Mohon tunggu...
Anggit Wahyudi
Anggit Wahyudi Mohon Tunggu... Guru - GURU

Mengajar menjadi pilihan hidup saya dan penyebab saya memilih jurusan kependidikan , ingin merubah paradigma pengajar yang selama ini di bayar terlalu rendah dan tidak terlindungi profesi nya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik BAik (Best Practice) dengan Metode STAR

7 Desember 2022   21:59 Diperbarui: 7 Desember 2022   22:38 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Lokasi

SMA NEGERI 20 KOTA BEKASI

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH ATAS

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Keinginan, semangat dan motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 20 Kota Bekasi dengan  Menggunakan Model Pembelajaran PBL dan PBJL, dengan Pemanfaatan liveworksheets.com sebagai LKPD dan pemanfaatan media pembelajaran inovatif seperti quizizz.com, canva dan powerpoint.

Penulis

ANGGIT WAHYUDI, S.Kom

Tanggal

6 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi Latar Belakang Masalah

adalah Motivasi belajar peserta didik yang masih

rendah, khususnya dalam pembelajaran Informatika.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  • Guru belum menyusun RPP sesuai dengan langkah pembelajaran dan sesuai denagn model pembelajaran PBL dan PBJL, menyebabkan pembelajaran kurang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran kelompok.
  • Guru belum menggunakan alat dan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan menyenangkan bagi peserta didik saat proses pembelajaran
  • Guru masih kurang memanfaatkan TPACK dalam pembuatan media pembelajaran yan disampaikan kepada peserta didik
  • Guru belum  melaksanakan kegiatan LKPD

    Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

    karena melihat kondisi-kondisi di atas penting

    dilakukan sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar dan aktif dalam pembelajaran, serta banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini selain diharapkan memotivasi diri sendiri juga diharapkan bisa menajdi referensi bagi rekan guru lain.

     Peran dan tanggung jawab Penulis sebagai guru untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, model, dan media

   pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan harapan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan dari praktik pembelajaran ini sebagai berikut :

Tantangan yang berasal dari peserta didik : 

  • Rendahnya motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari bisa disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru belum interaktif.
  • Kurang aktifnya peserta didik dikarenakan kurangnya pekerjaan kelompok yang ditugaskan oleh guru.

Tantangan yang berasal dari guru : 

  • Model pembelajaran yang belum sesuai di terapkan oleh guru.
  • Guru belum menyediakan media pembelajaran yang sesuai

Yang terlibat dalam kegiatan praktik pembelajaran : 

  • Peserta didik kelas XI SMA Negeri 20 Kota Bekasi dalam proses Kegiatan pembelajaran.
  • Guru Mata Pelajaran Informatika sebagai Guru fasilitator.
  • Guru sebagai pengamat dalam kegiatan pembelajaran dan juga pengambil gambar video pembelajaran.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses praktik pembalajaran.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi yaitu :

  • Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik dan benar.
  • Guru membuat model pembelajaran berdasarkan problem based learning dan project based learning yang tepat sesuai dengan kebutuhan di dalam proses pembelajaran.
  • Membuat dan memilih aplikasi yang interaktif dan berbasis teknologi terbaru seperti liveworksheets, canva, quizizz.
  • Guu membuat pretest dan Posttest seta evaluasi dan refleksi menggunakan aplikasi quizizz dan powerpoint interaktif.

Strategi yang digunakan dalam praktek pembelajaran yaitu : 

  • Menggunakan model pembelajaran Problem based learning yang berisi tanya jawab dengan media aplikasi quizizz dan canva.
  • Menggunakan Model pembelajaran Project Based Learning (PBJL) yaitu peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interprestasi dan secara sitematis menghasilkan sebuah hasil pembelajaran.
  • Membuat RPP yang baik dan tepat dengan cara membuat RPP yang sesuai dengan KD dan menentukan IPK yang tepat untuk diterapkan pada

Proses Pelaksanaan 

  • Guru menyusun perangkat pembelajaran yaitu RPP. LKPD, Media pembelajaran , Bahan Ajar dan  Instrumen penilaian yang akan digunakan pada model pembelajaran PBL dan PBJL dengan metode diskusi, tanya jawab dan presentasi.
  • Kegiatan pembelajaran berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya berdurasi selama 2 x 45 menit. Guru memperlihatkan bahan ajar dan lembar kerja pretest secara daring yang akan diisi siswa.
  • Guru membentuk kelompok yang terdiri dari maksimal 6 siswa , lalu memberikan masalah yang dihadapi dengan mengerjakan LKPD yang diberikan dan masing-masing kelompok akan memperesentasikan didepan kelas kemudian bersama-sama guru membuat analisis dan mengevaluasi jawaban yang telah dikumpulkan dan dengan bimbingan guru membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
  • Guru membuat kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan bersama dengan murid mengevaluasi dengan Post test yang dibuat di quizizz.com

Yang terlibat dalam pembelajaran ini yaitu :

  • Guru mata pelajaran Informatika
  • Peserta didik kelas XI SMA Negeri 20
  • Guru sebagai juru kamera
  • Guru sebagai observer
  • Dosen dan guru pamong

Sumber daya atau materi yang diperlukan yaitu :

  • Laptop
  • LCD Proyektor
  • Speaker
  • LKPD
  • Kamera
  • Smartphone
  • Aplikasi quizizz.com
  • Aplikasi liveworksheets.com
  • Powerpoint

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Setelah melakukan aksi tersebut maka dampak yang dihasilkan dari langkah yang telah dilakukan sebagai berikut :

  • Dampak Dari pembuatan perangkat pembelajaran yang tepat yaitu RPP, Bahan Ajar, Media pembelajaran, dan instrumen penilaian terdapat perubahan cara belajar dan pembelajaran menjadi lebih aktif dan terarah sesuai dengan urutan pada RPP yang telah disusun.
  • Hasil dari penerapan model pembelajaran PBL dan PBJL efektif sehingga peserta didik antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dan peserta didik semakin terampil dalam diskusi dan presentasi. Dan peserta didik juga mulai mengerjakan LKPD dengan teratur.
  • Respon orang lain terhadap strategi yang dilakukan untuk hal ini adalah rekan guru dari penulis sangat antusias dikarenakan memang diperlukan perubahan terutama inovasi didalam sistem dan cara mengajar kita sebagai pendidik.
  •  

Faktor-faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah :

  • Rencana pembuatan RPP yang tepat dan sesuai serta inovatif adalah kunci keberhasilan dalam rangkaian proses praktik pembelajaran yang penulis lakukan.
  • Menerapkan Model pembelajaran membuat peningkatan motivasi peserta didik terhadap sebuah proses pembelajaran.
  • Guru menggunakan inovasi dalam proses pembelajaran berbasis TPACK seperti quizizz, liveworkheet, dan dalam penyajian materi menggunakan aplikasi berbasis daring.
  • Guru membimbing peserta didik selama pengerjaan LKPD  sehingga penyelesaian nya menjadi baik dan benar.

5. Pembelajaran dari keseluruhan proses yang telah  dilakukan yaitu : 

- Perangkat pembalajaran adalah hal yang wajib di laksanakan secara tepat karena didalamnya terdapat perangkat seperti RPP, Bahan ajar, Media pembelajaran, LKPD dan instrumen penilaian yang semuanya akan menunjang model pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas.

- Urutan pembelajaran harus sesuai dengan RPP sehingga keseluruhan proses dapat berjalan dengan lancar dan baik.

- Refleksi pada setiap kegiatan akhir adalah wajib sebagai analisa dan evaluasi serta refleksi pembelajaran dan untuk mengukur tercapainya tujuan pembelajaran yang tertuang dalam rpp.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun