Anjelika Gloria | Universitas Kristen Petra
Kantor yang unik tentunya akan menarik perhatian yang bekerja maupun pengunjung dari suatu bisnis. Pekerja cenderung merasa lebih nyaman dalam melakukan pekerjaan yang diberikan, dan pengunjung akan merasa lebih tertarik untuk menghabiskan waktu lebih banyak di dalam kantor. Oleh karena itu, kunci dari desain kantor yang baik mengimplementasikan konsep brand identity. Jadi, apa yang dimaksud dengan brand identity?
Apa itu brand identity?Â
Brand identity adalah salah satu faktor terpenting untuk membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang dijalankan. Persepsi sangatlah penting, karena setiap bisnis memiliki nilai atau pesan ingin disampaikan. Implementasi brand identity juga membantu bisnis untuk mempunyai nilai jual unik yang lebih dibanding kompetitor lain, hal ini membuat bisnis lebih dikenal, dan mempunyai karakter yang kuat.
99designs.com menyatakan bahwa brand identity merupakan suatu gabungan dari beberapa elemen yang bertujuan untuk menyampaikan pesan bisnis terhadap konsumennya. Jika suatu bisnis memiliki brand identity yang kuat, seringkali konsumen cenderung terdorong untuk memakai produk atau jasa itu lebih sering, karena adanya persepsi yang kuat terhadap suatu produk atau jasa.
Pentingnya Brand Identity dalam Desain KantorÂ
Ketika masuki ke dalam ruangan kantor yang didesain dengan baik, seseorang tentu bisa merasakan energi pada sekeliling ruangan. Mulai dari warna dan tekstur, hingga furniture dan dekorasi, semuanya terlihat seolah-olah satu tema dengan menciptakan suasana yang menyatu yang mewakili identitas merek perusahaan. Tapi apa peran penting brand identity dalam desain kantor?Â
Pertama, brand identity adalah kunci dasar dari bisnis yang sukses. Hal ini merupakan hal yang membedakan suatu bisnis dari pesaing atau kompetitor, dan mendorong kesetiaan konsumen dan meningkatkan kinerja karyawan. Brand identity merupakan esensi dari perusahaan yang orang ingat setelah berinteraksi dengan merek. Ketika dilakukan dengan benar, brand identity menciptakan rasa kepercayaan dan keandalan yang sangat penting di lanskap bisnis yang cepat dan selalu berubah saat ini.
Jadi, apa saja peran penting brand identity dalam desain kantor? Pertama-tama, ruang kantor adalah perpanjangan dari merek suatu bisnis. Ini adalah bentuk fisik dari budaya, nilai, dan kepribadian suatu perusahaan. Ketika dirancang dengan benar, ruang kantor dapat menyampaikan pesan merek dan memperkuat identitas baik bagi karyawan maupun pengunjung.
Salah satu keuntungan utama menggunakan brand identity dalam desain kantor adalah menciptakan rasa konsistensi di semua titik kontak. Ketika karyawan masuk ke dalam kantor, mereka harus merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari merek itu. Mulai dari skema warna hingga furniture, semuanya harus sejalan dengan nilai dan misi perusahaan. Konsistensi ini memperkuat budaya perusahaan dan membantu karyawan merasa seperti mereka adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka. Konsistensi dalam desain interior dapat membantu perusahaan untuk menciptakan brand identity yang kuat dan konsisten.
Hal ini dapat dicapai dengan memperhatikan beberapa faktor dalam desain interior, seperti penggunaan warna dan logo perusahaan, material dan furnitur yang digunakan, layout ruangan, serta konsep interior yang dipilih. Dalam pengaplikasiannya, perusahaan dapat memilih warna dan logo perusahaan yang sesuai dan diaplikasikan pada elemen desain interior. Material dan furnitur yang digunakan dapat mencerminkan bidang industri dan identitas perusahaan. Layout ruangan yang dirancang dapat mencerminkan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, konsep interior yang dipilih dapat mencerminkan visi dan misi perusahaan, seperti inovasi, kreativitas, atau keberlanjutan. Dengan memperhatikan konsistensi dalam desain interior, perusahaan dapat menciptakan identitas yang kuat dan konsisten yang dapat membangun kesan positif bagi para karyawan dan pengunjung kantor.
Contohnya, jika tema bisnis merupakan produk atau jasa yang ramah lingkungan, pemilihan bahan-bahan seperti bambu atau kayu daur ulang dan tekstur yang terlihat alami dan organik dapat digunakan untuk memberikan kesan yang ramah lingkungan. Salah satu contoh yang baik dari desain interior yang sesuai dengan nilai bisnis adalah The Body Shop. The Body Shop adalah perusahaan kosmetik, perawatan kulit, dan parfum yang berbahan dasar alami atau ramah lingkungan. Seperti gambar desain interior kantor diatas, kantor perusahaan tersebut menggunakan bahan alami seperti kayu yang memberi kesan ramah lingkungan, yakni satu tema dengan tema produk bisnis tersebut. Oleh karena itu, brand identity merupakan unsur elemen yang penting untuk diimplementasikan pada desain interior, agar bisa membedakan suatu bisnis dari kompetitor dan meningkatkan kesetiaan konsumen.
Menggabungkan identitas merek dalam desain kantor adalah dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Ketika karyawan merasa mereka menjadi bagian dari merek atau bisnis yang kohesif, mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam pekerjaan mereka. Bahkan, sumber dari www.bco.org.uk menyatakan bahwa sebuah studi oleh British Council for Offices menemukan jika kantor dapat mempengaruhi produktivitas karyawan hingga 25%. Dengan menciptakan ruang kantor yang mencerminkan identitas perusahaan, karyawan lebih mungkin merasa bangga dan memiliki rasa kepemilikan dalam pekerjaan mereka.
Oleh karena itu, tanpa kita sadari, peran brand identity pada desain interior kantor merupakan elemen penting yang harus diperhatikan dalam suatu bisnis. Selain menarik pengunjung dan meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan, implementasi brand identity pada desain interior merupakan bentuk fisik dari budaya, nilai, dan kepribadian suatu perusahaan. Ketika dirancang dengan benar, ruang kantor dapat menyampaikan pesan merek dan memperkuat identitas baik bagi karyawan maupun pengunjung.
Semoga pembahasan ini dapat memberikan wasasan penting bagi perusahaan untuk memperhatikan desain kantor yang tepat dan memperbaiki faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.
Sumber
- https://99designs.com/blog/tips/brand-identity/
- https://www.bco.org.uk/HealthWellbeing/WellnessMatters.aspx
- www.bco.org.uk
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H