Hallo teman sobat membaca kembali lagi bersama saya nissa yang cinta dengan anak usia dini. Kali ini saya akan mengupas tentang motorik halus. Minggu kemarin kita sudah membahas tentang motorik kasar dan alat permainan edukatif yang mendukung motorik kasar. Nah, sekarang saya akan membahas mengenai motorik halus yang mana berkaitan dengan alat permainan edukatif.
Sobat baca... Perlu kita tahu nih motorik halus itu apasih? Yakni suatu gerakan yang dikendalikan oleh otot otot kecil dan otak yang mana sudah terkoordinasi terhadap susunan syaraf. Aktifitas atau gerakan pada motorik halus ini apalagi yang terlipat pada  otot-otot tangan dan jari-jari dan biasanya membutuhkan ketelitian, ketelitian dan koordinasi yang tinggi antara otot-otot tangan dan otot-otot kecil.Â
Pada kemampuan motorik halus ini tentunya sangat berhubungan dengan ketrampilan fisik yang mana nantinya akan melibatkan seperti otot kecil dan otak serta koordinasi panca indra.
Dalam buku Psikologi Perkembangan dari Elizabeth B. Hurlock ini mengatakan bahwa "Untuk mengembangkan keterampilan ada tiga hal yang penting yaitu kesempatan untuk berlatih, rangsangan untuk belajar, contoh yang baik untuk ditiru dan bimbingan yang baik untuk meyakinkan bahwa peniruan yang dilakukan itu benar".Â
Adapun kegiatan guna kemampuan motorik halus diantaranya seperti menggunting, menggambar, mewarnai, merobek, menulis, meronce, melipat, menjahit, meremas, menggenggam, menganyam, melukis, dan masih banyak lagi.
Adapun perkembangan motorik halus yang sesuai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)yakni sebagai berikut:
0-3 bulan : (1) Refleks untuk menggenggam ketika telapak tangannya disentuh, (2) memainkan jari tangan dan kaki, (3) memasukkan jari ke dalam mulut.
3-6 bulan : (1) Memegan lan g benda menggunakan lima jari, (2) memainkan benda menggunakan tangan, (3) mengambil sesuatu yang ada di hadapannya.
6-9 bulan : (1) Mulai bisa meremas, (2) bisa menyerahkan atau memberikan benda ke tangan oranglain, (3) bisa menggunakan teknik kepiting ketika memegang benda.
9-12 bulan : (1) Mulai bisa memegang benda-benda yang kecil nan tipis dengan kuat, (2) Mulai bisa menggaru k kepala
1 -1,5 tahun : (1) Anak mulai bisa mencoret-coret, (2) Bisa memegang benda-benda seperti bola dan gelas menggunakan kedua tangan, (3) Bisa memasukkan benda ke dalam wadah