Perkembangan teknologi informasi kini membuat menjamurnya portal-portal berita online yang mengusung konsep sebagai media baru. Kebanyakan orang menganggap ketika sebuah media telah memiliki portal online, maka media tersebut dapat disebut sebagai media baru. Namun kenyataannya media baru perlu untuk memenuhi berbagai karakteristik untuk dapat layak disebut sebagai media baru.
 BBC (British Broadcasting Company)Â
Lembaga penyiaran publik BBC (British Broadcasting Company) merupakan salah satu media penyiaran publik yang kini telah mengembangkan cakupan produknya dalam bentuk halaman berita online. Lembaga penyiaran yang memiliki kantor pusat di London, Inggris ini juga telah memiliki cabang portal online indonesia yaitu BBC Indonesia.Â
Domain dari BBC Indonesia juga telah tercatat di domainbigdata.com dengan pendaftar atas nama Brandon Butterworth yang berada di bawah organisasi British Broadcasting Company yang berpusat di London.Â
Namun apakah benar bahwa portal BBC Indonesia sudah memenuhi semua kriteria media baru? Menurut Lister, Dovey, Giddings, Grant & Kelly (2009) membagi karakteristik media sebagai beriikut: digital, interactive, hypertexual, virtual, networked, dan simulated. Dan dalam tulisan ini akan ditambahkan empat karakteristik tambahan yaitu: content, functionality, navigation, dan audio/video quality.
Meskipun demikian Lister et.al. (2009) juga menyatakan bahwa karakteristik media baru bukanlah tujuan yang harus dipenuhi oleh media baru, namun digunakan sebagai panduan membangun media baru yang lebih baik dan digunakan untuk menunjukkan sudah sejauh mana teknologi media baru telah berkembang.Â
"... Â identifying new media's 'characteristics', is not meant to lead to or endorse essentialism but to take seriously the physical constitution and operation of technologies as well as the directions in which they have been developed." - Lister et.al. (2009)
Karakteristik New Media
Digital
Digital berarti media tidak lagi memiliki bentuk fisik dan bisa dimuat dalam bentuk yang kecil dan dalam waktu yang cepat. Contohnya adalah dengan menggunakan internet.Â
BBC Indonesia telah mengaplikasikan ini dengan membawa beritanya dalam bentuk halaman web yang mudah diakses baik menggunakan PC atau mobile.
Interactive
Interaktifitas media baru diidentifikasikan dengan adanya interaksi lebih dan fitur 'user generated' yang membuat audiens bisa menentukan pilihan dengan kemungkinan yang tidak terbatas.
Dalam konteks BBC Indonesia, dengan disediakannya banyak pilihan topik berita, pengguna dapat dengan mudah memilih topik apa yang menarik untuknya. Namun kekurangannya adalah tidak ada fitur komentar di setiap berita, sehingga koneksi ke pengguna tidak bisa sepenuhnya berjalan dengan dinamis dan real time.
Hypertexual
Hypertextual ditunjukkan dengan adanya link dalam artikel yang dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai topik terkait secara lebih mendalam.
BBC Indonesia belum mengaplikasikan karakteristik ini. Dalam berita-berita yang dimuat hanya terdapat kata-kata di dalam setiap isinya tanpa ada hypertext yang bisa dipilih untuk memberikan informasi tambahan.
Virtual
Aspek virtual merupakan salah satu karakter terpenting dalam bentuk media baru. Dengan menjadi media yang virtual, media dapat mendekatkan realitas dan menggantikannya dengan elemen lain secara digital. Beberapa contoh bentuk vritualitas adalah dengan adanya ruang untuk obrolan daring, section komen, adanya video dan gambar yang dapat menggambarkan topik yang sedang dibahas dan jawaban dari media yang bisa diberikan secara real time.
Sayangnya aspek virtualitas dari BBC Indonesia hanya sebatas pada kehadiran gambar dan video, namun belum bisa memfasilitasi section komentar dan obrolan daring yang dapat diakses secara real time.
Networked
Dalam aspek networked, media dapat membuat orang-orang didalamnya untuk memiliki jaringan, mendekatkan media dengan audiensnya, dan fitur untuk membagikan topik ke media sosial lainnya.Â
BBC Indonesia baru bisa memfasilitasi bentuk koneksi dengan adanya fitur berbagai ke media sosial lainya yaitu email, Facebook, Twitter, dan Linkedin.Â
Simulated
Dengan karakter simulated, media baru diharapkan untuk dapat menjadi sarana simulasi bagi penggunanya. Aspek ini terkait erat dengan aspek virtual.
Dengan kurangnya fitur yang dapat diperegunakan untuk mendekatkan antar pengguna BBC Indonesia belum bisa menjadi simulasi ruang diskusi untuk penggunanya.
Content
Konten diidentifikasikan dengan aspek-aspek teknis dari berita yang terdapat di portal dari media baru. Contohnya adalah berita-berita yang disajikan mengikuti kaidah penulisan jurnalistik.
BBC Indonesia telah menggunakan kalimat yang cocok dalam berita-beritanya dengan memerhatikan aspek jurnalistik tanpa adanya judul yang bombastis yang berbau seperti jurnalisme kuning.
Functionality
Aspek fungsionalitas dinilai dari kemudahan pengguna untuk megakses dan menggunakan media online.
Dengan tulisan yang legible dan readable dalam setiap beritanya, pengguna dapat dengan mudah tentu akan dapat mengoperasikan web ini dengan baik.
Navigation
Navigasi yang baik ditandai dengan kemudahan pengguna untuk menemukan topik dan subjek yang ingin dicari melalui web.
Dengan tampilan yang jelas mengenai topik-topik besar, BBC Indonesia dapat memudahkan penggunanya untuk menemukan informasi yang mereka tuju.
Audio/video quality
Media baru harus memiliki aspek lain selain teks, yaitu konten yang berbentuk audio dan visual. Kualitas gambar dalam media baru dapat menentukan apakah konten tersebut informatif dalam menggambarkan isinya, selain itu harus dapat membantu audiens untuk memahami topik yang dibahas.Â
BBC Indonesia telah menyediakan fitur video dan audio. Kualitasnya juga cukup baik sehingga dapat membantu audiensya untuk memahami kejadian yang terjadi
Media baru menjadi bagian yang tidak terpisah dari kehidupan manusia. Dan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, media baru akan terus mengalami perubahan dan penyesuaian. Sebagai pengguna kita tetap harus bijak dan diharapkan untuk bisa mengikuti perkembangan dinamis dari media baru.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H