source: pexels.com
Games Seru untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
Oleh: Anisah Setyaningrum
Penguasaan kosakata Bahasa Inggris memiliki peran yang sangat signifikan dalam kemahiran berbahasa Inggris setiap orang. Dengan kekayaan kosakata yang dimiliki, seseorang dapat dengan mudah mengembangkan skill berbahasa Inggrisnya baik dalam hal speaking, writing, reading, dan listening. Semakin banyak kosakata yang dimiliki maka akan semakin mempermudah dalam menguasai skills tersebut. Sebaliknya, jika tidak diimbangi dengan penguasaan kosakata yang cukup, maka seseorang akan menghadapi kendala dalam mengembangkan skills tersebut.
Misalnya dalam menghadapi lawan bicara yang menggunakan Bahasa Inggris, jika kosakata yang dimiliki kurang, pesan yang disampaikan oleh si pembicara tentu tidak dapat dipahami dengan baik. Begitupun saat dihadapkan pada teks berbahasa Inggris, kekurangan kosakata akan menghambat proses pemahaman pesan yang disampaikan dalam teks tersebut.
Oleh karena itu, sebagaimana disampaikan di atas, penguasaan kosakata ini sangat penting dalam mendukung penguasaan skill berbahasa Inggris seseorang.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengembangkan penguasaan kosakata berbahasa Inggris. Dimulai dari cara yang klasik, yaitu dengan membuat daftar kosakata dan menghafalkannya, seperti pada umumnya dilakukan oleh para pelajar. Disamping itu, ada juga cara-cara yang seru dalam mengembangkan kosakata berbahasa Inggris. Dengan cara yang seru, proses penguasaan kosakata bahasa Inggris ini akan lebih dinikmati oleh pembelajar Bahasa Inggris.
Games merupakan alternatif pengembangan kosakata berbahasa Inggris yang dapat diterapkan di dalam kelas, baik indoor maupun outdoor, formal maupun non formal. Ada berbagai macam variasi games yang dapat dimainkan dalam sebuah kelompok atau kelas. Games tersebut antara lain:
1. Words Chain
Dalam permainan ini, para peserta diminta untuk berdiri membuat barisan melingkar atau setengah lingkaran. Kemudian instruktur memberikan arahan terkait aturan permainan. Instruktur mempersiapkan sebuah kosakata berbahasa Inggris yang nanti akan disebutkan kepada peserta. Peserta yang ditunjuk untuk memulai harus langsung menyebutkan satu kosakata berbahasa Inggris yang diawali dengan huruf akhir dari kosakata yang telah disebutkan oleh instruktur. Kosakata yang telah disebutkan oleh peserta sebelumnya tidak boleh disebutkan kembali.
Bagi peserta yang telah berhasil menyebutkan kosakata sesuai ketentuan dapat dipersilakan duduk. Sedangkan yang belum berhasil, diminta untuk tetap berdiri. Begitu seterusnya sampai kepada peserta yang terakhir.