A. Apa pengertian pembelajaran abad 21?
Pendidikan abad 21 merupakn persiapan sunguh-sungguh bagi peserta didik agar mereka dapat berkembang di dunia yang terus berubah dengan sangat begitu cepat.Dalam dunia modern sekarang ini kemajuan teknologi,globalisasi,dan tantangn nasional  yang kompleks,pendidikan pada abad 21 menekankan pentingnya kompetensi berfikir kristis,kreatif,kolaboratif,komunikatif,literasi,digital dan pemecahan masalah.Dengan penambahan peran kecakapan itu,yaitu kecakapan pada abad 21 adalah:character(karakter),citizenship(kewarganegaraan),critical thinking(berpikir kritis),creatifty(kreatif),collaboration(kolaborasi),dan communi.Implementasi kecakapan 6C dalam pengajaran bahasa di abad ke-21 adalah munculnya aspek humanis dalam pendidikan, seperti pendidikan dan kurikulum yang berpusat pada nilai dan karakter, tidak lagi hanya berfokus pada penguasaan materi mata pelajaran.Pengerian dari 6c di atas sebagai berikut : Â
a.Character(karakter)
 Character adalah bagian yang penting untuk anak-anak, karena hal ini merupakan corak tingkah laku, pikiran, dan perasaan yang berdasarkan prinsip-prinsip moral dan integritas. Hal ini juga akan membuat anak-anak memiliki jati dirinya sendiri, sehingga memiliki keistimewaanya sendiri dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dari perasaan yang anak-anak tersebut rasakan.
 b.Citizenship(kewarganegaraan)
Citizenship merupakan sikap yang perlu ditanamkan pada anak-anak agar bisa memiliki sikap patriotisme dalam diri yang tinggi terhadap negara dan mempunyai identitas nasionalnya. Hal ini akan membuat anak-anak menghargai negaranya dan membela negara dengan adanya kemahiran ini. Hal ini juga akan membuat anak-anak bisa menghargai sesama warganya sendiri.Â
 c.Critical Thinking(berpikir kritis)
Critical thinking adalah pemikiran yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya dengan pemikiran dari diri sendiri dengan sekitar, hal ini yang membuat manusia memerlukan pemikiran ini agar saat di waktu dan lingkungan yang berbeda, mereka bisa berpikir dengan baik dan tenang sesuai dengan sekitarnya. Dalam meningkatkan Critical Thinking, anak-anak bisa diajarkan untuk membaca dengan memahimi isi dari bacaan tersebut, selain itu meningkatkan daya analisis dan kemampuan observasi dan mengamati, terakhir anak diajarkan rasa ingin tahu yang besar dalam banyak hal hal positif.
Hal hal yang membutuhkan Critical Thinking:
- Mengidentifikasi isu atau masalah.
- dapat menyelesaikan masalah dengan mudahÂ
- Menentukan informasi mana yang baik dan tidak baik dengan cara menyelesaikan masalah
d.Kreatifity(kreatif)
Creative adalah pemikiran seseorang untuk menciptakan ide baru, asli, luar biasa, dan ada nilainya. Hal ini akan membantu anak-anak dalam menciptakan sesuatu hal dari pemikirannya. Hal ini bisa diliat saat anak-anak yang hanya melihat sesuatu, bisa memikirkan atau membuat hal lain yang mungkin lebih baik dan luar biasa berdasarkan ide yang mereka pikirkan. Selain itu, ketika ada perbedaan pendapat, Creative  merupakan solusi yang baik jika digabungkan dengan pemikiran problem solving.
e.Collaboration(kolaborasi)
Kolaborasi adalah proses di mana dua atau lebih individu atau organisasi bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam kolaborasi, partisipan bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama, dengan saling memahami, menghargai, dan memanfaatkan keahlian dan sumber daya masing-masing. Kolaborasi sering melibatkan berbagai jenis organisasi, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan organisasi nirlaba, serta individu dari berbagai latar belakang. Keterampilan kolaborasi yang efektif dapat membantu individu atau kelompok mencapai tujuan bersama secara lebih efisien dan efektif, meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi.
 B.Seperti apa lingkungan belajar pada pembelajaran abad 21?
Lingkungan belajar abad 21 adalah lingkungan belajar yang berfokus pada pengembangan kompetensi 21st century skills atau keterampilan abad 21. Lingkungan belajar ini berbeda dengan lingkungan belajar tradisional yang hanya berfokus pada penguasaan materi dan pengetahuan semata.Â
 Beberapa ciri lingkungan belajar abad 21 antara lain:Â
- Memanfaatkan teknologi
Teknologi menjadi hal yang sangat penting dalam lingkungan belajar ini. Sekolah dan guru perlu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. - Berpusat pada siswa
Lingkungan belajar abad 21 lebih berorientasi pada siswa, sehingga pembelajaran di arahkan untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan siswa dan memberikan ruang untuk eksplorasi dan penemuan. - Mengembangkan keterampilan abad 21
Lingkungan belajar ini lebih fokus pada pengembangan keterampilan abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, pemecahan masalah, dan literasi digital.Â
C. Karakteristik Lingkungan Belajar Abad 21
Lingkungan belajar abad 21 adalah suatu lingkungan belajar yang di rancang untuk memenuhi kebutuhan siswa pada era digital dan teknologi. Beberapa karakteristik lingkungan belajar ini antara lain:
- Fleksibilitas
Lingkungan belajar abad 21 di rancang untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka. Fleksibilitas dapat di wujudkan dalam berbagai aspek, seperti ruang belajar, waktu belajar, dan jenis pembelajaran. - Teknologi
Lingkungan belajar ini menggunakan teknologi sebagai alat untuk mendukung pembelajaran. Teknologi dapat membantu siswa untuk mengakses informasi, berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas, serta membuat dan mempresentasikan hasil karya. - Kolaborasi
Lingkungan belajar ini mendorong siswa untuk bekerja sama dalam pembelajaran. Siswa di ajarkan untuk bekerja dalam kelompok, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam membuat proyek atau tugas tertentu. Kolaborasi memungkinkan siswa untuk belajar dari satu sama lain dan mengembangkan keterampilan sosial. - Keterampilan abad 21 Lingkungan belajar ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 pada siswa. Keterampilan ini meliputi keterampilan kognitif, seperti kritis berpikir, kreativitas, dan pemecahan masalah, serta keterampilan sosial dan emosional, seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan.
D. Perangkat teknologi yang diperlukan siswa dalam lingkungan belajar abad 21
Dalam lingkungan belajar abad 21, siswa membutuhkan perangkat teknologi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Beberapa perangkat teknologi yang di perlukan oleh siswa dalam lingkungan belajar ini antara lain:
1. Komputer atau laptop
Siswa membutuhkan komputer atau laptop untuk mengakses berbagai sumber belajar dan platform pembelajaran online.
2. Smartphone
Selain laptop atau komputer, smartphone juga menjadi perangkat yang penting bagi siswa, terutama dalam mengakses sumber belajar dan memperbarui informasi terbaru dari guru atau sekolah.Â
3. Tablet
Tablet juga bisa di gunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, terutama untuk membaca e-book dan menyelesaikan tugas-tugas online.
4. Proyektor
Proyektor bisa di gunakan untuk menampilkan materi presentasi atau video untuk pembelajaran kelompok atau kelas.
5.Perangkat penyimpanan eksternal
Perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau hard drive eksternal sangat berguna dalam menyimpan dan membackup file tugas atau dokumen penting lainnya.Â
6.Koneksi internet yang stabil
Koneksi internet yang stabil menjadi hal yang penting dalam pembelajaran jarak jauh, karena memungkinkan siswa untuk mengakses sumber belajar online dan berpartisipasi dalam kelas virtual dengan lancar.
Perangkat teknologi yang di perlukan oleh siswa dalam lingkungan belajar berupa jaringan yang dapat dihubungkan ke internet agar saluran komunikasi berjalan dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H