Mohon tunggu...
Andre Hendra Gunadi
Andre Hendra Gunadi Mohon Tunggu... Penulis - Every man's life is a fairy tale written by God's fingers

Shopping Mall Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tips Bertahan Pusat Belanja Kala Pandemi Melanda

28 Januari 2021   20:23 Diperbarui: 28 Januari 2021   20:31 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suatu sore seorang teman yang tinggal di Bali mengirim video kondisi pusat belanja di Bali selama pandemi. Salah satunya pusat belanja yang berada di salah satu obyek wisata populer bagi wisatawan, yaitu Kuta. 

Tampak depan salah satu pusat belanja yang cukup tua di wilayah tersebut terlihat sepi, seolah tidak ada aktivitas pengunjung maupun tenant. Kondisi sepi juga dialami mall lainnya di wilayah sama. 

Namun sedikit berbeda dengan pusat belanja yang berada di tengah kawasan permukiman di wilayah Denpasar. Meski tidak seramai biasanya, tapi mall tetap terlihat lebih hidup.  

Kondisinya hampir sama dengan mall-mall di area suburban Jabodetabek, seperti Living World Alam Sutera, Cibinong City Mall atau Margo City Depok. Saat pandemi, traffic customer mall rata-rata masih cukup baik dibanding Pacific Place atau fX Sudirman misalnya. 

Trend yang sama juga terjadi di banyak negara lain. Seperti di Singapura, mall-mall di Orchard Road mengalami dampak yang lebih parah dibanding mall di area suburban seperti Jurong East Mall & Nex di Serangoon. 

Pandemi Covid-19 memang merubah consumer shopping habit & behavior. Apa saja yang harus dilakukan pengelola mall & tenant penyewa selama pandemi agar berhasil bertahan? Simak beberapa tipsnya!

Photo by Unsplash
Photo by Unsplash

1. Mall (Still) Branding!

Promotional branding mall harus tetap dilakukan namun dengan opsi budget yang lebih efisien & efektif. Digital marketing dieksplorasi & dioptimalisasi. Event bisa dilakukan secara hybrid (offline & online).

Photo by Unsplash
Photo by Unsplash

2. Cooperation, Coalition & Collaboration!

Tenant penyewa & pengelola mall harus bekerjasama & berkoalisi menghadapi kondisi selama pandemi. Kebijakan pengelola dalam memberikan relaksasi pembayaran sewa ruang dan dispensasi lainnya sangat dibutuhkan tenant. 

Begitu pun dengan pengelola yang membutuhkan komitmen tenant dalam memberikan layanan terbaik & program promosi optimal untuk menarik customer. 

Pengelola mall juga dapat melakukan kolaborasi dengan pihak ke-3. Mulai dari transportation delivery platform & e-commerce platform seperti yang dilakukan pengelola sejumlah pusat belanja di Singapura, Landlease bersama GrabFood dan juga LazMall-nya Lazada.

Photo by Unsplash
Photo by Unsplash

3. Tenant Promotion

Tenant promo mall lebih signifikan. Dibuatkan program mall wide-sale khusus secara berkala dengan didukung tenant's exhibition secara bergantian. Voucher discount giveaway & lucky draw program direkomendasikan untuk meningkatkan tenancy sales & traffic customer.

Photo by The Straits Times
Photo by The Straits Times

 4. Support Online Shopping

Buat fasilitas yang memudahkan customer berbelanja secara daring, seperti mall terbesar di Malaysia, 1 Utama Shopping Centre atau pengelola sejumlah mall di Singapura, Capital Land, yang meluncurkan e-commerce platform sendiri dan juga e-wallet, atau Mall of America (MoA) yang melakukan kerjasama dengan Popshop Live! dalam melakukan live stream shopping.

Photo by iStockphoto
Photo by iStockphoto

5. Delivery Service Facility

Menyediakan fasilitas layan antar bagi customer maupun program shopping drive thru bisa menjadi fasilitas tambahan. Jika Landlease Singapura dan Central Park Mall Jakarta bekerjasama dengan GrabFood untuk program layan antar tenant-tenant resto/cafenya, maka operator mall terbesar di Filipina, SM Supermals, tahun lalu meluncurkan program layanan personal shopping & in-house delivery secara gratis bagi tenant-tenantnya.

Photo by Al-arabiya
Photo by Al-arabiya
6. Health Protocol Campaign

Protokol kesehatan di area mall tetap dilakukan secara konsisten dan maksimal, dipublikasikan terus menerus agar customer yakin dan percaya bahwa pengelola mall sudah menjamin customernya tetap aman dan sehat selama makan dan berbelanja di dalam mall.

#itsallaboutmall #mallseries #shoppingmalls #shoppingcenters #shoppingtrends #malls

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun