Dengan semakin berkembangnya perekonomian negeri tirai bambu, negeri ginseng dan negeri sakura dalam pertumbuhan ekonominya yang melesat jauh mengejar jajaran-jajaran negara adidaya dan beberapa negara di benua biru. Seperti yang diketahui bahwa Jepang mampu tumbuh secara cepat meskipun telah mengalami kehancuran yang luar biasa paska dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang berujung dengan dirombaknya Restorasi Meiji dan menggunakan slogan “Industri Kuat, Militer Kuat”. Cina pun tak jauh berbeda, meski agak terlambat dari tetangganya tersebut masih tergolong dalam kategori negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Cina memadukan antara ideologi komunis dan kapitalismenya dalam membangun perekonomian negara. Sedangkan Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan induknya Jepang. Ketiga negara tersebut mampu menunjukkan kepada dunia bahwa negara-negara di Asia pun mampu untuk bersaing dalam industri dan disejajarkan dengan negara-negara benua merah. Namun, pernahkah terpikir apa yang membuat Jepang, Cina dan Korea Selatan mampu meningkatkan perekomoniannya? Pernahkah mendengar istilah KAIZEN?
***
Kaizen secara harfiah berarti continuous improvement atau perbaikan berkelanjutan. Konsep ini lahir dari kekecewaan masyarakat Jepang yang tidak menemukan perkembangan dalam berbisnis dari negara Amerika bahkan kebanyakan perusahaan Amerika melakukan kegiatan usaha secara berulang-ulang. Kaizen berarti peningkatan dalam keahlian, dan perbaikan dalam proses bukan hasil. Hal ini berlawanan dengan konsep negara-negara barat yang menerapkan perbaikan dalam hasil. Kaizen menghargai perubahan dan perbaikan-perbaikan kecil daripada perbaikan besar yang diterapkan pada hasil. Kaizen erat kaitannya dengan pencarian masalah, pencarian kreativitas dan penciptaan ide baru yang kecil serta implementasinya untuk proses di perusahaan. Kaizen pun berarti mengambil hal yang baik, membuang hal yang buruk atau boros dan menciptakan serta menerapkan ide baru yang lebih sederhana. Honda dan Toyota merupakan salah dua contoh yang menerapkan konsep kaizen dalam usahanya. Kedua perusahaan jepang tersebut mampu membuat produk-produk mobil Jepang yang irit, murah, dan ringan. Yang mampu menggantikan mobil hasil tangan barat yang boros, berat dan mahal.
Bagi yang bekerja di perusahaan swasta Jepang sudah tidak asing dengan konsep Kaizen. Kai berarti merubah sedangkan Zen berarti lebih baik. Sederhananya Kaizen adalah usaha perbaikan berkelanjutan untuk menjadi lebih baik dari kondisi sekarang. Target utama dari Kaizen adalah menghilangkan pemborosan yang tidak memberi nilai tambah bagi produk atau jasa dari pandangan konsumen. Biaya-biaya yang perlu dihapuskan yaitu biaya-biaya yang mengurangi profit dan konsumen tidak perlu menanggung biaya tersebut. Kaizen dilakukan oleh seluruh lapisan pegawai, mulai dari operator hingga direktur. Dimana top dan middle management berfungsi untuk melakukan desain yang akan diimplementasikan oleh low management dan operator. Tiap pegawai harus saling bekerjasama demi menjamin keberlangsungan perbaikan dan juga produksi.
Konsep Keizen
Konsep kaizen meliputi beberapa hal, yakni:
Konsep 3 M (Muda, Mura, dan Muri)
Konsep ini dibentuk untuk mengurangi banyaknya proses kerja, meningkatkan mutu, mempersingkat waktu dan mengurangi atau efisiensi.
Muda (無駄) diartikan sebagai pengurangan pemborosan atau kesia-siaan.
Mura (村) diartikan sebagai pengurangan perbedaan.
Muri (無理) diartikan sebagai pengurangan ketegangan.