Mohon tunggu...
Annisa Digmawati
Annisa Digmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Trilogi

19113022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perencanaan dan Teknik Promosi dalam Komunikasi Pemasaran

7 Juli 2022   22:37 Diperbarui: 7 Juli 2022   22:54 2235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Tulisan ini dibuat untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Prodi Manajemen Univesitas Trilogi  untuk  Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran dengan dosen pengampu yaitu Dr. Kabul Wahyu Utomo,SE.,M.Si

 Setiap perusahaan yang beroperasi tentunya ingin usaha yang dijalankan berjalan dengan baik, dan terus berkembang lebih besar. Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan melakukan kegiatan promosi. Promosi ini adalah hal yang sangat penting dalam mempertahankan dan meningktakan penjualan produk perusahaan. 

Sebuah perusahaan pada dasarnya dapat membuat suatu program promosi yang efektif dengan merencanakan dan menerapkan teknik promosi secara sistematis, yang tentunya hal ini dilakukan melalui tahap evaluasi secara terus-menerus, hingga  menemukan teknik yang paling tepat. 

Perencanaan promosi merupakan proses mengoptimalkan penggunaan alat pemasaran, strategi, dan sumber daya untuk mempromosikan produk atau layanan dengan tujuan menghasilkan permintaan dan mencapai tujuan tertentu. 

Rencana promosi terbaik terdiri dari beberapa langkah. Beberapa teknik promosi yang terbukti efektif  untuk promosi perusahaan, diantaranya ada teknik branding, teknik segmentasi pasar, dan juga teknik positioning produk.  Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perencanaan promosi ini, yaitu :

Lakukan Analisis Situasi

           Analis situasi merupakan langkah awal yang paling penting dalam perencanaan promosi. Analisis ini dapat dilakukan terhadap situasi permintaan, persaingan, pertimbangn hukum, keuangan, serta sumber daya manusianya. Jika situasi tersebut dapat dianalisis dengan tepat dan cermat, tentu kegiatan promosi akan berbuah hasil yang baik.

  • Tetapkan Tujuan - Agar kegiatan promosi berjalan lebih efisien, pastikan untuk merencanakan dan mengaturnya dengan tepat. Tujuan promosi adalah untuk menciptakan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau memperkenalkan produk baru, denga
  • Tetapkan Anggaran - Penetapan anggaran promosi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan promosi. Tujuannya agar kegiatan memperkenalkan produk ke konsumen dapat cepat dilakukan, jika semua persiapan sudah matang. Karena semakin cepat pengenalan produk pada pelanggan, maka semakin cepat pula kemungkinan pelanggan membeli produk.
  • Manajemen Elemen Komponen Rencana Promosi - Dalam menjamin efektivitas komunikasi, berbagai sumber daya komunikasi perlu dimasukan kedalam rencana promosi. Beberapa sumber daya komunikasi promosi yang dapat digunakan seperti periklanan, reseller, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas.
  • Lakukan Pengukuran Efektivitas - Setelah rencana promosi dibuat. Langkah selanjutnya adalah menguji promosi di beberapa segmen pasar yang telahdipilih untuk mengidentifikasi potensi atau masalah yang ada sebelum menerapkan promosi secara penuh. Perusahaan perlu melihat bagaimana efektivitas biaya promosi, bagaiamana kesadaran merek dari pelanggan,  masalah yang dihadapi selama fase pengujian, tingkat respons pelanggan, dan faktor lain dalam perencanaan promosi yang telah dirancang.
  • Lakukan Evaluasi Akhir - Kinerja rencana promosi perlu diperiksa terhadap standar dan tujuan yang ditetapkan serta sesuai dengan tindakan korektif yang diambil. Dalam melakukan evaluasi, semua faktor eksternal perlu diperhatikan seperti resesi ekonomi, permiintaan musinan, dan lainnya yang dapat berpengaruh pada keputusan pembelian pelanggan.

        Dalam membuat rencana promosi, perusahaan perlu untuk mendetail unsur apa saja yang akan digunakan, sehingga unsur-unsur yang digunakan tersebut dapat dikoordinasikan dengan baik antara satu dengan yang lainnya.

Perencanaan Personal Selling

 Dalam perencanaan ini meliputi target penjualan, startegi, anggaran, tujuan dan juga metode perhitungan dari hasil personal selling.

Perencanaan Iklan 

Dalam perencanaan ini meliputi target iklan, tujuan, strategi, anggaran, dan lainnya yang berkaitan dengan hasil periklanan.

Perencanaan Publikasi 

Dalam Perencanaan in meliputi target publikasi, tujuan, jadwal, dan saranan untuk mengukur hasil publikasi.

Perencanaan Promosi 

Dalam perencanaan ini mencakup target dari promosi penjualan, strategi, tujuan, anggaran, saranan perngukuran, dan lainnya yang berkaitan dengan perencanaan promosi.

            Tujuan dari  promosi penjualan yang paling utama ialah untuk meningkatkan penjualan atau minat beli dari konsumen. Setelah melakukan perencanaan, perlu di tentukan teknik promosi apa yang akan digunakan.

Teknik Promosi adalah teknik yang digunakan untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. teknik branding, teknik segmentasi pasar, dan juga teknik positioning produk merupakan teknik promosi yang biasa digunakan oleh beberapa peushaan dan terbukti cukup efektif.

Teknik Branding 

            Brand atau merek merupakan identitas bisnis yang membedakan produk dan jasa yang dimiliki oleh produk pesaing. Untuk itu, keistimewaan merek menjadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk mengungguli merek pesaingnya. Salah satu ciri suatu merek adalah dikenal dan diingat oleh konsumen. 

Teknik branding ini sangat dibutuhkan menciptakan da kesadaran merek, menjamin tingkat kualitas dan kepuasan konsumen tertentu, dan untuk memungkinkan posisi strategis produk diantara pesaing lainnya.

Teknik Segmentasi Pasar 

            Segmentasi pasar adalah strategi pemasaran perusahaan untuk mengidentifikasi minat dan kebutuhan konsumen di pasar yang menghasilkan produk baru yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen. Dalam artian, pasar yang sebelumnya hanya satu nomor dan luas jangkauannya, telah dibagi lagi menjadi beberapa pasar homogen. 

Teknik segmentasi pasar ini diperlukan untuk memudahkan dalam membedakan pasar, Strategi pemasaran menjadi lebih terarah, lebih mudah dalam mengevaluasi target dan rencana bisnis, serta ebih mudah dalam mengenal pesaing pada segmen yang sama. Tiga tenik dasar dalam segmentasi pasar yaitu :

Demografi      : Artinya bahwa segmen dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan (kekayaan bersih), pekerjaan, dan faktor serupa.

Geodemografi : Artinya bahwa segmen ini pada dasarnya adalah pendekatan untuk mengklasifikasikan orang berdasarkan tempat tinggal mereka.

Psikografis      : Artinya bahwa segmen ini mengklasifikasikan orang menurut nilai, pendapat, kepribadian, sifat, minat, dan faktor serupa. Ketika elemen berubah dan gaya hidup berubah, sifatnya membuat pendekatan menjadi dinamis. Segmentasi berdasarkan teknik ini perlu dinamis.

Teknik Positioning Produk 

           Positioning produk merupakan strategi yang digunakan untuk menentukan keberlangsungan produk di pasaran dan bagaimana konsumen dapat melihat loyalitas perusahaan yang menghasilkan produk tersebut. 

Positioning produk melibatkan pemasaran dengan mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan kelompok yang dipilih atau dengan menggunakan insentif promosi yang unik untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu tanpa membuat perubahan pada produk fisik termasuk segmentasi. Terdapat tiga elemen penting dalam positioning produk :

  • Posisi suatu produk adalah persepsi yang ditimbulkannya di benak konsumen sasaran.
  • Persepsi ini mencerminkan esensi produk dari segi fungsional dan non-fungsionalnya manfaat fungsional dalam penilaian konsumen itu.
  • Hal ini relatif terhadap persepsi, yang dianut oleh konsumen tersebut, tentang produk pesaing, yang semuanya dapat direpresentasikan sebagai titik atau posisi dalam ruang persepsinya dan bersama-sama, membentuk kelas produk.

Perencanaan dan pemilihan teknik promosi sangat dibutuhkan untuk bisa menarik minat konsumen, jika promosi yang dilakukan perusahaan berhasil, tentu hal tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan. Ditengah perkembangan teknologi saat ini, kegiatan promosi dapat dilakukan dengan mudah, tidak hanya melalui media cetak, namun bisa juga dengan media online.  

Terima Kasih.

REFERENSI

Artikel dengan judul Cara Menentukan Strategi Segmentasi Pasar yang Tepat. Link : https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-tentukan-segmentasi-pasar/

Buku oleh Olujimi Kayode dengan Judul "Marketing Communication"

Artikel dengan judul Tujuan Promosi Penjualan dan Tekniknya. Link : https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/07/110000569/tujuan-promosi-penjualan-dan-tekniknya?page=all  

Arikel dengan judul 5 Teknik Yang Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Penjualan. Link : https://www.simplidots.com/teknik-promosi-yang-dapat-anda-lakukan-untuk-meningkatkan-penjualan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun