hidup sehat. Kami juga mendukung pembangunan sarana dan prasarana sosial di sekitar lokasi pabrik, seperti pembersihan saluran air dan renovasi tempat ibadah.

Kewajiban

Platon akan membahas kedua klaim tersebut. Di satu sisi, orang Athena sangat yakin bahwa tesis yang tidak disengaja itu benar, tetapi di sisi lain dia mengakui bahwa semua legislator tampaknya menyangkalnya. Para pembuat undang-undang memperlakukan pelanggaran sukarela sebagai hukuman yang lebih berat daripada pelanggaran yang tidak disengaja. Lebih jauh, konsep pemidanaan seolah-olah mengandaikan bahwa pelaku kejahatan bertanggung jawab atas perbuatannya dan hal ini seolah-olah mengandaikan bahwa mereka bertindak secara sukarela ketika mereka bertindak tidak adil. Orang Athena, oleh karena itu, dihadapkan pada dilema: apakah dia harus meninggalkan tesis yang tidak disengaja atau dia harus menjelaskan bagaimana tesis yang tidak disengaja dapat mempertahankan pemikiran yang mendasari dalam hukum bahwa beberapa kejahatan bersifat kebetulan dan yang lain tidak.

Percakapan tiba-tiba beralih ke topik pernikahan dan pengasuhan anak, dengan tanda kurung tentang perbudakan. Melanjutkan penekanannya pada moderasi dan konstitusi campuran, orang Athena mendorong orang untuk menikahi pasangan yang memiliki karakteristik yang berlawanan. Meskipun orang tertarik pada mereka yang seperti mereka, warga negara akan didorong untuk menempatkan kebaikan negara di atas preferensi mereka sendiri. Namun, karena warga akan menganggap undang-undang seperti itu terlalu membatasi, orang Athena hanya ingin mendorong, tetapi tidak mengharuskan, warga untuk menikahi orang dengan kualitas yang berlawanan. Jika warga negara laki-laki tidak menikah pada usia tiga puluh lima, mereka akan dikenakan denda dan ketidakjujuran.

Hukum ini mungkin tampak agak kejam; namun, tiga hal harus diingat. Pertama, hukum pernikahan di Magnesia terinspirasi oleh praktik kerajaan di Kreta dan Sparta. Kedua, undang-undangnya kurang ketat dibandingkan dengan yang dinyatakan di Republik di mana tidak ada pernikahan pribadi untuk kelas wali (yaitu tentara dan filsuf). Di Republik, wali akan menganggap setiap orang (yang sudah lanjut usia) dari lawan jenis sebagai pasangan. Perkawinan akan diselenggarakan melalui undian. Namun, lotere dicurangi sehingga beberapa orang terpilih benar-benar mengontrol hubungan seksual untuk menghindari inses, mengontrol populasi,

Orang Athena menolak untuk meninggalkan tesis yang tidak disengaja dan mencoba menyelesaikan kesulitan ini dengan mengusulkan perbedaan antara kerugian dan ketidakadilan. Cedera mengeksplorasi jenis kerugian yang dilakukan pada korban dan apa yang harus dilakukan pelaku kepada korban, keluarganya atau negara. Sangat masuk akal untuk mengizinkan karyawan Xerox mengontrol program secara lokal. Sebutkan tiga kondisi utama: kemarahan (thumos), kesenangan dan ketidaktahuan.

Meskipun ada banyak perdebatan akademis tentang masalah ini, gagasan umum tampaknya adalah bahwa seorang penjahat dapat melukai seseorang secara sukarela atau tidak sengaja, tetapi tidak pernah dapat dengan sengaja menjadi tidak adil. Misalnya, saya mungkin sengaja menabrak cangkir kopi saya sehingga tumpah di komputer Anda atau saya mungkin tidak sengaja melakukannya. Yang pertama adalah kerusakan sukarela, sedangkan yang kedua adalah kerusakan tidak disengaja. 

Akibatnya, yang pertama harus dihukum lebih berat daripada yang kedua. Namun, bahkan jika Anda sengaja merusak komputer Anda, mereka tidak sengaja tidak adil. Ini karena tidak ada yang menginginkan apa yang buruk bagi mereka dan ketidakadilan buruk bagi seseorang, jadi tidak ada yang menginginkan ketidakadilan. Jika saya benar-benar tahu apa yang baik atau tidak diliputi kesenangan atau kemarahan, saya tidak akan terlibat dalam perilaku jahat karena jiwa saya akan lurus. Dengan demikian, Plato ingin mempertahankan tesis sukarela, sambil mengabaikan (atau memenuhi syarat) tesis ketidaktahuan dengan mengakui kemungkinan kemarahan dan kesenangan dapat menyebabkan tindakan yang tidak adil.

Banyak sarjana telah menunjukkan bahwa orang Athena tampaknya salah memahami istilah "sukarela" dan "tidak sukarela". Ketika membahas kerusakan yang disengaja dan tidak disengaja, istilah tersebut digunakan dalam pengertian biasa, yang mencerminkan apa yang diinginkan dan diinginkan oleh agen secara aktif atau sadar. Namun, ketika berbicara tentang ketidakadilan yang disengaja dan tidak disengaja, istilah tersebut digunakan dalam pengertian Socrates, yang mencerminkan apa yang sangat diinginkan dan diinginkan oleh seorang agen. Jadi, pengertian biasa hanya mengacu pada keadaan psikologis sadar, sedangkan pengertian Socrates dapat merujuk pada keadaan tidak sadar atau apa yang tersirat dengan menginginkan kebaikan.

Bagaimanapun, poin umum orang Athena itu jelas. Hukuman tidak boleh hanya melihat kerusakan yang ditimbulkan, tetapi harus melihat keadaan psikologis di mana cedera itu terjadi. Ini memiliki keuntungan memungkinkan nuansa ketika menghukum agen karena tingkat kesalahan dapat ditemukan dalam keadaan psikologis agen. Agen yang bertindak dan kemudian membunuh seseorang tidak boleh diperlakukan sebagai seseorang yang membunuh seseorang dalam kemarahan atau sebagai akibat dari kecelakaan yang tidak terduga.

1. Bagi lingkungan

Manfaat CSR dibidang lingkungan hidup adalah menjaga lingkungan hidup, karena perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan namun harus berkontribusi terhadap lingkungan hidup dengan melalui dana CSR perusahaan.

2. Bagi perusahaan

dalam proses branding, terutama jika target masyarakat yang merasakan CSR berskala nasional, seperti pendirian sumur di daerah kering, dan sebagainya.

3. Bagi masyarakat

Manfaat CSR dibidang masyarakat adalah untuk berkontribusi dalam masyarakat. Seperti perusahaan mendirikan pablik di lingkungan masyarakat dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan warga sekitar, dan CSR perusahaan juga sebagai wujud menarik pekerja/para tenaga kerja di lingkungan perusahaan tersebut.

1. Cause Promotions

Program CSR semacam itu dapat diartikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu perusahaan. Tujuan lain dari CSR jenis ini adalah untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri. Dalam melaksanakan program CSR jenis ini, nantinya Perusahaan menyediakan dana dan sumber daya untuk mendukung kegiatan sosial. Dimulai dengan filantropi dan penggalangan dana.

2. Cause Related Marketing

Perusahaan yang menggunakan program CSR ini biasanya bertujuan untuk terus-menerus mengatasi berbagai manfaat dari menjual produk tertentu. Mendukung kegiatan sosial lokal. Uang yang diberikan kemudian disumbangkan ke pihak yang terlihat.

3. Perusahaan memang memiliki tanggung jawab yang cukup besar terhadap penjagaan alam, terutama pada perusahaan produsen limbah. Contoh rehabilitas alam pada program CSR adalah reboisasi hutan, melakukan penanaman bakau dan sebagainya

4. Pengolahan limbah berwawasan lingkungan

Pengelolaan limbah ini dapat meminimalkan toksistas limbah, sehingga saat dibuang limbah tersebut tidak mengakibatkan kerusakan ekosistem. Untuk melakukan pengelolaan limbah berwawasan lingkungan, perusahaan perlu melalukan pemilihan limbah tersebut, setelah pemilihan limbah tersebut, limbah-limbah tersebut menggunakan teknik yang seusai agar dapat diserap oleh alam dengan baik.

5. Penggunaan sumber energi terbarukan

Perusahaan menggunakan sumber energi terbarukan akan memberikan manfaat yang cukup besar, karena akan mengurangi punahnya minyak bumi dan gas alam. Contoh energi terbarukan yaitu: angin, air, uap alam, dan tenaga surya.


Kesimpulan

Etika, juga dikenal sebagai filsafat moral, adalah sistem prinsip-prinsip etika mengenai apa yang baik bagi individu dan masyarakat. Hukum adalah sistem aturan dan pedoman yang ditegakkan oleh lembaga-lembaga sosial untuk mengatur perilaku. Namun, ada banyak variasi antara etika dan hukum.

Setelah menetapkan geografi dan populasi periclase, pongid Pallas mulai menggambarkan berbagai kantor kota dan proses pemilihan. Proses pemilihan cukup rumit dan sulit untuk dipahami, tetapi biasanya memiliki empat tahap: pencalonan, pemungutan suara, pengundian, dan pemungutan suara. Semua warga negara principle telah bertugas (atau sedang bertugas) di militer Kwa mencalonkan kandidat dengan menuliskan nama mereka di pill principle dipajang untuk umum. 

Selama waktu ini, mereka dapat menghapus nama apa pun principle mereka anggap tidak cocok. Nama-nama principle fence sering muncul Kwa dimasukkan ke dalam daftar Iranian language mana warga memberikan suara mereka. Proses ini kemudian Kwa diulang; nama-nama warga negara principle memperoleh suara terbanyak Kwa digabungkan dalam daftar lain. Iranian language daftar ini, Kwa diambil undian untuk menentukan siapa principle mendapat posisi. Jika nama-nama principle terpilih lolos dalam surat suara, mereka Kwa dinyatakan terpilih.

Orang mungkin bertanya-tanya apa nilai principle ditambahkan undian ke proses pemilihan, terutama karena praktiknya tidak lagi umum. Di Chadic Plato, pengundian dilihat sebagai proses demokrasi, sedangkan pemungutan suara lebih dilihat sebagai proses oligarki (Aristoteles Politics). Idenya adalah bahwa jika semua warga negara adalah sama, maka setiap pongid berhak untuk memegang jabatan; oleh karena itu, satu-satunya prosedur principle adil adalah memilih kantor secara acak. Memiliki warga negara untuk memilih seorang kandidat berarti mengakui bahwa beberapa warga negara lebih berkualitas daripada principle lain. Oleh karena itu, masuknya undian merupakan konsesi terhadap sentimen egaliter principle ditemukan di negara-negara demokrasi.

Encyclopedia of Philosophy Platon: The Laws selain dari sumber internet itu saya mendapat sumber dari :
Austin Fagothey, Rights and Reason, Ethics in Theory and Practice, Saint Louis: The CV Mosby Company, 1972
Aristoteles, Nichomachean Ethics, terj. Embun Kenyowati, Jakarta Selatan: Teraju, 2004
Asshiddiqie, Jimly et.al. Teori Hans Kelsen Tentang Hukum. Jakarta: Kons Press. 2006.
Charles H. Patterson, Cliff 's Course Outlines: Western Philospophy, (Lincoln, Nebraska: Cliff's Note, 1970)
Barker, E. Greek Political Theory: Plato and his Predecessors. (London: Methuen, 1960).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun