Mohon tunggu...
Andri Samudra Siahaan
Andri Samudra Siahaan Mohon Tunggu... Petani - Menulis salah satu metode perjuangan.

Petani dan Peternak, Alumni Teknologi Hasil Pertanian andrishn85@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Didi Kempot Pergi Sisakan Ambyar di Hati

5 Mei 2020   22:44 Diperbarui: 6 Mei 2020   01:27 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kompas, Jakarta, Kamis (1/8/2019).(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Sudah 11 Tahun berlalu tetapi saya masih mengingat sebuah pertemuan singkat di sebuah lobi Hotel di Kota Medan. Seseorang berblankon dan berpakaian khas jawa duduk disamping saya tersenyum dan menyalam saya sembari menanyakan kabar saya.

"Gimana kabarnya mas?" Sembari menjulurkan tangannya menyalam saya. "Baik pak, kabar bapak Gimana"ucap saya . "Baik juga mas, cm agak lelah sedikit karena ada kegiatan sampai larut malam kemarin" kemudian kami bercerita beberapa menit hingga salah satu stafnya memanggil. "Saya permisi dulu mas ya, Mau pulang kejawa dulu" dengan logat jawanya yang khas dan lagi-lagi dia menyalam saya terlebih dahulu.

Seandainya saja petugas lobi tidak memberitahu saya saat itu, mungkin saya tidak akan pernah tau siapa gerangan orang tersebut. Ya Dia adalah  Didi Kempot  God Father of the Broken Heart. Tidak ada sedikitpun Didi Kempot menceritakan siapa dirinya dan apa kegiatannya serta status sosialnya, Dia malah lebih bercerita tentang keramahan kota medan, benar-benar jauh dari kesan artis yang sering kita lihat pamer ketenaran dan kekayaan di televisi.

Sebagai anak medan saya tentu tidak mengenal siapa sosok Didi Kempot saat itu. Ketika saya ceritakan kejadian tersebut, teman saya yang sesama panitia kegiatan pemuda di hotel berbintang  itu pun tidak begitu tau siapa Didi Kempot. Hal yang wajar, mengingat lagu-lagu Didi Kempot Kebanyakan berbahasa jawa dan cukup asing bagi anak muda batak seperti saya.

(KOMPAS.com/MELVINA TIONARDUS)
(KOMPAS.com/MELVINA TIONARDUS)

Karya-karya  Didi Kempot akhirnya saya kenal dan tidak asing setelah bekerja dan ditempatkan selama 5 tahun disebuah desa transmigrasi di pedalaman Riau. Selama bekerja sebagai asisten plasma mau tidak mau saya harus bisa bergaul dan berbaur dengan kebudayaan masyarakat jawa yang mayoritas didesa Bukit Indah. Saat itu baru saya menyadari bahwa Didi Kempot sangat tenar dimasyarakat Pujakesuma (Putra/putri Jawa Keturunan Sumatera).

Dari acara  khitanan hingga pesta pernikahan Lagu Sewu Kuto, Bojo Loro, Layang Kangen dan berbagai karya ciptaan Didi Kempot menghiasi setiap acara yang saya ikuti. Perlahan saya coba pelajari arti dari lirik-lirik lagu Didi Kempot dan benar saja terjemahannya sangat menyentuh hati.

Didi Kempot mampu meramu seluruh kata dengan ungkapan-ungkapan yang sederhana dan menyentuh. Perkembangan jaman tentu membuat karya Didi Kempot menjadi mudah dicerna oleh orang-orang diluar golongan masyarakat jawa. Mudahnya akses internet membuat lagu-lagunya dapat diterjemahkan oleh seluruh khalayak. Saya sendiri sangat menyukai lagu sewu kuto karangan Didi Kempot yang sangat menyentuh hati saya saat masih dalam perantauan.

Tribunnews.com
Tribunnews.com
Bagi kaum milenial saat ini yang dipenuhi oleh kaum muda tentu lirik-lirik Didi Kempot mampu menggambarkan perasaan mereka. Kaum milenial yang memiliki banyak kisah-kisah percintaan rumit tentu sangat menggemari lagu-lagu Didi Kempot yang mampu mengambyarkan hati. Sangat syahdu, tenang, nyaman didengar dan bahkan terkadang lagu-lagunya malah ada yang mampu nyentak-nyentakkan hati untuk didengar saat dalam kondisi galau.

Kombinasi antara sosok ramah,tenang, lembut dan penuh kreativitas membuat Didi Kempot layak dijadikan Idola oleh seluruh golongan. Akhir-akhir ini kita melihat  konser-konser Didi Kempot sedikit berubah dari gaya khas komunitas Jawa menjadi lebih modern dan artistik tampa meninggalkan sendi kebudayaan jawanya, tetapi sangat terbuka bagi khalayak ramai.  Langkah tersebut malah menjadikannya semakin tenar karena mampu menarik market-market baru diluar komunitas  jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun