Action plan adalah dokumen untuk menyusun langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan. Setiap goal atau tujuan perlu dipastikan agar dipecah menjadi aksi-aksi yang bisa dilakukan agar bisa terpantau pelaksanaannya. Tidak hanya rencana berupa kegiatannya saja, tetapi waktu yang dibutuhkan perlu dicantumkan dalam sebuah action plan.
Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui contoh action plan untuk HRD!
Manfaat Action Plan
Penting bagi HRD untuk membuat action plan agar tugas-tugas yang ada dapat dikerjakan dengan mulus. Berikut ini adalah empat manfaat dari action plan untuk HRD:
Memberi arah yang jelas
Divisi HRD tentu memiliki anggota lebih dari satu dan dengan dibuatnya action plan bisa membuat rencana aktivitas bagi setiap anggota. Dengan begitu, tujuan yang dicapai pun terpantau lebih jelas.
Mengatur jalannya tugas dengan efisien
Banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam melakukan pekerjaan perlu dicari caranya agar lebih efisien. Salah satunya adalah dengan membuat action plan yang bisa menjadikan jalannya tugas lebih terorganisir.
Progress lebih mudah dipantau
Penting sekali untuk memantau progress yang sudah dijalankan untuk memastikan bahwa projek atau tugas besar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana yang dibuat.
Meningkatkan akuntabilitas
Action plan untuk HRD juga menjadi sebuah alat untuk meningkatkan akuntabilitas setiap tugas yang dikerjakan anggota tim. Melalui action plan, tim HRD dapat menghindari keterlambatan dan kesalahan yang bisa saja terjadi.Â
Bagaimana Bentuk Action Plan?
Ingin tahu bagaimana isi dari action plan untuk HRD? Berikut ini adalah contoh dari sebuah action plan yang bisa dibuat untuk divisi Anda.
Berdasarkan contoh di atas, ada berbagai macam aspek yang perlu dimasukkan. Pertama, ada task untuk menentukan tugas apa yang perlu dilakukan divisi HRD. Lalu, actions menjadi rincian yang lebih spesifik lagi mengenai tugas yang akan dikerjakan. Dari setiap task, perlu ada penanggung jawab atau pemiliknya untuk mengontrol, maka dari itu perlu dimasukkan owner dari tugasnya.Â
Ada juga timeline yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah tugas. HRD perlu memiliki waktu yang jelas mengenai tugas yang dikerjakan. Selain timeline, deadline perlu dibuat agar dapat diketahui kapan batas waktu tugasnya. Untuk bagian result, HRD dapat mengisi dengan apa yang dihasilkan dari tugas yang dilakukan.
Tips Menjalankan Action Plan
Tidak selamanya action plan dapat berjalan dengan baik. Untuk Anda sebagai HRD, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan action plan yang dibuat:
Tentukan prioritas dari goal
Aktif memantau action plan
Memberi tanda pada tugas/task yang sudah selesai ataupun belum
Evaluasi dari action plan
Dalam proses rekrutmen, Anda sebagai HR tidak perlu khawatir lagi dengan proses perekrutan yang memakan waktu lama. Kini, Aikrut.id hadir untuk membantu perusahaan Anda menyaring talenta berpotensial yang bisa maju bersama perusahaan Anda.
Aikrut.id merupakan aplikasi rekrutmen berbasis teknologi (Artificial Intelligence) yang dapat membantu Anda sebagai HR dalam proses rekrutmen.
Ingin coba? Yuk, hubungi kontak yang tertera di blog kami.
Untuk membaca lebih banyak artikel mengenai dunia pekerjaan, silakan baca juga artikel lainnya di blog Aikrut.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI