Mohon tunggu...
Anna Kurnia
Anna Kurnia Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA Negeri Tasikmalaya

Guru Bimbingan dan Konseling di salah satu SMA di Kota Tasikmalaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Kegiatan PPL Bimbingan Klasikal

9 Juni 2023   10:12 Diperbarui: 9 Juni 2023   10:15 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE KEGIATAN PPL

BIMBINGAN KLASIKAL

Nama                         : Anna Kurnia

NIM                            : 22123299120

Prodi                          : Bimbingan dan Konseling

Asal Instansi           : SMA Negeri 5 Tasikmalaya

Lokasi

SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin  dicapai

Tujuan yang ingin dicapai dalam Kegiatan PPL layanan Bimbingan Klasikal dengan metode role playing melalui diskusi, bermain peran, dan analisis diharapkan :

  • Tujuan Umum
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi emosi marah dan kecewa.
  • Tujuan Khusus
  • Peserta didik dapat mengkatagorikan jenis-jenis emosi
  • Peserta didik dapat menampilkan emosi marah dan kecewa
  • Peserta didik dapat mengendalikan emosi marah dan kecewa

Penulis

Anna Kurnia, S.Pd

Tanggal

21 Januari 2023

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Kondisi yang Menjadi Latar belakang Masalah yaitu pada awalnya praktikan melakukan asesmen kepada peserta didik menggunakan Inventori Tugas Perkembangan, selain itu melakukan wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum mengenai kebutuhan sekolah dan visi misi sekolah. Berdasarkan hasil asesmen dan wawancara didapatkan hasil bahwa kebutuhan peserta didik adalah pemahaman mengenai kematangan emosional.
  • Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena diharapkan dengan terlaksananya Bimbingan Klasikal ini dapat memenuhi kebutuhan peserta didik untuk mampu mengkategorikan jenis-jenis emosi, menampilkan emosi marah dan kecewa, mengendalikan emosi marah dan kecewa.
  • Peran dan Tanggungjawab Praktikan
  • Memperoleh bimbingan dari dosen dan guru pamong mengenai cara mengidentifikasi kebutuhan peserta didik
  • Memperoleh bimbingan dalam penyusunan RPL  serta arahan mengaplikasikan dalam kegiatan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan praktikan.
  • Mempresentasikan hasil penyusunan RPL serta berdiskusi bersama dosen, guru pamong, dan teman-teman mahasiswa PPG dalam satu kelompok
  • Melakukan revisi terhadap RPL
  • Melakukan kegiatan bimbingan klasikal dan mendokumentasikan kegiatan tersebut.
  • Melakukan pengeditan video bimbingan klasikal
  • Mengunggah video bimbingan klasikal tersebut ke LMS

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?Siapa saja yang terlibat?

  • Tantangan dalam Mencapai Tujuan
  • Dalam pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilaksanakan terdapat beberapa tantangan, diantaranya :
  • Pelaksanaan kegiatan bimbingan klasikal bersamaan dengan waktu olahraga kelas lain, sehingga terdengar suara peserta didik lain yang sedang berolahraga di lapang.
  • Kondisi kelas yang kurang terang .
  • Perangkat infokus yang kadang mengalami error.
  • Pihak yang Terlibat dalam Pelaksanaan PPL

Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini melibatkan banyak pihak diantaranya dosen, guru pamong, kepala sekolah, wakasek kurikulum, walikelas, dan rekan sejawat sesama guru BK.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

  • Langkah-langkah yang praktikan lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, yaitu :
  • Berkoordinasi dengan peserta didik terkait kesepakatan waktu.
  • Melakukan pengaturan kamera agar mengambil gambar terbaik yang jelas meskipun kondisi kelas kurang terang.
  • Menyiapkan perangkat cadangan dan berkoordinasi dengan rekan guru yang memahami penggunaan teknologi.
  • Strategi yang digunakan
  • Strategi yang digunakan yaitu menjalin koordinasi atau komunikasi yang lebih baik dengan pihak-pihak yang membantu kelancaran kegiatan PPL ini.
  • Pihak yang Terlibat
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam proses kelancaran kegiatan PPL ini yaitu peserta didik, walikelas, dan rekan sejawat sesama guru Bimbingan dan Konseling yang membantu mendokumentasikan kegiatan PPL.

Refleksi Hasil dan Dampak :

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

  • Dampak dari aksi dari langkah-langkah
  • Kegiatan PPL bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dalam proses kegiatan peserta didik sangat aktif berdiskusi dan berani melakukan bermain peran sesuai dengan yang sudah direncanakan. Kegiatan juga berlangsung sangat menyenangkan meskipun kondisi diluar kelas ramai. Peserta didik memahami materi yang didiskusikan karena praktikan langsung melakukan evaluasi didalam kelas kepada peserta didik. Keberhasilan secara jangka panjang terhadap perilaku peserta didik masih harus terus diamati dan diberi penguatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun