Mohon tunggu...
Aprilia Eka Hariyani
Aprilia Eka Hariyani Mohon Tunggu... Wiraswasta - GURU TETAP YAYASAN

Hobi makan , suka mencoba makanan dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

4 Februari 2024   01:15 Diperbarui: 4 Februari 2024   01:47 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam

Pembelajaran

Lokasi

SMAS ISLAM  NURUL ULUM MALO

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi dan  hasil belajar pada mata pelajaran fisika materi pemanasan global model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan menggunakan metode diskusi kelompok

Penulis

Aprilia Eka Hariyani,S.Pd

Tanggal

23 Januari 2024 dan 24 Januari 2024

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Fisika termasuk salah satu pelajaran yang sulit
  • Pemahaman konsep dan ketrampilan proses yang dimiliki peserta didik masih rendah.
  • Peserta didik terbiasa mengandalkan guru dalam pemecahan masalah fisika
  • Peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran.

Dari poin-poin tersebut dapat disimpulkan bahwa :

  • Model pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) yaitu model konvensional.
  • Pembelajaran jarang terintegritas dengan perkembangan teknologi melalui penerapan media interaktif.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah mengawali dengan mengidentifikasi masalah yang ada dilingkungan sekolah saya kemudian menganalisis penyebab masalah tersebut, mencari solusi dari masalah tersebut berdasarkan kajian literatur,wawancara teman sejawat dan para pakar serta dilanjutkan dengan menentukan slusi yang tepat, meliputi menentukan model pembelajaran yang inovatif,metode pembelajaran yang menarik dan media yang interaktif.selanjutnya dengan membuat rancangan modul ajar, bahan ajar,media power point dan video interaktif,LKPD,Evaluasi dan melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai perangkat yang dibuat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan yang dihadapi diantaranya adalah:

  • Jaringan wifi yang tersedia tergolong kurang maksimal.
  • LCD Proyektor yang jumlahnya hanya dua sehingga memakainya harus bergantian.
  • Peserta didik yang memiliki gawai hanya 20%.
  • Pemahaman dasar yang rendah menyebabkan 65% peserta didik kesulitan dalam kegiatan diskusi kelompok.
  • 55% peserta didik memiliki keterampilan komunikasi yang tergolong rendah.

 Pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan praktik adalah :

  • Penulis, merupakan subjek dalam pembelajaran
  • Siswa, merupakan objek dalam menentukan masalah dan berperan sebagai subjek sekaligus objek dalam proses pembelajaran
  • Teman sejawat, bereperan dalam membantu keterlaksanaan praktik pembelajaran, mulai dari memberikan alternatif solusi sampai memberikan dukungan dalam pelaksanaan aksi.
  • Kepala sekolah, sebagai stakeholder kepala sekolah memberikan dukungan moral dan materiil kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan seluruh kegiatan dan penugasan PPG ini dengan baik.
  • Dosen dan guru pamong yang  selalu memberikan bimbingan dalam menyusun, melakukan dan menyelesaikan tugas atau tagihan di LMS PPG.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah- langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar yang rendah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode diskusi kelompok.
  • Pemanfaatan Teknologi Informasi gawai/chromebook dalam pembelajaran fisika untuk kegiatan asesmen, pencarian bahan ajar.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif ? Atau tidak efektif ? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak pada pembelajaran berdasarkan  Langkah-langkah yang dilakukan dalam aksi antara lain:

  • Pembelajaran menjadi lebih menarik ditandai dengan antusiasme peserta didik saat kegiatan berlangsung.
  • Fokus peserta didik berpusat pada pembelajaran dalam menggunakan media elektronik, dari 40% menjadi 10% peserta didik yang menggunakan gawai untuk bermain.
  • Adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik sehingga terdapat 85% peserta didik menvapai batas KKM
  • Peserta didik dapat bekerjasama dalam tugas kelompok dengan baik,peserta didik yang pasif menjadi lebih aktif.
  • Peserta didik mulai terbiasa aktif berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran.

Hasil yang didapat dengan menerapakan model PBL melalui metode diskusi kelompok antara lain :

  • Peningkatan hasil belajar dari 30% menjadi 70% peserta didik mencapai batas KKM
  • Peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan rata-rata skor 70,71 menjadi 81,5;

Respon dari strategi yang dilakukan terlihat pada penilaian hasil wawancara dengan guru (teman sejawat) adalah :

  • Model pembelajaran Problem Based Leraning efektif dilaksanakan dalam pembelajaran Fisika.
  • Metode diskusi kelompok mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.
  • Media animasi berpengaruh terhadap minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran

Faktor keberhasilan ini tidak luput dari dukungan semua warga sekolah SMAS Islam Nurul Ulum Malo yaitu: Faktor yang menjadi penentu keberhasilan dalam praktik ini adalah sebagai berikut:

  • Ketepatan dalam memilih model dan media pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Fisika.
  • Kerjasama dan dukungan dari teman sejawat, kepala sekolah, dosen, guru pamong, dan rekan rekan kelompok 1 PPG Daljab Fisika 2023 Angkatan 3 LPTK Universitas PGRI Madiun.

Pembelajaran dari proses ini adalah guru harus berperan aktif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran, menyediakan media, alat dan bahan yang beragam sehingga menumbuhkan minat serta motivasi peserta didik sehingga keaktifan dalam pembelajaran peserta didik meningkat. Seorang guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik siswa. Maka daripada itu pentingnya kerjasama, pemahaman guru dalam pemanfaatan teknologi sehingga proses pembelajaran di kelas semakin variatif dan interaktif, dan pemahaman guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran dapatterlaksana dengan baik guna memenuhi tujuan pendidikan abad ke-21.

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun