Mohon tunggu...
Anis Mawardi
Anis Mawardi Mohon Tunggu... Guru - GURU SMK

Saya seorang guru SMK bidang Agribisnis Ternak mengajar di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. Saya memiliki hobi mengajar. Saat sore hari sepulang sekolah saya mengajar anak SD bahasa Inggris dan Bahasa Arab, setelah magrib saya mengajar membaca Al Qur'an di Masjid Desa Mooyong.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Merajut Keberagaman: Membangun Pembelajaran Diferensiasi untuk Peserta Didik Beragam

21 Juni 2024   21:31 Diperbarui: 21 Juni 2024   21:34 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • Pendahuluan

Di dalam kelas yang heterogen, guru dihadapkan pada tantangan dan peluang untuk mengakomodasi kebutuhan beragam peserta didik. Setiap siswa membawa latar belakang, pengalaman, gaya belajar, dan kemampuan yang berbeda. Keragaman ini menuntut pendekatan pembelajaran yang tidak hanya efektif tetapi juga inklusif. Salah satu pendekatan yang mampu menjawab tantangan ini adalah pembelajaran diferensiasi. Dalam konteks pendidikan, pembelajaran diferensiasi menjadi alat penting untuk memastikan bahwa setiap peserta didik dapat berkembang sesuai dengan potensi mereka.

  • Memahami Keragaman Peserta Didik

Keragaman peserta didik mencakup berbagai aspek, mulai dari latar belakang budaya, bahasa, kondisi sosial-ekonomi, hingga gaya belajar dan kebutuhan khusus. Setiap siswa memiliki cara unik dalam menyerap dan memproses informasi. Ada yang lebih visual, auditori, atau kinestetik. Sebagian siswa mungkin memiliki bakat di bidang tertentu sementara yang lain memerlukan dukungan tambahan dalam mata pelajaran tertentu. Oleh karena itu, mengenali dan memahami keragaman ini adalah langkah awal dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

 

  • Aspek-Aspek Keragaman

1. Latar Belakang Budaya dan Bahasa

   Peserta didik dari berbagai latar belakang budaya membawa nilai-nilai, tradisi, dan bahasa yang berbeda ke dalam kelas. Perbedaan ini bisa mempengaruhi cara mereka belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya serta dengan materi pembelajaran.

2. Kondisi Sosial-Ekonomi

   Peserta didik dari berbagai tingkat sosial-ekonomi mungkin memiliki akses yang berbeda terhadap sumber daya pendidikan. Beberapa mungkin memiliki akses ke teknologi dan buku di rumah, sementara yang lain tidak.

3. Gaya Belajar

   Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Beberapa mungkin lebih suka belajar melalui visualisasi, yang lain melalui pendengaran, dan ada juga yang melalui aktivitas fisik.

4. Kemampuan dan Kebutuhan Khusus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun