Melalui  arus perkembangan zaman saat ini kalangan sedang di hadapkan dengan budaya masyarakat konsumerisme modern dan iklan sendiri adalah sebuah bentuk untuk mendistribusikan gambar sebagai sarana komunikasi massa, oleh karena itu iklan juga bertujuan sebagai alat untuk  mewakili mengenai sebuah pandangan hegemoni oleh kalangan masyarakat.Â
Hegemoni adalah hasil dari nilai-nilai budaya, yang menjelaskan bagaimana yang dominan kelas mempertahankan dominasi mereka atas ekonomi, politik, dan budaya. Ada banyak media yang beragam di sekitar kita diadaptasi dari dunia barat dalam hegemoni etnis. Salah satu media yang digunakan sebagai alat dalam penyebaran informasi  adalah melalui iklan. Salah satu iklan yang mengusung hegemoni atau sebuah pemikiran oleh perusahaan ternama Nike.
Kampanye iklan "Find Your Greatness" yang dilaksanakan oleh Nike telah memberikan sebuah tayangan dan mengubah sebuah persepsi masyarakat bahwa Nike mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk ikut memahami bahwa kebesaran atau Greatness tidak hanya dimiliki oleh kaum elit namun bisa juga di lakukan oleh kita semua untuk menggapai sebuah cita cita atau sebuah tujuan.Â
Jika kita lihat melalui iklan Nike pada Youtube terdapat sebuah anak-anak usia remaja yang gemar melakukan olahraga yang di sukai yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, hal ini dapat kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai prioritas masing masing untuk menggapai apa yang ia impikan seperti contoh dalam iklan tersebut olahraga. Maka setiap kalangan mempunyai sebuah potensi masing-masing dalam mengembangkan passion olahraga mereka bukan hanya milik sebuah atlet olahragawan akan tetapi yang dimaksudkan disini ini mereka juga bekerja keras dalam menggapainya.
 Melalui iklan " Find Your Greatness" pesan dan ide dan untuk membangun pikiran konsumen pada isu tertentu. Oleh  karena itu dengan manganalisis dan memeriksa dan mengungkap hegemoni rasial yang disajikan dalam iklan menggunakan teori-teori di atas, itu membangun pemikiran kritis yang lebih terkonseptualisasi konsumen mengenai isu-isu sosial yang terkait dengan hegemoni rasial yang sebagian besar memanfaatkan bahasa sebagai praktik sosial. Ini juga membantu dalam memahami bagaimana strategi Nike membangun kesetaraan minoritas dalam budaya dan politik.Â
Melalui artikel ini penulis menggunakan Teori jarum suntik atau yang biasa lebih dikenal dengan istilah teori peluru (bullet theory), teori hipodermik (hypodermic needle theory), dan juga teori sabuk transmisi (transmission belt theory) beranggapan bahwa proses pengiriman pesan sama halnya dengan menyuntikan obat yang dapat langsung masuk ke dalam diri dan jiwa para penerima pesan, hal ini diibaratkan peluru yang jika ditembakkan ke dalam diri seseorang akan langsung masuk ke dalam tubuh orang tersebut (Morissan, 2013:504).
- Anak- Anak bermain Sepak Takraw
 Iklan Nike " Find Your Greatness" Diakses pada 20 Juli 2022
- Orang obesitas yang sedang berlari
 Iklan Nike " Find Your Greatness" Diakses pada 20 Juli 2022
- Anak kecil disabiltas yang sedang bermain Softball
 Iklan Nike " Find Your Greatness" Diakses pada 20 Juli 2022
- Anak kecil yang sedang berlatih berenang
 Iklan Nike " Find Your Greatness" Diakses pada 20 Juli 2022
Melalui pemaparan gambar diatas dalam iklan tersebut juga dikatakan bahwa Somehow we've come to believe that greatness is reserved for a chosen few for superstars atau Entah bagaimana kita datang dan percayalah bahwa kehebatan  disediakan untuk beberapa orang terpilih untuk superstar, bahwa olahraga telah mencerminkan ras sikap yang ada selama ini. Namun menonjolnya olahraga di masyarakat kita memiliki potensi dampak berbahaya stereotip yang mempengaruhi bentuk paling umum dari rasisme saat ini.
Untuk kenyataan ini, namun pada kenyataanya semua  itu akan membutuhkan individu dalam posisi berkuasa dalam olahraga yang biasanya dikuasai oleh para atlet  untuk mengambil tindakan berani yang menentang rasisme bawah sadar untuk bangkit dan atas dasar kemauan untuk menuju sebuah  keinginan yang mereka punya dalam menggapai cita cita dengan greatness yang mereka punya.Â
Terkait analisis teori jarum suntik yang digunakan  yang dibahas pada sub bab sebelumnya, hasil penelitian menunjukkan hegemoni Nike terhadap rasial minoritas. Hal ini ditunjukan setiap kata pada video yang merupkan sebuah ajakan untuk bangkit dan berusaha atas keinginan yang mereka punya, sehingga persepsi tersebut terbenak dalam seluruh kalangan bahwa setiap manusia mempunyai potensi yang bisa dikembangkan asal ia mau untuk berusaha.
DAFTAR PUSTAKA
Morissan. 2013. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
 Iklan Nike " Find Your Greatness" Diakses pada 20 Juli 2022
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H