A. Apa pengertian pembelajaran abad 21?
Pendidikan abad 21 merupakn persiapan sunguh-sungguh bagi peserta didik agar mereka dapat berkembang di dunia yang terus berubah dengan sangat begitu cepat.Dalam dunia modern sekarang ini kemajuan teknologi,globalisasi,dan tantangn nasional  yang kompleks,pendidikan pada abad 21 menekankan pentingnya kompetensi berfikir kristis,kreatif,kolaboratif,komunikatif,literasi,digital dan pemecahan masalah.Dengan penambahan peran kecakapan itu,yaitu kecakapan pada abad 21 adalah:character(karakter),citizenship(kewarganegaraan),critical thinking(berpikir kritis),creatifty(kreatif),collaboration(kolaborasi),dan communi.Implementasi kecakapan 6C dalam pengajaran bahasa di abad ke-21 adalah munculnya aspek humanis dalam pendidikan, seperti pendidikan dan kurikulum yang berpusat pada nilai dan karakter, tidak lagi hanya berfokus pada penguasaan materi mata pelajaran.Pengerian dari 6c di atas sebagai berikut : Â
a.Character(karakter)
 Character adalah bagian yang penting untuk anak-anak, karena hal ini merupakan corak tingkah laku, pikiran, dan perasaan yang berdasarkan prinsip-prinsip moral dan integritas. Hal ini juga akan membuat anak-anak memiliki jati dirinya sendiri, sehingga memiliki keistimewaanya sendiri dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dari perasaan yang anak-anak tersebut rasakan.
 b.Citizenship(kewarganegaraan)
Citizenship merupakan sikap yang perlu ditanamkan pada anak-anak agar bisa memiliki sikap patriotisme dalam diri yang tinggi terhadap negara dan mempunyai identitas nasionalnya. Hal ini akan membuat anak-anak menghargai negaranya dan membela negara dengan adanya kemahiran ini. Hal ini juga akan membuat anak-anak bisa menghargai sesama warganya sendiri.Â
 c.Critical Thinking(berpikir kritis)
Critical thinking adalah pemikiran yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya dengan pemikiran dari diri sendiri dengan sekitar, hal ini yang membuat manusia memerlukan pemikiran ini agar saat di waktu dan lingkungan yang berbeda, mereka bisa berpikir dengan baik dan tenang sesuai dengan sekitarnya. Dalam meningkatkan Critical Thinking, anak-anak bisa diajarkan untuk membaca dengan memahimi isi dari bacaan tersebut, selain itu meningkatkan daya analisis dan kemampuan observasi dan mengamati, terakhir anak diajarkan rasa ingin tahu yang besar dalam banyak hal hal positif.
Hal hal yang membutuhkan Critical Thinking:
- Mengidentifikasi isu atau masalah.
- dapat menyelesaikan masalah dengan mudahÂ
- Menentukan informasi mana yang baik dan tidak baik dengan cara menyelesaikan masalah
d.Kreatifity(kreatif)
Creative adalah pemikiran seseorang untuk menciptakan ide baru, asli, luar biasa, dan ada nilainya. Hal ini akan membantu anak-anak dalam menciptakan sesuatu hal dari pemikirannya. Hal ini bisa diliat saat anak-anak yang hanya melihat sesuatu, bisa memikirkan atau membuat hal lain yang mungkin lebih baik dan luar biasa berdasarkan ide yang mereka pikirkan. Selain itu, ketika ada perbedaan pendapat, Creative  merupakan solusi yang baik jika digabungkan dengan pemikiran problem solving.