Mohon tunggu...
Annis Naim
Annis Naim Mohon Tunggu... Wiraswasta - Difafriends, Les Privat Jogja

Konsen Pendidikan Khusus dan Pendidikan Inklusi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Efektif: Kunci Prestasi Peserta Didik

23 Februari 2024   22:11 Diperbarui: 23 Februari 2024   22:21 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran adalah proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman baru. Dalam dunia pendidikan tentunya pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Karena hal tersebut merupakan proses utama dimana siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan. 

Lalu apakah semua pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan siswa? Apakah siswa menjadi terampil saat mengikuti pembelajaran di sekolah? Jawabannya adala belum tentu. Mengapa? Karena tidak semua pembelajaran berjalan dengan efektif. Efektif yang dimaksud yaitu tersampaikannya informasi atau ilmu dengan jelas dan dapat dipahami oleh siswa, sehingga tercapailah hasil yang diinginkan.

Menurut salah seorang ahli yaitu Robert Coe, pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mengarah pada peningkatan prestasi belajar siswa. Nah disini tujuan yang ingin dicapai adalah peningkatan prestasi belajar siswa.


Pembelajaran yang efektif tidak akan serta merta terwujud dengan sendirinya, perlu usaha bersama dari pihak yang berkepentingan, seperti kepala sekolah, orangtua, siswa, terutama guru. Dalam pembelajaran, guru adalah pemimpin sekaligus fasilitator bagi siswa-siswanya. Maka hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah dari sisi guru atau pendidik. Berdasarkan artikel dari Robert Coe, dkk, terdapat enam komponen dalam pembelajaran yang efektif.


1.Kemampuan Pedagogis


Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran efektif yaitu kemampuan pedagogis guru. Kemampuan pedagogis merujuk pada penguasaan konten mata pelajaran. Guru yang menguasai konten materi pelajaran tentu akan mendukung penguasaan materi oleh siswa. Sebaliknya yang terjadi ketika guru tidak menguasai atau di bawah standar maka siswa akan kesulitan dalam memahami materi.

 Selain merujuk pada penguasaan materi, kemampuan pedagogis juga mengarah pada kemampuan memahami cara siswa berpikir tentang konten, mampu mengevaluasi pemikiran di balik metode siswa, dan mengidentifikasi kesalahpahaman umum yang dimiliki siswa.


2.Kualitas Pengajaran


Kualitas pengajaran menjadi hal penting karena berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan pemberian intruksi oleh guru. Kualitas yang baik dalam pengajaran sangat berkaitan dengan praktik yang dilakukan langsung di kelas. Guru harus mampu menyajikan setiap bagian pembelajaran dengan baik, seperti memberikan respon kepada siswa, memberikan waktu praktik keterampilan, penggunaan evaluasi dan penilaian, dan lain-lain.


3.Iklim Kelas


Menurut Danielson's framework, iklim atau lingkungan kelas yang perlu dibangun adalah saling menghargai. Hubungan yang saling menghargai antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Sikap saling menghargai terbentuk dengan interaksi yang intens di dalam kelas, selain itu guru perlu mengajarkan nilai-nilai dalam berinteraksi. Iklim kelas yang baik akan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, yang tentunya hal ini menjadi kunci dalam proses belajar siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun