Faktor Kepuasan Pengguna Perpustakaan
Anggi Tridana1, Achmad Wahidi2
1 Mahasiswa Program Studi ilmu perpustakaan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
2Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
Pelayanan perpustakaan yang memuaskan dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Oleh karena itu pustakawan dan staf perpustakaan berkewajiban memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada pengguna yang akan membuat mereka merasa puas saat berkunjung ke perpustakaan. Keberhasilan suatu perpustakaan sering dikaitkan dengan kepuasan permintaan pengguna akan informasi yang mereka butuhkan. Layanan perpustakaan harus berorientasi pada pengguna, selalu mengutamakan kepuasan pengguna guna meningkatkan hubungan antara pengguna dan pustakawan.
Kecepatan dalam memberikan layanan kepada pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan layanan. Perlu dilakukan upaya peningkatan kecepatan layanan agar pengguna merasa puas dengan informasi yang dibutuhkannya, sehingga meningkatkan minat menggunakan layanan perpustakaan. Kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah perpustakaan. Perpustakaan yang baik dapat diukur dari keberhasilannya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada penggunanya. Semakin baik pelayanan maka semakin tinggi pula reward yang diberikan kepada perpustakaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna antara lain sumber daya manusia, koleksi, sarana dan prasarana.
1. Sumber daya manusia
Berdasarkan faktor sumber daya manusia, kepuasan pengguna tergantung pada kecepatan layanan (waktu yang dihabiskan untuk memperoleh informasi baru atau menjawab pertanyaan), perbandingan antara pertanyaan yang diajukan dan yang dijawab dengan memuaskan, tingkat pembaruan atau jawaban yang diberikan (persentase pengguna yang melakukan informasi yang tidak diketahui). pengguna sebelum mendapatkan jawaban).
a. Kecepatan layanan (waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi baru atau menjawab pertanyaan).
Kuncinya adalah seberapa cepat pustakawan dapat menjawab pertanyaan dari pengguna tentang informasi yang dibutuhkan pengguna. Dalam hal ini, kecepatan pustakawan dalam melayani atau menjawab pertanyaan pengguna dapat sangat mempengaruhi kepuasan pengguna. Kecepatan layanan informasi khususnya dalam menjawab pertanyaan pengguna harus diupayakan semaksimal mungkin agar pengguna dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan.
b. Perbandingan antara pertanyaan yang diajukan dan yang dijawab dengan memuaskan.
Kuncinya adalah apakah jawaban pustakawan atas pertanyaan pengguna dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna.
C. Proporsi informasi relevan yang disediakan
Intinya, sumber informasi perpustakaan merupakan salah satu pilar kekuatan dan daya tarik tersendiri bagi pengguna. Oleh karena itu, agar pilar-pilar tersebut tetap kokoh, sumber informasi perpustakaan juga harus kuat secara kuantitas, kualitas, jenis dan ragamnya.
d. Kecanggihan atau jawaban yang diberikan (proporsi informasi yang tidak diketahui pengguna sampai mereka mendapatkan jawabannya).
Kuncinya adalah apakah jawaban yang diberikan pustakawan tentang informasi yang dibutuhkan pengguna sudah mutakhir.
2. Koleksi bahan pustaka
Perpustakaan harus selalu melakukan pembelian untuk memperbaharui koleksi yang ada di perpustakaan agar selalu up-to-date, baik melalui kerjasama antar perpustakaan maupun pembelian dengan penerbit. Dengan cara ini pengguna selalu mendapatkan informasi baru dan tidak akan kecewa ketika tidak dapat menemukan informasi yang dicarinya di perpustakaan.
3. Sarana dan Prasarana
Perpustakaan harus dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti meja, kursi, AC, dan alat pencarian seperti katalog. Karena sarana dan prasarana tersebut sangat penting untuk kelancaran kegiatan perpustakaan dan kenyamanan pengguna. Berdiri dan membaca buku bisa jadi tidak nyaman saat Anda berada di perpustakaan. Tentu saja keadaan ini akan membuat pengguna merasa tidak nyaman, ditambah lagi dengan ruangan belajar yang pengap karena tidak dilengkapi dengan AC. Hal lain yang diharapkan pengguna adalah alat pencarian perpustakaan seperti katalog online. Katalog online ini sangat memudahkan pengguna dalam mencari buku yang ingin dicari. Solusinya adalah dengan menyediakan fasilitas perpustakaan seperti meja dan kursi AC, alat pencarian perpustakaan, dll, sehingga pengguna dapat merasa nyaman berada di perpustakaan. Faktor ini merupakan faktor terpenting dalam kemajuan perpustakaan dan kepuasan pengguna.
Karena orang datang ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku perpustakaan. Jika tidak ada meja dan kursi, pasti tidak nyaman untuk berdiri dan membaca. Dengan begitu banyak buku di perpustakaan, mungkin sulit untuk menemukan apa yang Anda cari. Untuk tujuan ini, perpustakaan juga harus menyediakan alat pencarian seperti katalog online.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan seharusnya tidak lagi berorientasi pada pengelolaan bahan pustaka, tetapi harus berorientasi pada pengguna. Kualitas pelayanan berkaitan dengan sikap profesional, prosedur atau prosedur sederhana, suasana perpustakaan yang menyenangkan. Jumlah layanan meliputi jenis dan jumlah layanan yang dapat diberikan kepada penggunanya. Perpustakaan sebagai lembaga pelayanan memiliki penggunanya sendiri yang membutuhkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Kualitas pelayanan selalu diperhatikan dan dirasakan oleh pengguna, sehingga menimbulkan suatu sikap tertentu dari pengguna terhadap perpustakaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H