Mohon tunggu...
Nat
Nat Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswi selow

kuliah sambil chill

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

PENTING! Ciri Media Baru! BBC Indonesia Online Sudah Jadi Salah Satunya?

3 September 2019   01:57 Diperbarui: 3 September 2019   14:00 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan teknologi informasi kini membuat menjamurnya portal-portal berita online yang mengusung konsep sebagai media baru. Kebanyakan orang menganggap ketika sebuah media telah memiliki portal online, maka media tersebut dapat disebut sebagai media baru. Namun kenyataannya media baru perlu untuk memenuhi berbagai karakteristik untuk dapat layak disebut sebagai media baru.

 BBC (British Broadcasting Company) 

Lembaga penyiaran publik BBC (British Broadcasting Company) merupakan salah satu media penyiaran publik yang kini telah mengembangkan cakupan produknya dalam bentuk halaman berita online. Lembaga penyiaran yang memiliki kantor pusat di London, Inggris ini juga telah memiliki cabang portal online indonesia yaitu BBC Indonesia. 

Domain dari BBC Indonesia juga telah tercatat di domainbigdata.com  dengan pendaftar atas nama Brandon Butterworth yang berada di bawah organisasi British Broadcasting Company yang berpusat di London. 

Namun apakah benar bahwa portal BBC Indonesia sudah memenuhi semua kriteria media baru? Menurut Lister, Dovey, Giddings, Grant & Kelly (2009) membagi karakteristik media sebagai beriikut: digital, interactive, hypertexual, virtual, networked, dan simulated. Dan dalam tulisan ini akan ditambahkan empat karakteristik tambahan yaitu: content, functionality, navigation, dan audio/video quality.

Meskipun demikian Lister et.al. (2009)  juga menyatakan bahwa karakteristik media baru bukanlah tujuan yang harus dipenuhi oleh media baru, namun digunakan sebagai panduan membangun media baru yang lebih baik dan digunakan untuk menunjukkan sudah sejauh mana teknologi media baru telah berkembang. 

"...  identifying new media's 'characteristics', is not meant to lead to or endorse essentialism but to take seriously the physical constitution and operation of technologies as well as the directions in which they have been developed." - Lister et.al. (2009)

Karakteristik New Media

  1. Digital

Digital berarti media tidak lagi memiliki bentuk fisik dan bisa dimuat dalam bentuk yang kecil dan dalam waktu yang cepat. Contohnya adalah dengan menggunakan internet. 

BBC Indonesia telah mengaplikasikan ini dengan membawa beritanya dalam bentuk halaman web yang mudah diakses baik menggunakan PC atau mobile.

Tampilan BBC Indonesia PC
Tampilan BBC Indonesia PC
dokpri
dokpri
  1. Interactive

Interaktifitas media baru diidentifikasikan dengan adanya interaksi lebih dan fitur 'user generated' yang membuat audiens bisa menentukan pilihan dengan kemungkinan yang tidak terbatas.

Dalam konteks BBC Indonesia, dengan disediakannya banyak pilihan topik berita, pengguna dapat dengan mudah memilih topik apa yang menarik untuknya. Namun kekurangannya adalah tidak ada fitur komentar di setiap berita, sehingga koneksi ke pengguna tidak bisa sepenuhnya berjalan dengan dinamis dan real time.

  1. Hypertexual

Hypertextual ditunjukkan dengan adanya link dalam artikel yang dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai topik terkait secara lebih mendalam.

BBC Indonesia belum mengaplikasikan karakteristik ini. Dalam berita-berita yang dimuat hanya terdapat kata-kata di dalam setiap isinya tanpa ada hypertext yang bisa dipilih untuk memberikan informasi tambahan.

  1. Virtual

Aspek virtual merupakan salah satu karakter terpenting dalam bentuk media baru. Dengan menjadi media yang virtual, media dapat mendekatkan realitas dan menggantikannya dengan elemen lain secara digital. Beberapa contoh bentuk vritualitas adalah dengan adanya ruang untuk obrolan daring, section komen, adanya video dan gambar yang dapat menggambarkan topik yang sedang dibahas dan jawaban dari media yang bisa diberikan secara real time.

Sayangnya aspek virtualitas dari BBC Indonesia hanya sebatas pada kehadiran gambar dan video, namun belum bisa memfasilitasi section komentar dan obrolan daring yang dapat diakses secara real time.

  1. Networked

Dalam aspek networked, media dapat membuat orang-orang didalamnya untuk memiliki jaringan, mendekatkan media dengan audiensnya, dan fitur untuk membagikan topik ke media sosial lainnya. 

BBC Indonesia baru bisa memfasilitasi bentuk koneksi dengan adanya fitur berbagai ke media sosial lainya yaitu email, Facebook, Twitter, dan Linkedin. 

Berita dapat dibagikan ke berbagai sosial media di bbc.com/indonesia/
Berita dapat dibagikan ke berbagai sosial media di bbc.com/indonesia/
  1. Simulated

Dengan karakter simulated, media baru diharapkan untuk dapat menjadi sarana simulasi bagi penggunanya. Aspek ini terkait erat dengan aspek virtual.

Dengan kurangnya fitur yang dapat diperegunakan untuk mendekatkan antar pengguna BBC Indonesia belum bisa menjadi simulasi ruang diskusi untuk penggunanya.

  1. Content

Konten diidentifikasikan dengan aspek-aspek teknis dari berita yang terdapat di portal dari media baru. Contohnya adalah berita-berita yang disajikan mengikuti kaidah penulisan jurnalistik.

BBC Indonesia telah menggunakan kalimat yang cocok dalam berita-beritanya dengan memerhatikan aspek jurnalistik tanpa adanya judul yang bombastis yang berbau seperti jurnalisme kuning.

  1. Functionality

Aspek fungsionalitas dinilai dari kemudahan pengguna untuk megakses dan menggunakan media online.

Dengan tulisan yang legible dan readable dalam setiap beritanya, pengguna dapat dengan mudah tentu akan dapat mengoperasikan web ini dengan baik.

  1. Navigation

Navigasi yang baik ditandai dengan kemudahan pengguna untuk menemukan topik dan subjek yang ingin dicari melalui web.

Dengan tampilan yang jelas mengenai topik-topik besar, BBC Indonesia dapat memudahkan penggunanya untuk menemukan informasi yang mereka tuju.

  1. Audio/video quality

Media baru harus memiliki aspek lain selain teks, yaitu konten yang berbentuk audio dan visual. Kualitas gambar dalam media baru dapat menentukan apakah konten tersebut informatif dalam menggambarkan isinya, selain itu harus dapat membantu audiens untuk memahami topik yang dibahas. 

BBC Indonesia telah menyediakan fitur video dan audio. Kualitasnya juga cukup baik sehingga dapat membantu audiensya untuk memahami kejadian yang terjadi

Konten-konten audio & visual.dokpri
Konten-konten audio & visual.dokpri
Konten-konten berbentuk gambar.dokpri
Konten-konten berbentuk gambar.dokpri
Lalu apa selanjutnya?

Media baru menjadi bagian yang tidak terpisah dari kehidupan manusia. Dan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, media baru akan terus mengalami perubahan dan penyesuaian. Sebagai pengguna kita tetap harus bijak dan diharapkan untuk bisa mengikuti perkembangan dinamis dari media baru. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun