Mohon tunggu...
Anisa Anggraeni
Anisa Anggraeni Mohon Tunggu... Guru - Anisa

Makin aku banyak membaca, makin aku banyak berpikir. Makin aku banyak belajar, makin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun. - Voltaire

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Efektivitas Penggunaan Power Point sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SDS 448 AL-Barokah

29 Desember 2020   08:10 Diperbarui: 29 Desember 2020   08:47 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abstrak. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang terjadi pada awal maret 2020 memberikan dampak terhadap beberapa aspek, salah satunya aspek pendidikan. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah menetapkan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berbagai upaya dilakukan guru untuk memaksimalkan pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan power point sebagai media pembelajaran. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner, dengan instrument penelitian adalah angket yang diisi oleh siswa melalui Google Form dan wawancara dengan narasumber guru kelas.Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa media pembelajaran power point efektif digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh SDS 448 AL-Barokah.

Pendahuluan

Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memberikan dampak yang besar dan signifikan terhadap kehidupan manusia. Dalam berbagai aspek kehidupan manusia tidak lepas dari kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi saat ini memudahkan untuk mengakses.

Tahun 2020 saat ini Indonesia dan berbagai negara di belahan dunia lainnya tengah dihadapkan dengan pandemic yang disebabkan oleh virus coronavirus. Coronavirus merupakan virus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang berasal dari Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember 2019 (Yuliana, 2020 : 188). Virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia dan telah menyebar secara luas di lebih dari 190 negara sehingga pada 12 Maret 2020, WHO mengumumkan COVID-19 sebagai pandemic (Susilo et al., 2020 : 45). 

Bidang pendidikan merupakan salah satu yang terdampak dari adanya Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pemerintah melalui Kemendikbud menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada satuan Pendidikan. Program belajar dari rumah ini telah diterapkan dari berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia atau yang biasa kita sebut Pembelajaran Jarak Jauh (Kemendikbud, 2020)

Agar proses pembelajaran tetap terselenggara, sekolah-sekolah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya dalam mempertahankan proses belajar mengajar. 

Pembelajaran daring merupakan kebijakan nasional sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kelebihan pembelajaran daring sendiri adalah dapat diakses dimana pun dan kapan pun asalkan terhubung dengan koneksi internet. Oleh karena itu, pembelajaran daring mendukung untuk proses Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran daring ini berlaku untuk semua jenjang, salah satunya Sekolah Dasar (SD)

SDS 448 AL-Barokah merupakan salah satu sekolah di Bandung yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. Dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh SDS 448 AL-Barokah menggunakan platform digital whatsapp, google form dan zoom meeting sebagai media untuk menyampaikan materi kepada siswa. Adapun media pembelajaran yang biasa digunakan di SDS 448 AL-Barokah menggunakan power point. 

Microsoft Power Point merupakan salah satu program berbasis multimedia. Program aplikasi power point merupakan program untuk membuat presentasi yang ada dapat dipergunakan untuk membuat program pembelajaran, sehingga program yang dihasilkan pun akan cukup menarik dengan komposisi warna dan animasi yang digunakan. 

Dengan Microsoft power point program komputer, seorang pengajar dapat mendesain berbagai program pembelajaran sesuai dengan materi, metode, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Sanaky, 2015: 147-148). Berdasarkan hasil penelitian Hikmah (2020) menyatakan bahwa media pembelajaran power point dapat menarik minat belajar siswa sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan, sehingga ketika hasil belajar siswa memuaskan maka media pembelajaran yang berupa power point efektif digunakan oleh guru ketika pembelajaran Jarak Jauh.

Berdasarkan uraian tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa. Sesuai dengan acuan tersebut, penulis mengangkat judul "Efektivitas Penggunaan Power point sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh SDS 448 AL-Barokah".

Metode

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bertujuan mendesripsikan/ menjabarkan fenomena yang terjadi pada subjek penelitian secara mendalam. Pada penelitian ini fenomena yang diamati adalah keefektifan penggunaan media power point pada Pembelajaran Jarak Jauh. 

Metode yang digunakan oleh penulis selama kegiatan KKN berlangsung diantaranya diskusi bersama wali kelas 4 dan 6 SDS 448 AL-Barokah terkait teknik pembelajaran secara daring, materi yang diajarkan dan Penilaian Akhir Semester (PAS) melalui personal chat whatsapp maupun tatap muka. Selain itu metode yang peneliti gunakan ketika pelaksanaan KKN adalah menggunakan zoom meeting dan penggunaan PPT sebagai media pembelajarannya. 

Untuk mengetahui seberapa jauh keefektivan Power point sebagai media pembelajaran, peneliti menggunakan metode survey dengan cara membagikan angket kepada siswa dan wawancara kepada guru kelas IV SDS 448 AL-Barokah. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil dan pembahasan 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi.

KKN tematik UPI dilaksanakan pada tanggal 16 November - 24 Desember 2020 bertempat di daerah masing-masing. Tema yang diangkat dalam Kuliah Kerja Nyata Tahun 2020 ini adalah "Kuliah Kerja Nyata Tematik Penanggulangan Dan Pencegahan Dampak Covid-19"  Adapun program yang peneliti pilih terdiri dari dua program :

  • Penanggulangan dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan (Program wajib)
  • Program edukasi pencegahan Covid-19 (Program pilihan)

Pada program wajib, peneliti melaksanakan KKN di SDS 448 AL-Barokah tepatnya dikelas IV dan VI. Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, pendampingan orang tua dalam membantu anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran.

Dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guru kelas menggunakan zoom meeting sebagai media, meskipun penggunaannya dilakukan seminggu sekali. Untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami materi guru menggunakan Power Point sebagai upaya memaksimalkan pembelajaran secara daring.

Angket yang disebarkan kepada siswa secara online melalui google form yang nantinya dikirimkan melalui whatsapp group kelas. Penggunaan angket ini bertujuan untuk mendapatkan informasi berupa pelaksanaan proses pembelajaran secara dalam jaringan (daring) dengan menggunakan media pembelajaran power point. Berikut adalah pertanyaan dan hasil yang diperoleh di dalam angket yang diajukan kepada siswa. Pertanyaan yang peniliti ajukan dalam angket yaitu :

  • Apakah penggunaan power point membuatmu semangat belajar?
  • Apakah power point yang diberikan guru sangat menarik?
  • Jika memilih, pembelajaran daring sebaiknya menggunakan power point atau tidak?
  • Mengapa pembelajaran jarak jauh harus menggunakan power point?

Berdasarkan hasil kuisioner yang telah diisi oleh 20 siswa, diperoleh data sebagai berikut :                                 

 Berdasarkan hasil angket, terbukti bahwa siswa lebih banyak menjawab "Ya" dengan presentase 100%, yang berarti bahwa siswa merasa bersemangat melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan media power point.

dokpri
dokpri
Berdasarkan hasil angket, terbukti bahwa siswa lebih banyak menjawab "Ya" dengan presentase 90%, yang berarti guru sudah memaksimalkan upaya media power point agar terlihat menarik bagi siswa.

dokpri
dokpri
Berdasarkan hasil angket, terbukti bahwa siswa semua menjawab "menggunakan power point" dengan presentase 100%. Artinya power point efektif digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

angket4-5fea8031d541df24aa689e32.png
angket4-5fea8031d541df24aa689e32.png
dokpri
dokpri
Berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa setiap individu mendukung bahwa penggunaan power point meningkatkan keefektivan pembelajaran di rumah, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi.

Selain penyebaran angket, peneliti juga melakukan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara bersama bu Lisna situ romlah selaku wali kelas 4 SDS 448 AL-Barokah bahwa siswa lebih memahami materi ketika guru memberikan power point, meskipun hasil tes tidak semaksimal ketika pembelajaran secara luring. 

Power point merupakan upaya yang dilakukan guru untuk memaksimalkan usaha transfer ilmu kepada siswa. Selain penggunaan Power poin, guru juga menggunakan buku pegangan siswa. Sehingga siswa dapat memadukan antara materi yang diberikan guru dengan buku pegangan siswa. Menurut narasumber, Power point sangat efektif digunakan untuk pembelajarn jarak jauh.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, bahwa power point terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh karena membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai meskipun dilakukan dengan jarak jauh. Dalam upaya memaksimalkan pembelajaran jarak jauh, guru tidak hanya begitu saja membuat power point, guru juga membuat power point semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian siswa untuk semangat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Referensi 

Hikmah, S. N., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinar Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1), 15--19.

Kemendikbud. (2020). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-daruratpenyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Sanaky, H. A. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., ... Cipto, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45--67.

Yuliana. (2020). Corona Virus Diases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2 (1), 188.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun